Blogging Di 2020 Masih Eksis

18 comments

Apakah Blogging Masih Menguntungkan di tahun 2020 ini? 


Assalamualaykum,


Di hari Selasa ini, jadwal aku tidak terlalu sibuk, sebab anak-anak masih libur lebaran Idul Adha. Besok Sabtu, mereka baru mulai masuk sekolah lagi. 
Biasanya di waktu yang senggang ini, aku suka memanfaatkan waktu aku untuk menyusun materi sharing untuk tim binaan di bisnis aku setelah itu nulis blog.

======= BACA JUGA: Blog Sebagai Investasi Masa Depan =======

Kadang ketika lelah karena acara yang padat dan pas ketemu waktu luang seperti ini, kalau lagi tidak mood ke klinik kecantikan, aku lebih suka nulis blog. Mungkin bagi sebagian bingung ya, kok lagi lelah, malah nulis blog? Memangnya ide akan keluar? 
Jawabannya sih tergantung sikon juga ya, jika lelah sekali ya aku memilih rebahan sambil nonton drakor atau film-film Box Office. Tapi jika lelahnya tidak terlalu dan lagi semangat ingin menulis, aku langsung deh buka laptop lalu mulai menulis.


Blogging di tahun 2020

Saat ini blogger-blogger semakin banyak bermunculan dan semakin banyak juga blogger-blogger baru yang kreatif. Walau tidak jarang yang hanya sekedar formalitas atau ikut-ikutan saja dan menulis tergantung mood.

Hal itu wajar saja ya dan hak setiap masing-masing orang. Mau serius atau mau setengah-setengah. Menjadi blogger yang memiliki tulisan yang bagus, blog template design yang bagus, page view yang bagus itu tentu butuh proses. Tidak bisa instan.

Jika hobby kamu menulis ya tulis saja, jangan pikirin ad sense dulu, jangan pikirin bisa dan paham SEO dulu, jangan pikirin dapat job dulu, jangan pikirin bisa masuk page one google dulu, DA dan PA naik. 

Dari latihan menulis, tambah lama tulisan kita menjadi lebih baik dari segi pembendaharaan kata dan kalimat. Hingga dengan sendirinya SEO nya baik, bisa masuk page one dan dapat rezeki dari menulis blog (baik itu dari ad sense maupun dapat job dari brand).

Jadi menurut aku, blogging di tahun 2020 ini masih menguntungkan. Walau menjadi blogging sekarang penuh tantangan dan tidak mudah. Kuncinya fokus, konsisten dan terus memperbaiki cara menulis dan mempromosikan tulisan kita baik itu melalui media sosial atau bisa melalui google ads.

Bagi teman-teman yang mau mencoba menulis di blog, ayo mulai action menulis. Jangan di tunda-tunda ya dan terus semangat menulisnya.






Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife



Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

18 comments

  1. Kalau menurutku blogging itu gak akan habis deh, karena banyak juga yang bisa kita ceritakan di blog. Apalagi disaat pandemi sekarang ini banyak juga yang masih mengandalkan blog sebagi self healing dan bisa menguntungkan juga.

    ReplyDelete
  2. tapi blogger2 baru yg bermunculan kebanyaakan tujuannya mengejar adsense mbak, beberapa blogger baru ketahuan copas isi blog temen2 sesama penyuka skincare :( padahal penulis blognya lelaki hahhaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku salah satu yg kena ci. Fotonya kena curi 😔

      Delete
  3. saya masih proses belajar ngeblog, mungkin saat ini memang saya masih belum serius betul melakukannya, kedepannya bisa jadi diseriusin bener-bener, tapi meskipun begitu saya jadi banyak belajar tentang blog ini, mulai dari DA, PA, cara SEO, walking dna lainnya, ternyata seru ya jadi banyak tahu, jadi mulai terbiasa baca artikel dan lainnya, jika ternyata Tuhan kasih rezeki dari blog ini alhamdulillah

    ReplyDelete
  4. Iya betul saat memulai jangan pikirin namanya ads, job, da/pa yang penting lakuin dulu pasti hasilnya akan mengikuti. Setuju sama kakak

    ReplyDelete
  5. Mauk jadi bagus dan sukses emang perlu proses ya mba. Aku pun pas kilas balik baca tulisanku bertahun2 lalu malu sendiri. Hahah. Tapi gak aku hapus buat jadi kenangan bahwa aku juga mebgalami proses itu. Tulisanku pernah selucu itu wkwkkw

    ReplyDelete
  6. Gak instan memang ya untuk blog sampai bisa monetize. Aki juga baru tahu dan baru bisa menghasilkan dari blog itu di tahun 2013. Itu pun dengan ikut lomba blog. Baru deh setelahnya dilirik kerja sama oleh brand. Dan itu, setelah 5 tahun ngeblog. Yang penting nulis aja terus ya. Dan membenahi tulisan dan konten. Lama-lama rezeki pasti mendekat. 👌

    ReplyDelete
  7. Adsense saya masih terpending karena covid19, tapi hal yang perlu disyukuri adalah kadang masih ada job content placement hehe, lumayan lah kecil2 jadi bukit :)

    ReplyDelete
  8. Seringkali ribet sendiri yaa...sama printilan-printilan ini, tapi jadi lupa nulis dan menambah konten.
    Kuncinya agar sukses adalah terus menulis.

    ReplyDelete
  9. Jadi ingat 4 tahun lalu waktu aku mulai ngeblog dengan modal pengen nulis aja tulisannya berantakan foto juga gajelas banget tapi seiring berjalannya waktu malah bisa menghasilkan.

    ReplyDelete
  10. Menguntungkan tidaknya mungkin tergantung cara pandang masing2 hihi... Tp nggak bisa dipungkiri, jika ingin tetap berkarya hrs upgrade skill,,, semangattt

    ReplyDelete
  11. Aku pernah dianggap remeh karena ngeblog. Kalau menurut aku sih, yg nganggap remeh sama blog itu ya orang2 yang males baca. Hehe.
    Memang sih ngeblog tahun ini banyak banget tantangan nya, tapi Alhamdulillah adaaa aja pemasukan dari ngeblog ini.

    ReplyDelete
  12. Mbak aku msi tergolong baru di blog.. kalau mau belajar seo lbh dalam ada info grup atau kelas online gtu ga ya? Pngen bgt ningkatin pv gtu dan lbh kenal istilah lain spt da pa

    ReplyDelete
  13. Kalau saya pribadi sangat menguntungkan. Sebenarnya blogging ala saya tidak melulu mengejar DA PA, saya bisa menulis dan cerita di blog sangat senang sekali

    ReplyDelete
  14. Betul nih, tahun 2020 sih menurutku menjadi blogger masih sangat menguntungkan. perlajari dunia blogger supaya bisa menghasilkan dikemudian hari.

    ReplyDelete
  15. Aku setuju mba Cil, emang kudu menulis dan menulis dulu yang baik dan bermanfaat. Urusan DA PA naik akan mengikuti semakin seringnya kita update lho.

    ReplyDelete
  16. Memang mbak, masih menguntungkan kok cuma semangat saya makin merosot nih dan harus cepat bangkit, terutama managemen waktunya. Mengingat banyak topik yang pengen di tulis.

    ReplyDelete
  17. masih ga yaa.. haha memang kudu terus berbenah dan ngikutin tren ya. cuma selama ada search engine, blogger masih dipakai kayaknya :D

    ReplyDelete