Yuk, Kenali Perbedaan Micellar Water Dan Makeup Remover

13 comments

Memang Apa Sih Perbedaan Micellar Water dengan Makeup Remover?



Assalamualaykum,

Pagi ini buka-buka marketplace dan menemukan produk micellar water baru dari salah satu brand kosmetik lokal. Sekarang tuh sudah banyak lho produk kosmetik dari brand lokal yang kualitasnya tidak kalah kece dengan brand luar.

Biasanya aku suka tertarik ingin coba... tapi kali ini aku harus tahan keinginan untuk beli, karena micellar water dan makeup remover aku masih banyak.

Tumben lho micellar water dan makeup remover aku awet, biasanya sebulan pasti sudah habis. Sebab aku suka banget makeup-an, walau itu cuma antar jemput anak-anak, tetap pasti aku dandan deh. Karena itu, micellar water atau makeup remover menjadi salah satu produk yang wajib ada di meja rias aku.

Karena pandemi ini, jadi stay di rumah saja dan jadi suka males makeup-an di rumah. Makanya awet deh nih micellar water dan makeup remover aku dan juga tentu makeup aku.

Anyway, Makeup yang aku pakai juga masih kategori makeup yang simple, bukan yang bold. Tapi tetap ya yang namanya habis makeup-an, kita tetap kudu, wajib, harus bersihkan wajah setelah di rumah dan hendak tidur. 

Teman-teman suka makeup-an? Pasti kalau suka makeup-an artinya harus rajin bersihkan wajah dan rajin treatment wajah. Agar wajah tidak hanya terhindar dari jerawatan dan kulit kusam saja, tapi juga tentu agar tidak cepat keriput dan juga dehidrasi.

Hal yang tidak kalah penting dari sekedar perawatan wajah dengan skincare adalah juga rajin membersihkan wajah sehabis kita pakai makeup. Untuk membersihkan wajah, sudah pasti teman-teman tahu dong ya makeup remover  atau micellar water yang bagus dan yang cocok bagi wajah.

Tapi sebenarnya, teman-teman tahu tidak kalau makeup remover dan micellar water itu adalah dua produk yang berbeda?

Awal pertama kali suka dandan, aku belum paham bedanya makeup remover dengan micellar water. Aku pikir Micellar water itu hanya nama terbaru dari makeup remover, ternyata memang dua produk yang berbeda, baik dari fungsinya, komposisinya juga kandungannya.

Aku sendiri punya kedua produk ini di meja rias aku, baik micellar water juga makeup remover. Sudah ada beberapa brand micellar water dan makeup remover yang sudah aku coba, dari situ jadi tahu mana yang produknya cocok dengan jenis kulit wajah aku.

Selain itu aku juga jadi tahu bedanya makeup remover dan micellar water dan tentu juga fungsi dari masing-masing produk ini. Mungkin ada teman-teman yang masih belum paham perbedaannya. Karena itu aku mau sharing snih seputar makeup remover dan micellar water.


Makeup Remover

Tentu kita sudah sering banget lihat di beberapa beauty store makeup remover dari berbagai brand dan jenis makeup remover juga ada banyak, mulai dari tisu basah, dalam bentuk balm sampai bentuk oil.

Pada makeup remover yang jenisnya oil, sangat efektif menghapus makeup yang bold atau tebal terlebih makeup yang waterproof. 

Tetapi kelemahan dari makeup remover adalah hanya bekerja dengan baik di lapisan terluar kulit. Sementara sisa makeup yang ada di dalam pori-pori belum bisa dibersihkan secara maksimal. Jadi tugas kita masih ada beb, yaitu membersihkan sisa makeup yang masih menempel di pori-pori. Berarti masih perlu menggunakan produk pembersih lagi, agar kulit wajah kita benar-benar bersih secara maksimal dan tidak ada lagi kotoran yang tersumbat di pori-pori kita.


Micellar Water

Bagi yang suka males cuci muka pakai sabun, micellar water cocok banget bagi kamu 😁. Sebab, bahan utamanya adalah air. Micellar water sendiri adalah pembersih wajah berbentuk cair yang mengandung molekul pembersih micelles. Jadi micellar water lebih kepada kombinasi air yang dimurnikan, pelembap kulit seperti gliserin, serta surfaktan ringan dalam jumlah yang sangat kecil.

Enaknya dari micellar water ini tentunya tidak lengket di wajah karena kandungan di dalam micellar watter sendiri bisa diserap oleh kulit. Karena bahan utamanya adalah air, jadinya cocok digunakan oleh beragam jenis kulit termasuk kulit wajah yang sensitif.

Kalau aku pribadi, aku suka pakai keduanya. Jika aku tidak keluar rumah dan tidak pakai makeup, aku tetap bersihkan wajah aku pakai micellar water. 


Double cleansing apakah tetap perlu?

Iyes, kita tetap perlu melakukan double cleansing dengan sabun muka. Sebab double cleansing ini berguna untuk membersihkan wajah dari sisa-sisa makeup dan kotoran yang kemungkinan masih menempel di kulit.

Perawatan kulit wajah memang tidak mudah, tapi jika dilakukan dengan rutin dan disiplin, hasilnya pasti menyenangkan hati 😉




Woman Creative Partner

13 comments

  1. micerall water sama make up remover memang berbeda ya mbak. make up remover lebih ampuh hapus make up waterproof. aku juga suka pakai keduanya, disesuaikan aja dengan kebutuhan

    ReplyDelete
  2. sebenarnya intinya sama ya mbak untuk menghapus makeup tapi jenisnya saja yang berbeda

    ReplyDelete
  3. aku sehari hari pakenya micelar water hehehe, soalnya makeup yang dipake juga tipis dan natural ehehehe,

    ReplyDelete
  4. Wah, nice info banget.. saya baru tahu beda keduanya, kayaknya lebih enak pakai micellar water yaa, apalagi kalau udah kecapekan banget tapi mager mau bersihin muka, wkkw

    ReplyDelete
  5. Aku pernah pake dua2nya dan skrg lbh nyaman sama micellar water sih buat bersihin eye makeup.

    ReplyDelete
  6. Aku pakai keduanya ditambah face wash juga sih mbak, mungkin kalau aku triple cleansing kayaknya. Tapi kalau lagi males sih bisa cuma sabunan muka aja.. hahaha!

    ReplyDelete
  7. Aku juga kalo udah make up an kudu double cleansing kalo engga mukaknya rasanya ga bersih

    ReplyDelete
  8. Akhirnya kutahu bedanya make up remover dan Micellar water. Jadinya gak bingung lagi. Makasih ya mbak, asyik banget bahasannya juga.

    ReplyDelete
  9. Kukira juga sama Kak Cil, ternyata beda banget ya. Bentar intip punyaku apa ya hahaha.
    micerall water punyaku, lega deh. Soalnya aku kan jarang dandan, kadang belum isa bedain sekarang jelas banget

    ReplyDelete
  10. Nah yang terjadi sekarang mba, banyak yang menganggap micellar water ini bisa untuk membersihkan riasan wajah yang berlapis-lapis. Padahal kalau makeupnya tahan air ya ga bisa tuntas bersihnya.

    ReplyDelete
  11. saya team micellar water mba, nyaman aja merasa cocok dikulit abis itu lanjut tetep cuci muka pakai sabun foam. karena saya juga jarang make up tebal jadi ga pernah pakai make up remover itu

    ReplyDelete
  12. Perbedaan micellar dan make up remover ternyata begini..
    Aku jadinya punyanya apa yaa...?
    Secara beli karena rekomedasi dari SPGnya, heuheu~

    ReplyDelete
  13. aku udah tau bedanya siih, kalo remover aku biasanya pakai yang khusus eye ama lips. selebihnya, aku pakai cleansing water punya benton. tapi sebelumnya biasanya pakai susu pembersih juga hehe

    ReplyDelete