Hobi Belanja Fashion? Begini Cara Mengatur Keuangan

No comments

 Tips Cara Mengatur Keuangan Bagi Yang Hobi Belanja Fashion



Assalamualaykum,

Memiliki sifat gemar belanja itu sah-sah saja dan setiap orang pasti memiliki keinginan untuk belanja. Ada yang gemar belanja skincare, makeup, dan fashion.  Tapi bagaimana jika gemar belanja tersebut menjadi sebuah kebiasaan yang menjadikan kita boros? Bagaimana sebenarnya cara menyiasati dengan mengelola keuangan untuk belanja fashion? 

Aku pernah membahas mengenai TIPS Cara Mengatur Keuangan Dalam Membeli Skincare dan kali ini aku akan share TIPS Cara Mengatur Keuangan bagi yang hobi sekali belanja fashion. Produk fashion itu terdiri dari pakaian, aksesoris dan sepatu.

Tapi sebelum aku share tips cara mengatur keuangan anggaran belanja fashion, coba deh teman-teman menganalisa apakah teman-teman termasuk kategori yang sudah addict atau shopaholic banget dalam belanja fashion? Ada beberapa nih ciri-cirinya kalo kamu sudah termasuk dalam kategori shopaholic:

  • Siapa nih yang koleksi sepatu, baju dan aksesorisnya menumpuk di lemari? Bahkan ada yang label harganya masih ada lho yang belum di copot dan ada juga sebagian baju atau sepatu atau aksesoris yang dari beli sampai saat ini belum pernah di pakai? Artinya teman-teman ketika beli hanya karena senang saja, tapi tidak tahu kebutuhan dari beli baju ini untuk apa.
  • Siapa nih yang senang kalau dapat undangan suatu acara? Mau itu acara pernikahan, wisuda atau acara undangan pesta lainnya? Senang bukan karena si pengundang inget dengan kita, tapi senangnya karena bisa beli baju baru.
  • Tagihan Kartu Kredit membengkak karena kamu sering belanja sampai lupa kalau kartu kredit kamu sudah over limit. Besar pasak daripada tiang, pemasukan jadi terlihat kecil dibanding jumlah uang yang keluar. 


Nah, jika teman-teman ada yang punya salah satu ciri khas dari kriteria di atas, artinya sangat perlu untuk waspada dan mulai di kontrol juga di rem agar ketika belanja jangan melebihi budget.

Bagaimana caranya mengkontrol keinginan belanja untuk fashion items kita? Berikut tips nya

1. Bedakan Keinginan dengan Kebutuhan

Kebutuhan dan Keinginan itu berbeda ya gaes. Kalau butuh itu adalah hal-hal yang urgent dan harus di beli, tapi kalau sekedar keinginan biasanya hanya sekedar suka pada pandangan pertama saja, tapi tidak tahu manfaat barang ini nanti untuk apa.

Contohnya nih ketika teman-teman sedang pergi ke mall dan melihat ada sale produk fashion lalu hasrat belanjanya timbul dan langsung ingin beli. Sebelum beli, coba  pikir dahulu apakah produk yang akan di beli ini benar-benar dibutuhkan atau tidak? 


2. Buat Daftar Barang Fashion Yang Kamu Butuhkan.

Kalau teman-teman sudah paham mana yang namanya kebutuhan dengan keinginan, maka next selanjutnya adalah buat daftar barang-barang fashion yang dibutuhkan di bulan ini apa saja. Setelah dibuat maka kita harus komit dengan apa yang sudah kita tulis.

Anggarkan sesuai budget per bulan kita berapa jika sudah mau melebihi anggaran yang sudah kita buat maka STOP Belanjanya.


3. Buat Rekening Khusus Untuk Belanja.

Agar rencana anggarannya tidak melenceng jauh dengan kenyataannya, maka sebaiknya kamu buat rekening khusus. Jadi rekening khusus ini adalah rekening khusus untuk belanja. Jadi budget belanjanya di transfer ke rekening khusus ini.


4. Batasi Limit Kartu Kredit

Aku sendiri sih sudah tidak pakai Kartu Kredit sudah hampir 8 tahun belakangan ini. Tapi bagi teman-teman yang masih punya kartu kredit, agar tidak melebihi anggaran belanja, maka sebaiknya kartu kreditnya di batasi limitnya. Dengan cara ini, bisa mencegah diri kita dari berhutang dan di jauhi dari Riba. 


5. Belanja Ketika Promo dan Diskon

Di beberapa Marketplace kadang suka ada promo di tanggal-tanggal tertentu atau kita kenal dengan Harbolnas (Hari Belanja Nasional), teman-teman bisa pantengin di saat mereka memberikan promo atau diskon.

Selain itu bisa juga cek beberapa media sosial dari brand favorit kamu untuk tahu mereka sedang ada promo atau diskon apa saja di bulan ini. Point ini perlu di pertimbangkan agar budget belanja kebutuhan fashion kita tidak membengkak. 


Semoga Tips ini bermanfaat bagi teman-teman semua. Memang belanja fashion itu  menyenangkan, karena belanja merupakan salah satu yang bisa membuat kita bahagia. Tapi tetap kita perlu sadar akan realita, bahwa hidup kita masih panjang, kebutuhan masih banyak.

Dengan menghemat anggaran belanja fashion, sebagian dananya bisa kita alihkan ke arah investasi, hasilnya pun bisa untuk tabungan kita di masa depan. Siap Berhemat dan Bijak saat belanja. See you on my next blogpost πŸ’–πŸ’–πŸ’–




Woman Creative Partner




No comments