Mengembangkan Bisnis Agar Menjadi Sukses

Tidak ada komentar

 

Mengembangkan Bisnis Agar Menjadi Sukses

Assalamualaykum,

Ngga terasa ya waktu berjalan begitu cepat. Tahu-tahu mau tahun 2024 saja dan masih ada hal-hal yang perlu di kerjakan sebelum akhir tahun. Salah satunya adalah pengembangan bisnis aku yang sedang di rintis lagi. Ada kah teman-teman yang juga sedang merintis bisnis di tahun 2023 ini?

Setelah kita semua mengalami masa pandemi yang hampir 3 tahun lamanya, tentu bukan hal yang mudah ya bangun lagi bisnis baru atau mungkin mengembangkan bisnis yang sempat agak mati suri selama pandemi kemarin. 

Melatih Pola Pikir Agar Sukses

Untuk menjadi pengusaha atau entrepreneur, hal yang perlu di ubah di awal adalah mindset atau pola pikir kita dulu. Mindset untuk berkembang dan yakin akan sukses. Modal utama berbisnis ya pola pikir ini, harus berani mematahkan kalimat-kalimat sumbang atau pikiran-pikiran negatif.

Kalimat "Takut Gagal" itu biasanya yang sering di dengar. Padahal tidak ada yang salah atau tidak ada yang perlu di takutkan dari ke gagalan lho. Justru dengan gagal, kita jadi bisa banyak mendapatkan pelajaran. Kalau misal ternyata kita gagal, ya bangkit lagi, agar bisnis kita bisa berkembang dan kita bisa menjadi orang yang sukses dalam menjalankan bisnis.

Apa yang perlu di lakukan dalam melatih pola pikir kita agar bisa menjadi orang yang sukses? 

  • Hargai Diri Sendiri. Salah satunya adalah bersyukur atas semua yang sudah kita dapatkan, termasuk ke gagalan. Sebab dari kegagalan ini lah diri kita jadi bisa naik kelas. 
  • Berkumpul Dengan Sesama Pebisnis. Tentu kita semua tahu ya, lingkungan itu mempengaruhi. Kalau teman-teman berada di lingkungan 'pegawai' tentu akan terus selamanya takut untuk memulai usaha dan sudah merasa di zona nyaman yang setiap bulan selalu mendapatkan gaji. Jadi pindah segera kuadran lingkungannya.
  • Yakini Insting Diri. Terkadang diri kita ini paham akan kondisi dan kemampuan diri serta yakin akan langkah kita. Dengan insting, kita jadi belajar untuk memutuskan suatu hal, baik keputusan besar atau kecil.

Mengembangkan Bisnis Agar Menjadi Sukses

Belajar dari pandemi kemarin, semua bisnis sebenarnya bisa banget di kembangkan dalam kondisi apapun. Jadi perlu kreatifitas masing-masing, walau memang tetap ya pandemi kemarin segala penjualan tentu terbatas ruang geraknya dibanding masa normal.

Lalu bagaimana cara pengembangan agar bisnis bisa berjalan dengan sukses?

1. Manfaatkan Privilege dan Networking

Aku pernah bahas mengenai privilege dan kita bisa lho ciptakan privilege kita sendiri. Kalau teman-teman sudah punya privilege atau networking, bisa langsung di manfaatkan untuk pengembangan bisnis teman-teman. Misal untuk modal pengembangan (iklan, branding, dll) tidak perlu lagi pusing karena sudah tajir melintir maka sok atuh action saja.

2. Tingkatkan Kualitas Produk dan SDM

Semua pebisnis pasti ya wajib yakin kalau produk atau jasa yang kita tawarkan ke konsumen adalah yang terbaik. Tapi terbaik saja tidak cukup, kita harus terus selalu meningkatkan dan menjaga kualitas produk kita. Selain itu juga jangan lupa kualitas SDM kita, mulai dari customer service sampai jasa pengiriman dan admin.

3. Analisis Pasar

Terus selalu melakukan analisis pasar. Kalau di awal kita bangun bisnis tentu kita melakukan analisis pasar dahulu baru action. Nah setelah bisnis berjalan, kita pun perlu lho terus melakukan analisis pasar untuk pengembangan produk kita ke depannya. Terutama analisis pasar dari kompetitor kita, agar bisnis kita terus berkembang seperti kompetitor kita yang berkembang.

4. Evaluasi Perjalanan Bisnis

Ini sih wajib banget di lakukan ya. Gunanya evaluasi bisnis adalah mengukur seberapa besar pendapatan dan pengeluaran yang di lakukan oleh perusahaan kita. Apakah minus atau malah terjadi peningkatan yang tajam. Lalu kita juga jadi tahu, strategi bisnis yang kita lakukan kemarin itu berhasil atau tidak, perlu di ubah atau kita coba lagi jalankan.

5. Variasi Produk

Variasi produk adalah bagian dari inovasi juga. Supaya konsumen tidak merasa bosan dengan produk kita yang itu-itu saja. Tentu hal ini menjadi salah satu darah segar juga nih bagi loyal customer kita, apalagi jika bisnis teman-teman memakai sistem agen dan reseler

Dari semua sharing ini, tentu perlu di kondisikan dengan bisnis yang sedang teman-teman jalankan. Yang terpenting lagi adalah di bantu dengan jalur langit, yaitu ibadahnya teman-teman kepada Allah SWT. Tetap semangat semua entrepreneur 😍



Tidak ada komentar