Sunday, June 7, 2020

Menulis Buku Antologi itu Mudah di Saat Pandemi

Terbitkan Buku Antologi di Masa Pandemi





Assalamualaykum,

Sudah dari kecil, aku suka sekali yang namanya menulis. Kegemaran menulis ku ini dimulai dari kegemaran aku membaca buku-buku, mulai dari buku fiksi dan non fiksi. Dari hobby membaca inilah, aku tergerak juga ingin menulis sebuah cerita.  

Sempat juga dulu zaman SMU aku ikutan lomba menulis Cerita pendek (cerpen) di sebuah majalah. Walau belum pernah menang, tapi tetap saja aku suka ikutan lomba menulis cerpen.

Kenal blogging juga sejak punya anak dan menjadi fulltime mom di rumah di tahun 2008. Jadi menulis sudah menjadi bagian hobby aku dari kecil. Sempat punya keinginan memiliki sebuah buku, baik itu Antologi juga Solo tapi belum juga action-action merealisasikannya. Hanya baru via blog saja aku menyalurkan hobby menulis aku. 

Qadarullahnya di saat masa stay at home, aku bisa merealisasikan cita-cita aku membuat sebuah karya buku. Walau baru buku Antologi, tetapi buat aku itu sebuah prestasi yang luar biasa dalam hobby menulis aku.

Selama tiga bulan di rumah saja, aku bisa menulis 3 buah buku Antologi yang mana aku tidak menyangka ternyata menulis buku Antologi itu mudah dan prosesnya juga mudah.

Buku Antologi kali ini masih berupa buku non fiksi. Malah saat ini aku lagi sedang dalam proses pembuatan buku Solo mengenai seputar entrepreneur atau seputar bisnis, mohon doanya ya semoga buku Solo aku ini bisa berjalan dengan lancar juga.

Jadi ingat tujuh bulan lalu ketika aku buat salah satu content youtube aku mengenai : Berbagi Ilmu Menjadi Penulis, di situ aku meminta salah satu penulis buku solo dan antologi yaitu Mba Ajeng atau nama pena nya adalah Delaras untuk sharing pengalamannya serta berbagi ilmunya menjadi penulis. Sharingnya Mba Ajeng membuat aku terinspirasi dan ingin sekali buat buku Antologi.

Akhirnya di akhir Februari 2020, saat dimana Covid-19 sudah mulai masuk ke Indonesia dan semua perjalanan wisata di tutup, disaat itulah aku jadi punya waktu sedikit luang. 
Kebetulan juga, aku di ajak salah satu teman aku untuk bersama membuat buku Antologi. Tanpa pikir panjang, aku langsung mengiyakan dan action membuat tulisan serta mengumpulkannya sesuai dengan jadwal.

Oia bagi yang belum tahu apa itu buku Antologi itu apa? Buku Antologi itu adalah kumpulan tulisan dari beberapa penulis sesuai tema yang sudah ditentukan sebelumnya.

Buku Antologi pertama aku terbit di bulan April 2020 dengan tema "Dont Give Up, Move On Aja" dan tulisan aku judulnya "Belajar Dari Jatuh Bangunnya Bisnis". Di sini aku bercerita tentang proses jatuh bangunnya bisnis aku, dalam membangun bisnis Travel dan AHP Az-Zahra.
Di dalam buku ini ada 17 penulis yang juga sharing mengenai bagaimana mereka bangkit dari keterpurukan dan juga kesedihan. Jadi buku ini cocok banget untuk para wanita yang saat ini mungkin sedang sedih, galau atau bisnisnya sedang turun apalagi di masa pandemi ini. Sangat perlu sekali kita semua saling menyemangati satu sama lain. Nanti Insha Allah aku bedah bukunya ya.

Setelah buku pertama terbit, selang satu bulan kemudian, lahir buku Antologi kedua aku yang terbit di bulan Mei 2020 (satu minggu sebelum lebaran) dengan tema "Dongeng Sebelum Tidur". Di dalam buku antologi tema Dongeng Sebelum Tidur ini, aku menulis tentang kisah gadis kecil yang sangat mencintai dunia fashion juga hobby baca buku. Judul tulisan aku adalah "Gadis Kecil Pecinta Fashion dan Buku".

Buku Antologi ketiga aku, Insha Allah akan terbit di bulan Juni 2020 ini dengan tema "Indahnya Persahabatan" dan judul yang aku tulis di dalam buku antologi ini adalah "Persahabatan Dalam Islam"

Ketiga buku ini adalah hasil dari aku berdiam diri #Dirumahaja selama masa pandemi ini. Jadi ternyata menulis buku Antologi itu mudah, apalagi selama masa pandemi ini yang memang kita semua di tuntut untuk menjadi pribadi yang kreatif dan tangguh.




Intinya selama masa pandemi ini, kita jangan pernah berhenti 'Bergerak', terus gali potensi yang ada. Kalau aku, selama masa pandemi ini jadi 'melahirkan' tiga buah buku antologi, nah kalau teman-teman bagaimana? Apakah ada kegiatan lainnya yang kreatif juga selama masa pandemi ini? Share dong di kolom komentar., kegiatan kreatif apa saja yang teman-teman buat selama masa pandemi ini. Insha Allah sharingnya teman-teman bisa saling menginspirasi satu sama lain.. 



Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife


Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

13 comments:

  1. wah keren mbak masih bisa produktif menulis meski sedang pandemi
    karena tidak semua orang bisa melakukannya
    semoga buku solonya bisa segera terbit ya mbak penasaran bagus topik yang diangkat solanya
    sukses mbak

    ReplyDelete
  2. walaupun pandemi tetap berkreasi ya mbak, semoga bukunya segera terbit dan di lancarkan prosesnya ya :)

    ReplyDelete
  3. semoga segera terbit mbak, keren mbak emang passion nulis udah dari dulu ya mbak

    ReplyDelete
  4. Keren banget ini mbak Cilya bisa tetap produktif melahirkan buku antologi disaat pandemi ya.

    ReplyDelete
  5. Luar biasa keren mbak, produktif nulis buku. Saya juga mencoba nyicil hehe, termotivasi juga :)

    ReplyDelete
  6. MasyaAllah keren banget mba di masa pandemi seperti sekarang masih tetap menghasilkan karya, ini sangat menginspirasi

    ReplyDelete
  7. Aku juga akhirnya bisa merealisasikan mimpi masa kecil mba. Aku juga akan menerbitkan buku antologi bareng rekan IFB and I'm so excited! Sama2 berdoa yang terbaik buat buku kita ya mba. 🤗

    ReplyDelete
  8. Congratulations for your anthologies. Believe right thing can be a great activity during this pandemic and you have proved it

    ReplyDelete
  9. Waaa keren nih mbak, bisa menghasilkan buku antologi di masa pandemi. Produktif banget, bisa ditiru nih semangatnya

    ReplyDelete
  10. keren banget mba CIlya, selamat ya mba atas peluncuran bukunya semoga makin sukses dan makin banyak menginspirasi buat teman-teman bloger lainnya khususnya saya niy yang kalau mau nulis ditunda mulu heheh

    ReplyDelete
  11. Mantul Mba Cilya, seperti tamparan buat ku yang rajin malas banget nulis nih. Cambuk itu memang harus dari diri sendiri ya Mba.

    ReplyDelete
  12. Barokallah mba keren kamu aktif dan kreatif di tengah pandemi
    selamat ya atas terbitnya, jadi ingat ak pernah nulis lebih dari 125 antologi wkwkaka
    jaman seneng di dunia nulis.

    ReplyDelete

Follow Us @cilyawonderland