Jumat, 13 September 2019

5 Tips Bergaya Hidup Minimalis Ala Rasulullah

Hidup Minimalis Ala Rasulullah






“Dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. “ (QS. Al-An’am: 141)



Assalamualaykum,


Di era modern ini, dimana rasanya bumi sudah semakin sempit, tanah kosong sudah tumbuh perumahan bukan tumbuh tanaman, seakan kita sebagai manusia diingatkan untuk bisa mulai menjalankan hidup dengan minimalis dengan tidak berlebihan.

Punya barang numpuk di rumah? Seperti kosmetik yang terlalu banyak (efek di kirimin sama brand ehehe), baju juga sepatu apalagi tas yang menumpuk bahkan jarang atau sudah tidak kita pakai? Saat nya dilungsurkan.

Aku dirumah paling tidak tahan lihat lemari baju aku yang tidak rapih. Tidak rapih disebabkan karena sudah terlalu banyak Gamis atau baju atau jilbab di dalam lemari aku. 
Kalo melihatnya jadi kaya tiba-tiba ada serangan sesak napas ehehe..ada yang merasa seperti ini? 

Biasanya kamu kalau sudah merasa lemari baju nya atau kosmetik nya terlalu banyak yang numpuk, kadang kamu garage sale atau kamu kasih ke orang? Dulu banget nih zaman nya anak-anak masih kecil, aku suka banget buat garage sale mulai dari sepatu sampai baju juga aksesoris. 
Sekarang, lebih banyak di sedekah kan, karena aku sudah malas ikutan garage sale dan juga malas foto untuk aku pre loved ehehe. Makanya aku suka di sedekahin saja, kasih ke teman, adik-adik atau tetangga.

Rasulullah mengajarkan agar kita memiliki gaya hidup yang tidak berlebihan. Kebutuhan pokok nya tercukupi. Minimalis dalam Islam dikaitkan dengan sikap Qanaah dan Zuhud. Yang mana arti dari Qanaah ialah merasa cukup sikap dengan rezeki yang ditentukan oleh Allah SWT. Zuhud sendiri memiliki arti meninggalkan sesuatu hal yang kurang bermanfaat cenderung menjauhkan dari ketaatan kepada Allah SWT.




Berikut ini ada 5 Tips Bergaya Hidup Minimalis Ala Rasulullah. Apa saja nih tips nya?

1. Makan Secukupnya

Ada hadist riwayat yang menyatakan: "Makanlah sebelum kamu kelaparan dan berhenti lah sebelum kamu merasa kenyang". Walau katanya ada yang bilang sifatnya dha'if tapi memiliki arti yang benar. Janganlah kita makan yang berlebihan. Makan lah yang cukup dan memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh kita


2. Berpakaian Sederhana

Memilih pakaian yang tidak berlebihan, bersih, nyaman dipakai beribadah, tampil sederhana, tetap terlihat fashionable tapi tetap memperhatikan tertutupnya aurat. Sehinggan kita terlihat tetap enak dipandang.


3. Tidak Menumpuk Harta

Sedikitnya barang akan membuat waktu serta biaya perawatan bisa kita alihkan untuk hal yang lebih bermanfaat seperti bersedekah.


4. Membeli Barang yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan

Sebelum belanja, ada baiknya kita mencatat terlebih dahulu apa saja yang kita butuhkan untuk mempermudah pekerjaan kita, sehingga kita terhindar dari belanja yang bukan hanya sekedar keinginan mata kita saja.


5. Buang Barang Yang Tidak Dibutuhkan

Sortir deh barang-barang yang tidak kita butuhkan, lalu habis itu kita buang. Percaya deh setelah kita membuang barang-barang yang tidak terpakai lagi, hati kita merasa lega.
Hal ini berpengaruh juga lho kepada mindset gaya hidup kita kedepan. Tidak terlalu banyak menumpuk masalah kehidupan terlalu lama, we must move on. 


Selamat mencoba 5 tips gaya hidup minimalis ala Rasulullah ini. Karena Muslim dengan gaya hidup yang minimalis adalah yang meminimalkan kecintaan terhadap dunia dan memaksimalkan kecintaan terhadap Allah SWT dan Rasulullah SAW



๐Ÿ’— Cilya ๐Ÿ’—
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife

  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @cilyawonderland