Friday, January 17, 2020

Manfaat Menjadi Seorang Mom Blogger

Menjadi Mom Blogger Yang Inspiratif




Assalamualaykum,

Ada para Mommy-mommy yang profesinya sebagai seorang blogger? Pasti pernah mengalami yang namanya deadline report tulisan liputan? 

"Deadline nya tujuh hari ya Mba-Mba jangan lupa..", kira-kira kurang lebih ini lah kalimat dari pihak agency ketika me-reminder kita agar segera memberikan report tulisan hasil liputan atau review kita baik itu liputan yang offline maupun liputan yang dilakukan via online.

Menjadi seorang blogger itu bagi aku pribadi sih menyenangkan ya, sampai saat ini sih aku belum ketemu duka nya. Karena menulis blog merupakan salah satu hobby aku. Walau belum terlalu di seriusin sih mendapatkan rezeki maksimal dari nge-blog tapi alhamdulillah sudah merasakan beberapa hasil dari menulis di blog.

Entah sudah berapa kali aku menginformasikan di blog aku ini, mulai dari tahun berapa aku kenal dengan dunia blogging. Hitunganggan sudah belasan tahun lah ngebloging. Dulu tuh blogger istilah bagi penulis blog, belum lah menjadi sebuah profesi, rata-rata yang nge-blog itu hanya sekedar menyalurkan hobby saja. Hobby menulisnya juga hobby curhat 😂. Tetapi berjalan nya waktu,  dimana dunia digital sudah semakin maju sehingga mau tidak mau blogger saat ini sudah bisa menjadi sebuah profesi yang bisa mendulang rezeki juga.

Nah para wanita yang sudah menjadi seorang ibu dan suka juga nulis blog, dapat disebut sebagai momblogger. Menyandang predikat momblogger buat aku merupakan hal yang membanggakan saja sih, Eh ngga tahu ya yang lain 😁, ini aku pribadi lho.
Mulai membangun personal branding diri aku sebagai seorang Momblogger dan Mompreneur itu ya baru 4 tahun belakangan ini saja, ketika sudah mulai lagi aktif ngeblog. Aku memang sempat vakum aktif nulis selama kurang lebih tiga tahunan, ada sih buat tulisan tapi ya sekedar saja dan itu pas lagi inget saja. Agak 'berjamur' dan 'berdebu' dikit sih blog nya karena sempat vakum itu, hanya sesekali ditengok. Untung ngga berhantu ya kan... 😀.

Ada beberapa teman-teman aku yang tanya ke aku tentang nge-blog itu apa sih? Terus gimana caranya nulis blog dan ada syaratnya tidak? 
Syarat untuk jadi blogger sih tidak ada ya, yang penting ya kita ini pertama suka banget nulis dan suka banget bercerita. Selanjutnya cara operate blog dan mengoptimasi kan nya ya learning by doing, dengan rajin ikut kegiatan kelas belajar yang diadakan oleh komunitas-komunitas blogger.

Dulu pun aku sama kok, blog buat aku hanya sebagai wadah nulis dan curhat, belum paham tuh yang namanya meng-optimalisasikan tulisan kita menjadi tulisan yang terpampang di Mbah Google page satu, ilmu SEO itu seperti apa, google analytics itu apa dan masih banyak lagi deh ilmu seputar mengoptimalisasikan blog kita agar bisa menghasilkan pundi-pundi rezeki juga dari hobby nulis blog.

Bagi teman-teman yang sudah terjun di dunia blogging, mau dijadikan sebuah profesi atau sekedar hobby saja, kembali lagi kepada individu nya masing-masing saja sih menurut aku. Mau setengah-setengah juga ngga masalah, selama menulisnya tetap yang terbaik, informatif, bermanfaat dan tidak berisi sara bagi pembaca nya.

Dari ketika awal ngeblog, blog aku sudah mulai dengan TLD (Top Level Domain), waktu itu sih niatnya mau jadi portal web seputar fashion and beauty. Kalau pun tidak menjadi portal besar tapi paling tidak sudah bisa menjadi blog yang profesional. 
Ternyata setelah kesini nya aku makin tahu bahwa blog dengan ber-TLD ini punya manfaat juga bagi kita yang ingin mendapatkan hasil dari nge-blog. Salah satunya yaitu blog kita terbaca dalam SEO nya dan juga ketika kita akan bekerjasama dengan sebuah brand, blog kita juga sudah terlihat profesional. Sebab rata-rata brand yang menawarkan kerjasama kepada para blogger, mereka minta para blogger yang sudah memiliki domain sendiri. Mungkin agar terlihat profesional juga ya.


Manfaat Menjadi Seorang Mom Blogger

Buat aku pribadi banyak sekali manfaat menjadi seorang Mom Blogger, antara lain:
1. Menambah Wawasan

Kadang nih, kalau lagi mau mencari sebuah artikel yang lagi aku butuhkan, misal nya review produk A, aku tinggal tanya saja ke para teman-teman blogger yang ada di dalam satu komunitas, apakah pernah ada yang mereview produk brand A ini? Pernah juga ketika aku ingin pergi ke suatu negara yang baru pertama kali aku kunjungi, aku suka tanya adakah yang punya pengalaman ke negara tersebut dan bagaimana pengurusan visa nya. 
Aku juga jadi tahu wawasan mengenai cara MPASI anak dan masih banyak lagi wawasan yang aku dapat


2. Aktualisasi Diri

Siapa sih yang tidak mau mengaktualisasi kan diri sendiri? Pasti ingin dong ya meng-upgrade diri kita menjadi lebih baik. Apalagi nih para mommy-mommy yang mungkin sehari-hari benar-benar menjadi seorang Ibu Rumah Tangga, mau curhat atau mau berbagi pengalaman nya yang di dapat, bisa mencurahkan nya lewat tulisan di blog. Apalagi tulisan nya menjadi viral karena bagus dan menginspirasi. Pasti akan menambah Percaya Diri. 
Karena itu bagi aku dengan menjadi Mom Blogger, bisa membuat aku mengaktualisasikan potensi yang ada di dalam diriku. Aku bisa sharing ilmu yang aku punya dan bisa juga mendapatkan ilmu baru juga dari sharing ilmu juga pengalaman yang aku punya.


3. Memiliki Penghasilan Tambahan

Tidak jarang juga sih para Mom Blogger itu menjadikan blog nya menjadi penghasilan utama. Wanita kalau pegang uang sendiri itu rasanya Bahagia...benar kan? Ada beberapa teman-teman blogger di komunitas blog yang aku ikuti, mereka menjadikan blog sebagai ladang rezeki utama mereka dan aku sungguh salut sekali dengan mereka yang bisa membagi waktu antara keluarga dengan menulis blog.
Sebenarnya sama saja sih dengan memiliki bisnis, seperti bisnis baju muslim, bisnis travel atau bisnis lainnya. Tetap semua nya perlu yang namanya fokus, bisa mengatur waktu dan konsisten menjalankannya. Menjadi Mom Blogger pun sama, perlu fokus, bisa mengatur waktu dan konsisten dalam menulis. 


Ketiga hal inilah manfaat nya menjadi seorang Mom blogger yang aku dapatkan. Aku sendiri saat ini juga belum full 100% menjadikan blog aku ini sebagai sumber rezeki utama. Masih keteteran saja sih waktunya karena urusin bisnis yang ada, tapi sebisa mungkin tetap produktif menulis. 
Kalau lagi ngga ada ide menulis, aku suka edit-edit tulisan aku di blog aku agar kalimatnya lebih 'cantik' dan enak dibaca, sambil sesekali aku sisipkan kata kunci biar bisa masuk ke page one nya Mbah Google 😁

Buat aku menjadi Mom Blogger juga bisa menjadi seorang pembicara walau hanya lewat tulisan saja, because "Sharing is Caring", dengan sharing kita bisa tambah teman, tambah ilmu, tambah wawasan juga tambah penghasilan. Yang penting kita para Mommy-mommy diluar sana wajib Bahagia..Setuju?? 😉




💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

21 comments:

  1. Wa'alaikumsalam.

    Saya juga lagi belajar jadi mom blogger nih, hehe.. semoga bisa segera sukses, aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Mom ..menjadi Momblogger itu bahagia ya

      Delete
    2. sama...pengen aktualisasi diri. pengennya nulis yg berkualitas bs nambah ilmu buat orang lain. bukan yg menye2

      Delete
  2. Aku juga jadi bisa banyak belajar dari tulisan-tulisan temen. Bahkan blog jadi tempat catatan pribadi hihi... Kadang suka baca pengalaman-pengalaman dulu.

    ReplyDelete
  3. saya juga awalnya iseng sih mbak, berawal dari nyobain produk trus di tulis di blog biar nggak lupa, soalnya aku pelupa banget orangnya hehehee eh keterusan sampai sekarang ngeblognya :)

    ReplyDelete
  4. Emang ada banyak banget ya mbak manfaatnya ngeblog, biar nambah wawasan, teman, dan koneksi. Bonusnya jadi sering dapat job hehehe lumayan ya nambah penghasilan dan teman2 yang baik

    ReplyDelete
  5. Aku mulai menulis dari menerbitkan buku, baru ke blog hehehe. Setuju dengan manfaat di artikel ini. :)

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah ya Mba banyak sekali manfaatnya ngeblog itu. Aku pun merasakannya.

    Ini tulisannya perlu ku share ke temenku yang katanya pengen jadi momblogger tapi bingung mulai darimana. Biar dia semangat sih.. abisnya dijelasin sama aku belum masuk keknya gara-gara aku belum jadi mom hahaha

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah ya mba merasakan manfaat ngeblog yg begitu banyak, senangnya apalagi yg bisa menghasilkan uang

    ReplyDelete
  8. Yes, banyak banget kok manfaat dari nulis blog. Salah satunya bisa sebagai stress reliever. Aku uda ngeblog dr 2012 dan sempat vakum juga. Dulu komunitas blogger belum sebanyak an seeksis sekarang. Seneng banget blogger bisa jadi profesi, terutama buat ibu2 milenial. Jadi bisa ttp berpenghasilan meski dari rumah dan sambil urus anak. Cita2ku dr sejak belum merit. Hehehe..

    ReplyDelete
  9. Awalnya aku bingung mau mengerjakan apa setelah resign, akhirnya kupikir coba aktifkan blog lagi lah, lumayan banget kan bisa nambah2 uang jajan ternyata hehe

    ReplyDelete
  10. Kalo kata mbak mira dulu, jadi mom blogger itu semacam stress healing, apa ada unek unek, bisa leluasa curhat di blog, benarkah demikian hehe

    ReplyDelete
  11. Aku gak kepikiran dulu, back in 2010 bikin blog buat sesuatu hal yang menghasilkan. Awalnya pure iseng aja, curhat colongan yang masih alay. Sejauh ini, ngeblog buatku adalah sarana sweet escape buat nenangin diri dari rentetan kerjaan

    ReplyDelete
  12. Aku gak kepikiran dulu, back in 2010 bikin blog buat sesuatu hal yang menghasilkan. Awalnya pure iseng aja, curhat colongan yang masih alay. Sejauh ini, ngeblog buatku adalah sarana sweet escape buat nenangin diri dari rentetan kerjaan

    ReplyDelete
  13. Aku dulu ngeblog buat curhatan dan juga buat menulis kisah sehari2 gak nyangka juga bisa membuat blog jd sumber pendapatan. Tapi jujur kangen masa2 ngeblog buat curhat haha :D
    Ya yang penting sih blognya diisi terus lha, ada atau gak ada job :D

    ReplyDelete
  14. bener banget ini mba, juga bisa terus mengasah kemampuan kita yang mungkin terpendam dan belum tersalurkan yes, hidup mom blogger

    ReplyDelete
  15. Sepakat mba. Dulu aku nulis ya buat membagi ide, ilmu, pengalaman ku. Sekarang alhamdulillah makin banyak manfaat ngeblog

    ReplyDelete
  16. betul banget mba, semoga blogging jadi sebuah profesi ya bukan sekedar musiman, kadang orang ada yang nyebut gitu sih "eh lagi musim ngeblog ya?" aku cuma senyum aja jawabnya hehe

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah.. bener ya mba. dari ngeblog bisa nambah pengalaman dan hal - hal lainnya. tapi buat ku sih yang lebih masuk lagi buat aktualisasi diri. sebagai emak RT yang kerjaannya itu lagi itu lagi butuh pelampiasan yang positif ya.

    ReplyDelete
  18. Tp cita2 aku juga di masa depan nanti mau jadi mom blogger sih wkwk. Emang keren bgt kedengarannya.

    ReplyDelete
  19. Kalau mau di sungguhin, profesi blogger ini memang sungguh menarik.
    Tapi bagiku, blog bisa menjadi media untuk menyalurkan segala ide dan inspirasi tanpa terikat dengan waktu (kecuali kalau ada deadline pekerjaan).

    ReplyDelete

Follow Us @cilyawonderland