Tuesday, June 16, 2020

Hidroponik Sederhana di Rumah

Hidroponik Sederhana di Rumah




Assalamualaykum,

Pagi itu ketika aku ke salah satu tempat jasa pengiriman barang, di sudut teras depan kiosnya, ada satu pot tanaman yang membuat aku tertarik untuk melihatnya.
Melihatnya tuh lucu ya kok dari paralon pipa sih bukan pot bunga. saat itu aku belum tahu kalau itu namanya tanaman Hidroponik.

Lalu aku bertanya sama si pemilik tanaman ini dari mulai namanya apa dan bagaimana cara menanamnya. Ternyata sangat mudah bercocok tanam Hidroponik di rumah. Pemilik tanaman juga bilang bahwa, bercocok tanam Hidroponik ini ada berbagai macam cara dan bisa menggunakan beberapa macam wadah juga, jadi tidak musti harus di pipa seperti yang dia lakukan.

Apa Sih Hidroponik Itu?

Bagi yang belum tahu, Hidroponik adalah metode penanaman tanaman tanpa menggunakan media tumbuh dari tanah. Atau bisa juga di artikan penanaman dalam air yang mengandung campuran hara.


Apa Saja Kelebihan Bercocok Tanam Hidroponik?

Selain bertanya dengan di pemilik, aku juga mencoba mencari tahu dari beberapa teman yang hobi banget bercocok tanam. Kalau ke rumahnya sudah seperti kita berada di sebuah taman budi daya tanaman. Padahal teman aku ini hanya hobby saja bercocok tanam, mulai dari tanaman yang mahal sampai tanaman hidroponik ini.

Kelebihan dari Hidroponik adalah:
  1. Kualitas tanaman tentu lebih sehat, di karenakan tidak menggunakan pupuk kimia atau pestisida
  2. Tanaman dapat tumbuh dengan pesat dan keadaannya juga tidak rusak dan tidak kotor
  3. Perawatannya jauh lebih praktis, serta kita bisa mengkontrol tanaman dari hama yang ada
  4. Penggunaan lahan juga sederhana, bisa hemat tempat lho dengan bisa kita susun atas bawah.
  5. Jika ada salah satu tanaman yang mati, maka kita bisa dengan mudah menggantinya dengan tanaman yang baru


Bagi teman-teman yang ingin bercocok tanam Hidroponik, bisa lakukan tips bercocok tanam hidroponik berikut ini yaitu pastikan tanaman yang akan kita tanam nanti terkena sinar matahari yang cukup, agar tidak mudah layu. Tanaman hidroponiknya juga bisa kok diberi pupuk oraganik cari untuk nutrisi tambahan. 

Lalu bagaimana jika tanamannya sudah mulai tumbuh besar? Jika tanaman sudah tumbuh besar sehingga sudah tidak muat lagi di tempat yang ada, kita bisa langsung pindahkan ke pot yang lebih besar, yang penting selama proses pemindahan, akar tanamannya tidak rusak.

Gimana nih, kamu tertarik tidak untuk buat tanaman hidroponik di rumah? Aku tertarik ingin menanam jahe di rumah. Biar kalau mau buat jamu, tinggal petik saja deh Jahe  nya. Atau mungkin ada teman-teman yang sudah mencoba bercocok tanam dengan Hidroponik? Share dong pengalamannya di kolom komentar ya..




Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife



Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

No comments:

Post a Comment

Follow Us @cilyawonderland