Selasa, 10 September 2019

Pahlawan Nasional Wanita Berhijab - HR Rasuna Said


"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawan nya."








Assalamualaykum,



Arti pahlawan bagi kamu apa sih? Kalau dalam kamus bahasa Indonesia, Pahlawan memiliki arti orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran dan juga seorang pejuang yang gagah berani. 


Di dalam kehidupan kita pasti banyak kita jumpai pahlawan-pahlawan tanpa tanda jasa yang mana jasa perjuangan nya sebenarnya patut kita acungkan jempol. Mama dan Papa aku merupakan pahlawan dalam hidup aku yang selalu berjuang menghidupi serta menjaga aku. Karena mereka memiliki pengorbanan dan perjuangan untuk bisa memberikan yang terbaik bagi anak-anak nya.

Kalau untuk pahlawan nasional Indonesia, banyak sebenarnya yang aku kagumi. Salah satu pahlawan nasional wanita berhijab yang aku kagumi dan yang kali ini aku mau bahas adalah Ibu HR Rasuna Said. Tentu tidak asing ketika mendengar nama HR Rasuna Said. Tidak asing karena nama HR Rasuna Said dipakai untuk nama sebuah jalan di bilangan kuningan Jakarta. 
Banyak yang tidak tahu memang kalau HR Rasuna Said adalah pahlawan nasional wanita Indonesia, bahkan mungkin baru tahu kalau HR Rasuna Said itu adalah wanita.


Siapakah sosok wanita yang satu ini? 

Ibu Hajjah Rangkayo Rasuna Said adalah seorang aktivis yang lahir di Agam, Sumatera Barat 14 September 1910. Yang membuat aku tertarik kepada Ibu HR Rasuna Said ini adalah karena beliau ini berhijab. Ibu HR Rasuna Said mendirikan Persatoean Moeslimin Indonesia (PERMI) di Bukittinggi pada tahun 1930. 

Sebagai seorang aktivis yang membela hak-hak para perempuan, Ibu HR Rasuna Said ini juga aktif dalam segala kegiatan yang membela negara di masa penjajahan Belanda. Beliau pun pernah merasakan jeruji penjara selama 14 bulan karena orasi nya yang dianggap oleh pemerintah Belanda terlalu ekstrim.

Ibu HR Rasuna Said juga sempat menerbitkan sebuah majalah yaitu Majalah Menara Putri ketika beliau tinggal di Medan, Sumatera Utara. Majalah ini di zaman beliau adalah salah satu majalah yang banyak membawa suara perjuangan wanita untuk tujuan kemerdekaan. Kereen ya ternyata...

Pada sidang Perjanjian Linggarjati, Ibu HR Rasuna Said terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia Serikat. Selain itu juga terpilih sebagai anggota Dewan Nasional, anggota Dewan Pertimbangan Agung, hingga dipercaya menjadi Ketua Penyelenggara Kongres Nasional Perdamaian.

Dari sekian pahlawan wanita, aku kagum dengan sosok wanita muslimah yang satu ini. Beliau tidak hanya menyuarakan hak-hak wanita tapi juga mau terlibat dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Indonesia pun memberikan penghargaan yang terbaik bagi Ibu HR Rasuna Said atas perjuangan beliau yang luar biasa.

Aku pribadi bersyukur lahir di era ketika bangsa Indonesia sudah merdeka, perjuangan kita sebagai wanita di era Milenial ini tidak harus sekeras seperti perjuangana para pahlawan wanita seperti Ibu HR Rasuna Said. 

Perjuangan kita sebagai wanita muslimah di era milenial ini menurut saya salah satu nya adalah menjunjung tinggi kehormatan dirinya, sehingga menjadikan dirinya memiliki kualitas diri yang baik, bukan berpola hidup bebas yang menjadikan kita kehilangan jati diri kita sebagai wanita. Muslimah yang baik yaitu yang mampu menjauhkan dirinya dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan membuat ia terjatuh ke jalan yang salah.




Perjuangan kita sebagai wanita zaman now juga adalah hindari saling bulying dan menjatuhkan, hari gini adalah zaman nya berkolaborasi bukan saling menghujat atau berkompetisi. Saling bergandengan tangan dan mensupport satu sama lain. Saling mengingatkan satu sama lain sesama wanita agar kita menjadi wanita yang santun, smart dan mandiri.

Karena sejatinya muslimah yang santun, Insha Allah bisa mencetak keturunan yang santun. Itulah perjuangan kita sebagai wanita muslimah di zaman now ini. Oleh sebab itu, aku pribadi bangga karena ada salah satu pahlawan wanita di Indonesia yang berhijab, salah satu nya adalah ibunda HR Rasuna Said.

Peluk erat untuk para wanita pejuang zaman now di seluruh Indonesia 💗💗





💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @cilyawonderland