Minggu, 31 Maret 2019

Tuliskan Rasamu - Creative Travel Writing

Tuliskan Rasamu - Creative Travel Writing 




Content Is A King, But The Really King Is You!!! 

- Dini Fitria - 





Assalamualaykum,

Halo semua..seperti janji aku sebelum nya untuk sharing mengenai materi apa yang aku dapat di workshop Creative Travel Writing bersama Mba Dini Fitria, seorang presenter salah satu stasiun televisi nasional di Indonesia yang membawakan acara Jazirah Islam,penulis Buku Trilogi Cinta dan juga Traveler sejati. Nah di blog post aku yang kali ini aku akan sharing apa yang aku dapat di workshop bersama Mba Dini. 
 
Jujur satu bulan belakangan ini terbersit untuk aktifkan lagi blog aku yang Cilya Diary dimana blog itu aku khusus kan untuk membahas diary aku mengenai Traveling dan juga wisata kuliner aku. Tapi aku mau nya sesuatu yang unik didalam tulisan mengenai traveling aku itu, tidak hanya bahas mengenai culture atau kuliner di daerah atau negara yang aku kunjungi tapi juga aku mau bahas mengenai fashion dan beauty nya juga sesuai dengan nieche blog aku. 




Ketika aku dapat undangan untuk menghadiri workshop Creative Travel Writing dari Teh Ani Berta (Founder Komunitas ISB), aku senang banget. Seperti terjawab kebimbangan aku ini. Karena di workshop ini aku dapat ilmu yang 'Daging' banget 😁.

Workshop Creative Travel Writing diadakan hari Selasa, 26 Maret 2019. Walau pindah lokasi acaranya dan jadi tambah jauh dari lokasi rumah aku, aku tetap semangat untuk hadir karena kapan lagi aku dapat ilmu dari Mba Dini. 

Ada kejadian yang tidak aku sangka, ketika dijalan menuju ke tempat acara workshop..pas di tol, mobil aku ditabrak truk dari belakang 😭, padahal posisi nya dalam keadaan macet. Pak driver nya mengakui kalau dia mengantuk. 
Alhamdulillah nya aku baik-baik saja tapi si supir dan perusahaan nya tidak bertanggung jawab sampai sekarang. Ya sudahlah ya tidak penting bahas ini ehehe..yang penting aku baik-baik saja (walau gemeteran luar biasa ketika habis di tabrak), tapi aku masih bersyukur tidak kenapa-kenapa dan aku masih bisa sampai juga ke lokasi workshop untuk menimba ilmu.

Pas sampai lokasi, sudah masuk sesi pertama nya Mba Dini dan aku langsung nyimak walau pas baru nyimak masih agak lola nyambung nya 😅. Tapi semakin siang, ilmu nya semakin seru. 



Mba Dini menjelaskan dengan detail sekali. Bahasan dimulai dari Teknik Menulis.
Ternyata Menulis juga punya teknik tersendiri lho, agar tulisan kita bisa enak dibaca. Apa saja sih Teknik Menulis itu?
1. Tema
2. Premis
3. Alur
4. Wants & Need
5. Value
6. Goal


Dalam menulis, penting banget kita menentukan dahulu tema apa yang akan kita tulis, karena menurut Mba Dini kita perlu fokus ke satu bidang tertentu saja. Penulis hebat tidak berganti-ganti bidang dalam penulisan nya. Jadi usahakan alur cerita di blog kita tidak bercampur-campur. 

Rumus menulis yang terstruktur atau Premis, merupakan satu kalimat yang mampu menjelaskan keseluruhan tulisan. Bagaimana caranya membuat Premis di dalam penulisan kita? Berikut aku kasih tahu nih tips dari mba Dini.





  1. Tuliskan ceritamu dalam satu kalimat. Dimana buatlah tulisan mu Clear, Fresh dan Interesting.
  2. Focus. Fokus pada alur cerita yang akan kamu tuliskan
  3. Believable
  4. Masukkan Karakter / Atribut / Goal / Konflik ke dalam penulisan mu
  5. Ada unsur 5 W 1 H : What, Why, When, Who, Where and How
  6. Continuity
  7. Hubungan Sebab dan Akibat
  8. Conclusion


Dalam menulis, memang kita perlu memperhatikan ke delapan unsur premis tadi. Tapi kita juga perlu kombinasikan panca indera kita dalam menulis. Misal nya dalam hal penulisan traveling ke negara Jepang. Kita bisa masukkan rasa emosi kita yang dirasakan oleh panca indera kita. Seperti bagaimana suasana ketika kita sedang melihat bunga sakura, bentuknya seperti apa bunga sakura nya, apakah lembut atau kasar, aroma bunga nya bagaimana, rasa angin disana  ketika merasuki ke tubuh kita, suara MRT atau public transportation di Jepang bagaimana (berisik kah atau halus) dan sebagai nya. 

Jadi ketika kita masukkan rasa yang kita dapat dari panca indera kita lalu kita tuangkan ke dalam tulisan kita, maka akan terbentuk rasa didalam tulisan kita. Sehingga siapa pun yang membaca bisa turut menikmati emosi serta rasa yang dituangkan dalam tulisan kita.




Karakter Dasar dari sebuah penulisan adalah bagaimana kita menggunakan VAKOG (Visual, Auditory, Kinestetis, Olfactory dan Gustatory) untuk di berbagai tujuan. Bahkan menambahkan sebuah dialog dalam tulisan kita juga bisa lho mempertajam isi dan karakter dari tulisan kita.

Perhatikan juga Tiga Element penting untuk membuat sebuah tulisan tepat sasaran, yaitu:

  1. Why : Untuk membuat sebuah tulisan tepat sasaran
  2. What : Apa Sebenarnya yang Kita Bahas. Menjelaskan apa yang kita bahas sehingga menjadi penting untuk dibaca.
  3. How : Solusi Dari permasalahan yang kita sampaikan



Saya sering dapat ilmu dari beberapa suhu dunia per-blogeran bahwa didalam menulis, jangan pernah pikirkan untuk meng-edit tulisan ketika kita sedang mengetik dan menuangkan ide tulisan kita. Nah..di materi Mba Dini juga dijelaskan bahwa "Jangan melakukan editing secara bersamaan ketika Anda membuat tulisan". Ashiaapp... jangan tergoda untuk mengedit saat menulis. Jadi inget Stephen King bilang: "The delete key is on your machine for a good Reason" --- "Tombol delete pada komputer itu ada karena suatu alasan".


Seru yaa ilmunya? Saya saja makin penasaran dengan materi berikutnya dari Mba Dini. Sesi pertama selesai sekitar jam 13.00 WIB, lalu kita break Ishoma. Spesial nya adalah, Ishoma kali ini kita dapat makan enak persembahan dari Royal Tumpeng. Kebetulan saudara aku pernah pesan Royal Tumpeng ketika akan akikah kan anak nya. Nah bagi teman-teman yang mau order tumpeng untuk acara spesial nya, bisa langsung saja kepoin Instagram nya Royal Tumpeng. 

Jam 14.00 WIB pun workshop kembali dimulai untuk sesi ke dua nya. Sebelum mulai lagi pembahasan dari mba Dini, pihak dari JavaMifi yang mana merupakan sponsor dari workshop ini memperkenalkan sedikit mengenai JavaMifi. Ulasan nya sudah saya tuliskan di tulisan saya sebelum nya mengenai "Menjadi Fashion & Beauty Traveler Bersama JavaMifi"

Sesi kedua pembahasan materi yang disampaikan oleh Mba Dini adalah mengenai "Feature Stories". Feature atau Fitur adalah cerita tentang Fakta, bukan tentang Fiksi. Fitur juga adalah semua tentang Emosi dan juga Rasa. Contoh Features seperti Traveling, Strugling, Love, Happiness, Sadness, Inspiring dan Accident

Bagaimana sih ciri-ciri dari Feature Stories itu? Ciri-cirinya seperti:

  1. Bertutur
  2. Deskriptif - yaitu menggambarkan suatu profil atau peristiwa tertentu secara gamblang.
  3. Gaya penulisan nya yang memiliki karakter seperti tulisan nya memiliki ciri-ciri Indah, memikat, naratif, prosais dan imajinatif
  4. Informatif
  5. Tidak perlu persisi 5 W + 1 H
  6. Human Interest


Mba Dini membuka sesi tanya jawab dan disini aku sempat bertanya mengenai bagaimana sih membuat suatu kolerasi antara traveling dengan fashion dan beauty sesuai dengan nieche blog aku. Kesimpulan atas jawaban dari Mba Dini atas pertanyaan aku adalah temukan dulu 'Why' dari tulisan mengenai traveling yang akan aku tulis. Misal nya : 'Kenapa aku pilih London sebagai destinasi wisata liburan aku? Kenapa aku ingin tahu bagaimana ootd fashion dari para Hijabers di London" dan sebagainya. Setelah itu tuliskan semua nya dengan rasa dan mainkan panca indera nya dalam tulisan kita.


-------------------- BACA JUGA --------------------


Jadi aku menarik kesimpulan dari workshop Tuliskan Rasamu ini adalah, semua itu perlu proses dalam bertumbuh. Bangun lah kebiasaan menulis kita. Tuliskan saja semua ide yang ada baru nanti kita bisa melakukan proses editing. Sekali lagi, proses kita menulis itu ada karena terbiasa, berikan lah kesan dalam tulisan kita, atur lah cara penulisan kita hingga akhirnya gaya  tulisan kita dapat dikenal oleh orang lain sebagai suatu identitas.

Pesan terakhir dari Mba Dini adalah: "Menulis itu soal rasa, temukan rasamu dan jagalah". 




Semoga sharing aku kali ini bermanfaat dan tetap semangat menulis ya teman-teman semua nya. Nikmati proses nya, jangan bersedih jika DA nya turun, PV nya belum banyak. Perbaiki tulisan mu, konsisten lah menulis. Ketika banyak orang menyukai tulisan kita..tenang saja DA, PA serta PV mu akan naik kok.. aahh sedap tulisan nya, padahal sedang menghibur diri sendiri yang kemarin DA nya turun 😌


Aku juga mulai nih edit-edit beberapa tulisan aku, mulai masukin rasa dalam tulisan-tulisan aku, tidak lupa tentu aku tambahin keyword yang SEO friendly. Semangaattt and see you in my next blog post.






💗 Cilya 💗

Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife















Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo
 

18 komentar:

  1. makasih bnyak udah sharing ini, post nya bermanfaat bgt. emg butuh usah buat bikin tulisan yg bagus ya mba��

    BalasHapus
  2. wah menarik nih kak.. sebagai blogger, penting banget buat tahu hal-hal seperti ini...

    BalasHapus
  3. aku masih kesusahan buat cari keyword yang seo friendly nih beeb, suka bingung aku tu huhuhuhu,
    terus akhir akhir ini DA juga turun hihihi, sempet sedih tapi biarin ajalah jalanin aja hehehe

    BalasHapus
  4. Yeay makasih banyak mbak sharingnya! Aku juga pengen menulis tanpa beban harus masuk page 1 haha alias tulisan curhat. Tapi kan lebih baik lagi klo bisa bermanfaat buat yang lain. Nanti aku pikirkan dulu secara matang bagaimana mengolahnya deh hehe

    BalasHapus
  5. Makasih banyak beb buat sharing tips begini perlu banget buat blogger, haduhh syukur loh kamu gak papa Allah selalu menjaga aku bacanya tadi di awal deg-deg an

    BalasHapus
  6. Noted! Tulisannya sangat bermanfaat, aku suka sekali Buat tulisan itu harus terencana biar bagus yaa
    Thanks for sharing yaa Mba

    BalasHapus
  7. Suka banget sama tulisan kakak. Ga ngebosenin hehehe. Bagus banget nih buat motivasi para Blogger biar bsa terus berkembang. Mkasih atas sharringnya kakak

    BalasHapus
  8. suka banget bacanya setuju! menulis itu adalah rasa. jadi kalo udah ada rasanya, pasti semua tulisan kita akan hidup. thankyouu mba udah sharing!

    BalasHapus
  9. Sharing yang sangat bermanfaat, karena buat kita para blogger itu semua sangat penting.

    BalasHapus
  10. makasi ilmunya kak.. bener memang yang kakak bilang, menulis jangan asal nulis tapi dengan rasa.Kalo pakai rasa insyaAllah tulisan kita berasa ada jiwa nya

    BalasHapus
  11. Kaau menulis dengan jiwa dan hati memang beda kok. We can really read that in our blog.. seringkali kita menulis for the sake of memenuhi deadline aja

    BalasHapus
  12. yaampun aku kayak lagi balik lagi pas masa masa kuliah. ini mostly pelajaran kuliah aku soalnya wkwk seru yaaaaa belajarnya

    BalasHapus
  13. Waahh makasih utk ilmunya lho mbaaa.. aku juga klo nulis masih sekenanya aja nih. Emang kudu direncanakan dari awal agar lebih memiliki 'rasa' yaaaa..

    BalasHapus
  14. Ini berguna banget ya untuk bisa menulis dengan lebih baik, aku pun suka merencanakan dari awal menulis, menentukan tema dan gaya menulis apa

    BalasHapus
  15. Hiiks~
    Iya...sedih ketika tau DA PA turun.
    Eh, kalau PA gak turun diink...((kayanya))

    Haturnuhun sharingnya.
    Kayanya harus sambil praktek dan praktek niih...biar makin pro.

    BalasHapus
  16. Seru banget baca post ini mba, bermanfaat banget, thank you untuk sharing ilmunya, jadi mau ikut acaranya juga hehe

    BalasHapus
  17. Unsur 5 W 1 H itu selalu harus ada ya katanya tapi kadang bisa curhat ngalor ngindul jadi terlupakan padahal harusnya walau curhat harus tetap ada unsur itu ya.

    BalasHapus
  18. Ahiyaaaa, rasa ya.... Sepertinya aku juga kudu edit-edit nambahin rasa di artikel-artikelku ya Mbak.... Yang olfaktori tu kayanya hampir nggak pernah aku pakai deh. Visual banget anaknya.... Thanks banget Mbak, uda bahas ini ya....

    BalasHapus

Follow Us @cilyawonderland