Toleransi Beragama Dalam Modest Wear

13 comments

Toleransi Beragama Dalam Modest Wear

 


Assalamualaykum,

Semalam aku menikmati malam ku dengan menonton Vogue virtual fashion show (walau tayangan ulang), sambil ditemani dengan kopi hangat. Bagi aku, apapun yang dikerjakan kalau sambil seruput kopi tuh rasanya nikmat tiada tara.

Ada yang menarik dari virtual fashion show yang aku tonton semalam, yaitu adanya koleksi beberapa pakaian ready to wear pada fashion show tersebut yang menampilkan rancangan dengan desain sentuhan islami, padahal virtual fashion show semalam bukanlah acara khusus peragaan koleksi busana muslim.

Lalu apa yang menarik? Disini terlihat bahwa toleransi beragama sudah di perlihatkan dalam dunia fashion, terutama dalam berpakaian. Kita tahu di beberapa negara di masa tahun 80-an, jika ada yang mengenakan pakaian tertutup bahkan pakaian berbau muslim, pasti akan dijauhkan bahkan di bully.

Tetapi dengan seiringnya waktu dan juga perkembangan zaman, yang mana seluruh umat di bumi ini sudah semakin cerdas dalam berpikir dan bersikap, maka rasa toleransi sesama manusia pun sudah mulai tumbuh. Baik dalam toleransi beragama, toleransi berpendapat dan lain-lain.

Terbukti dengan adanya perhelatan fashion show khusus untuk menampilkan koleksi fashion muslim di beberapa negara seperti Paris, London, Dubai dan tentu Indonesia.

Salah satu koleksi yang menurut aku desainnya keren pada virtual fashion show yang aku tonton semalam adalah karya dari desainer Simone RochaRancangannya mengusung tema Kehidupan di Pulau Aran. Disini kita bisa lihat akan sentuhan pakaian yang mana materialnya terbuat dari bahan katun dan juga di padu dengan wol, dengan pilihan dominasi warna putih gading.

Salah satu ciri khas fashion muslim sudah tentu longgar di badan dan nyaman. Tidak terlalu banyak ornament dan juga aksesoris, begitu simpel dan tetap memiliki unsur modis dalam desainnya.

 

Seperti apa sih desain koleksi dari Simone Rocha kali ini?

Kemeja Lengan panjang yang cuttingnya hampir mirip dengan tunik di padu dengan celana bahan longgar ini, tidak hanya bisa dipakai untuk acara formal saja tapi acara non formal pun bisa juga kita pakai. Agar tampilan teman-teman terlihat cantik dan modis, bisa tambahkan aksesoris sentuhan syal panjang.



Lalu desain dari koleksi pakaian yang kedua adalah atasan kancing hanya setengah sampai bagian dada, dengan cutting hampir seperti gamis ini juga cocok di padu dengan celana bahan longgar. Bisa kita lihat bahwa desain ini terlihat memang seperti sedang mengenakan busana muslim.



Dua desain di atas adalah salah dua dari beberapa koleksi yang di tampilkan oleh Simone, yang mana koleksi ini ditampilkan bukan dalam perhelatan fashion show busana muslim. Bagi teman-teman yang muslim, bisa juga menjadikan rancangan koleksi dari Simone Rocha ini untuk dipakai ke acara-acara perayaan hari besar.


***


Sedangkan untuk rancangan di bawah ini adalah rancangan dari desainer Modanisa. Dimana koleksi pakaian ini di tampilkan memang khusus untuk para muslimah di seluruh dunia pada acara Istanbul Modest Fashion Week.




Gamis-gamis cantik dari Modanisa ini juga memilih warna Putih Gading di Mix dengan warna gold sebagai ornamen warna tambahan. Aksesoris Belt dari tali, bisa juga dipakai untuk aksesoris tambahan. Untuk penutup kepala atau hijabnya, teman-teman bisa pilih Turban atau pashmina atau bahkan juga kain persegi empat.

Dari beberapa karya di atas, dimana keduanya ini di tampilkan di perhelatan fashion show yang berbeda. Kita bisa melihat betapa dunia fashion sekarang sudah mulai saling toleransi beragama dalam berpakaian. Tidak ada lagi pengkotak-kotakan memakai pakaian tertentu sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.  

 

Definisi Serta Tujuan Dari Toleransi

Toleransi bagi aku adalah saling menghargai dan menghormati dalam banyak hal, baik itu dari apa yang menjadi pilihan pribadi seseorang. Mau itu pilihan dalam berpakaian, pilihan dalam sebuah keputusan pekerjaan dan masih banyak lagi.

Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), toleransi adalah sifat atau sikap toleran. Contohnya seperti ketika ada dua kelompok yang berbeda dalam kebudayaan saling berhubungan penuh. Sikap toleransi biasanya ditunjukkan untuk menghormati adanya perbedaan pendapat, agama, ras dan budaya pada setiap orang atau kelompok.

Nah bagaimana toleransi dalam fashion menurut teman-teman semua? Sharing yuk di kolom komentar 😉

 

 

Woman Creative Partner

13 comments

  1. sebagai muslim saya seneng banget melihat fashion muslim juga sekarang turut mendunia. Semoga indahnya toleransi gini bisa merata di seluruh dunia yaa mbak. biar dunia damai.

    ReplyDelete
  2. Pakaiannya cantik-cantik, bisa untuk Hari Raya..
    Tapi kalo buatan desainer pasti mahal yak... Hehehe

    ReplyDelete
  3. 2 foto pertama nggak kayak baju muslim sih :) trendy banget soalnya, bisa di pakai buat non muslim juga

    ReplyDelete
  4. waaaah kece kece banget ya ini bajunyaaa, cocok buat lebaran nuansanya juga putih putih giniii, pas banget hihihi

    ReplyDelete
  5. Keren bgt ya ini virtual fashion shownya walopun tarafnya internasiona tp toleransi thd fashion muslimnya kelihatan bgt. Anw koleksi baju simone rocha bgus2

    ReplyDelete
  6. Busananya cantik-cantik banget ya mbak. Beneran sopan banget dan dipakai untuk orang berhijab juga bagus banget. Cuttinganya juga oke, modelnya kekinian mewah, elegan, old schoolnya juga ada

    ReplyDelete
  7. Gamis2nya cantik dan elegan banget ya. Menurutku gamis bisa dipakai muslim dan non muslim juga sih. Ya gak?

    ReplyDelete
  8. Gamisnya cantik-cantik deh. Suka lihatnya. Sekarang mulai banyaknya brand fashion yang mengeluarkan edisi muslim.

    ReplyDelete
  9. Cantik cantik busanannya yaa. Dan mudah membuatnya. Terus sederhana juga yaa. Abaya atau kaftan, tunik modelnya

    ReplyDelete
  10. MasyaAllah bagus-bagus banget mba Cil, pengen punya satu rasanya
    kalau nggak belajar bikin gitu jahit sendiri aja ya hahaaha

    ReplyDelete
  11. Cantik" banget busananya dan membuat tampilan semakin waw banget. Pake hijab juga busa di kreasiin apa aja juga sih ini busananya.

    ReplyDelete
  12. Toleransi mmg sgt penting ya mba, cuman sayangnya jg msi banyak org yg malah ga toleran dengan non muslim 😁 yg berpakaian sedikit terbuka lgsg di cibir jg. Saya pribadi sebagai non muslim sangat suka melihat koleksi busana muslim yg makin lama makin banyak model dan ga kalah kece. Smoga semuanya kedepan smakin bs seimbang ya 😁

    ReplyDelete
  13. Suka bangeett..
    Ternyata melalui pakaian selain identitas juga bisa sebagai wujud toleransi yaa..

    ReplyDelete