Kritis Terhadap Produk Non Cruelty Free

17 comments

 Kritis Terhadap Produk Non Cruelty Free



Assalamualaykum,

Suka Pakai Skincare? Kamu Pecinta Makeup?

Saat ini produk kosmetik, baik itu makeup sampai dengan skincare sudah banyak bertebaran di media sosial kita. Tinggal kita harus pintar-pintar memilih mana yang benar-benar halal dan berizin BPOM. 

Bagi aku pribadi, memilih produk skincare yang utama itu selain berizin dan halal tentunya aku cek juga apakah produk ini cruelty free atau tidak. Aku mulai sangat kritis sekali untuk hal ini, sebab aku tidak mau memakai produk yang mana produk tersebut menyakiti makhluk hidup lain yang mana biasanya hewanlah yang suka dijadikan objek untuk uji coba.

Yang mulai aku lakukan saat ini yaitu, mulai membuang produk yang non cruelty free. Ternyata selama ini, koleksi produk skincare dan makeup yang aku pakai adalah produk-produk yang masih melakukan test on animals untuk uji coba produk mereka.


Apa itu Cruelty Free?

Mungkin bagi sebagian orang masih belum paham apa itu Cruelty Free. Sebelum kita mengkritisi sesuatu, perlu dulu paham arti dan maksudnya dari apa yang akan kita kritisi. 

Label cruelty free artinya produk ini tidak membahayakan atau membunuh hewan. Jadi bukan hanya dari bahannya saja tapi juga dari proses pembuatannya. Misal nih bahan-bahan yang digunakan tidak menggunakan bahan baku hewani, tetapi ketika uji coba menggunakan hewan.

Ada juga produk yang menggunakan bahan baku hewani, misalnya bahannya menggunakan asam laktat dari susu sapi atau juga beeswax (lilin lebah). Jika bahan baku ini di prosesnya tidak menyakiti hewan tersebut, maka produknya bisa di golongkan dalam kategori cruelty free.

Selain itu pada proses pengujian. Jika suatu produk kecantikan dalam proses pengujiannya tidak menggunakan hewan sebagai objek percobaan, maka produk tersebut juga digolongkan dalam kategori cruelty free.


Kenapa Perlu Kritis Dengan Produk Non Cruelty Free?

Setelah teman-teman membaca apa itu cruelty free, jadi paham ya kenapa kita perlu sekali kritis terhadap beberapa produk yang non cruelty free. Banyak beberapa brand besar yang masih menggunakan hewan untuk menjadi bahan percobaan kosmetik mereka, dengan maksud untuk mengurangi efek keracunan yang bisa dirasakan oleh manusia.

Dengan animal testing ini, beberapa brand kosmetik mencoba melihat reaksi atau efek yang terlihat dan dirasakan dari hewan tersebut. Akibat dari animal testing ini, hewan akan mengalami yang namanya iritasi, tumor dan penyakit parah hingga kematian. Sedih tidak sih? 

Tidak hanya sampai disitu, hewan-hewan yang mati karena akibat uji coba ini juga tentu memiliki riwayat mati karena kondisi kesehatannya sudah terkontaminasi akan efek kimia, dan ketika akan di kubur atau dibuang, tentu akan menimbulkan efek yang tidak baik juga untuk alam. Sehingga double efek tidak baiknya kan?

 

Jika teman-teman bisa cek sendiri lho apakah produk kosmetik yang teman-teman pakai selama ini cruelty free atau tidak, bisa cek di websitenya crueltyfree.peta.org.  

Kemarin aku sempat cek brand kosmetik dan skincare yang sering aku pakai, yang mengejutkan adalah beberapa produk yang sering aku gunakan seperti Maybeline (L'Oreal) menggunakan hewan test on animals, sedih deh...

And this is the results:




Ada produk yang cruelty free dan salah satunya adalah produk The Body Shop, yang menyatakan bahwa produknya mereka Against Animal Testing. Mereka memberikan keterangan itu di bagian label produk mereka, seperti ini tulisannya:



Selain keterangan berupa tulisan, ada juga berupa yang keterangannya berupa logo yang menyatakan produk tersebut Cruelty Free and No Animal Testing. Logonya seperti dibawah ini:



Untuk itulah kenapa kita perlu kritis sekali lagi. Ya tentunya demi menyelamatkan hewan-hewan yang menjadi bahan percobaan tersebut. Banyak kok brand kosmetik yang sekarang sudah cruelty free, karena itu kita sebagai konsumen perlu sekali menjadi konsumen yang pintar. Cek terlebih dahulu sebelum membeli produk.


Semoga bermanfaat dan mulai yuk kita pakai kosmetik yang cruelty free. See you on my next blogpost 💖💖



Woman Creative Partner


17 comments

  1. Nah iya biasanya aku tuh kalau mau beli skincare selalu cari tau dulu, termasuk tentang cruelty free ini mbak.

    ReplyDelete
  2. Penting banget loh emang sebelum membeli dan memilih make up untuk melihat kandungannya dan apakah sudah mendapatkan izin edar dari BPOM

    ReplyDelete
  3. pertama kali tahu tentang cruelty free produk tu dari produknya TBS mba, dari situ saya mulai memperlajari logo2 di kosmetik biar nggak salah pilih :)

    ReplyDelete
  4. Dulu masih cuek dan tidak concern akan produk non cruelty free, sekarang mencoba memilih crueltry free products sebisa mungkin.

    ReplyDelete
  5. Aku sangat setuju dengan pemilihan produk yang cruelty free. Gimana ya, membayangkan kita menggunakan produk yang mengorbankan makhluk hidup lain huhuhu

    ReplyDelete
  6. Suka sedih kalau baca berita soal hewan yang dijadiin bahan percobaan untuk produk kosmetik. Tapi aku sendiri juga belum bisa komitmen buat sepenuhnya pakai produk yang udah cruelty free. Tapi udah berusaha banget buat minimalisir.

    ReplyDelete
  7. pas buka baca bagian linknya langsung dong nyobain test skincare yang kupakai, mostly enggak tapi sedih SK II ko tulisannya SK-II (Procter & Gamble) --> Warning! This company DOES test on animals. Yaaaahhh

    ReplyDelete
  8. duh makasih bangetnice info, aku setuju banget dan kadang memang harus detail ngeliat keterangan produk ini di ujicobakan atau tidak pada hewan. karena kadang suka waswas.

    ReplyDelete
  9. Brand besar malah masih tes ke hewan ya. Sekarang aku pun sebisa mungkin pilih produk vegan dan cruelty free. Tp jg blm bs 100% menghindari yg masih non-CF. Setidaknya aku berusaha meminimalisirlah.

    ReplyDelete
  10. Iya mbak, perlu banget pengrtahuan tentang cruelty free ini ya terutama pada pengguna skincare. Tadi aku udah jalan jalan ke website yang direkomendasikan ternyata bisa dicek lewat logo ya mbak. Dan ada pdf daftar perusahaan yang tidak menggunakan animal test

    ReplyDelete
  11. Senang skrg udah semakin banyak yg aware sama label pd beauty products yg digunakan

    ReplyDelete
  12. Iya, aku cuma tau The Body Shop aja yang konsisten cruelty free.
    Dan baru tau kalau brand-brand ternama saat ini sudah cruelty free. Bisa dicek di web crueltyfree.peta.org yaa...
    Haturnuhun.

    ReplyDelete
  13. Baru tahu soal produk hang udah cruelty free macam ini Kak. Jadi pemakai skincare merasakan kenyamanan ya Kak. Pengen coba juga jadinya.

    ReplyDelete
  14. Seneng deh sekarang banyak produk skincare yang cruelty free kak

    ReplyDelete
  15. pernah lihat gimana caranya industri menyakiti hewan-hewan tersebut aku jadi takut banget mbak asli. parah sih. sejak saat itu aku jadi melirik skincare yang animal cruelty free

    ReplyDelete
  16. Bener banget ini mbak Alhamdulillah sekarang sudha byk kosmetik lokal yang sudah punya buav approved bahkan sertifikat dr peta

    ReplyDelete
  17. Aku juga akhir² ini lebih suka pakai produk yg cruelty free. Tp sedihnya ternyata ada beberapa produk yg aku pake dan masih menerapkan animal testing. Huhu

    ReplyDelete