Mengapa Kolaborasi Bisnis Dapat Membantu Mengembangkan Usaha?

10 comments

Manfaat Kolaborasi Di Dalam Bisnis



Assalamualaykum,

Beberapa bulan ini, hampir semua tulisan aku selalu ada hubungannya dengan pandemi. Pandemi memang masih menjadi pembahasan yang belum tahu kapan endingnya. Awal prediksinya hanya berlangsung tiga bulan saja, tetapi kenyataannya sudah menginjak bulan ke sembilan, pandemi di Indonesia belum juga reda dan bahkan korban yang terpapar Covid-19 semakin meningkat.

Apa kabar dengan bisnis yang sedang teman-teman rintis? Semua bisnis saat ini tentu sedang berjuang keras untuk bertahan dan terus berjalan. Tidak sedikit juga yang memutuskan untuk menutup bisnisnya di karenakan banyak hal dan tentu lagi-lagi faktor penyebabnya adalah karena pandemi ini.

Bagi yang bisnisnya masih struggle sampai saat ini, semoga terus tetap semangat menjalankannya ya. Insha Allah akan selalu ada jalan bagi teman-teman yang masih terus bertahan menjalankan bisnisnya.

Ada satu kita nih agar bisnis kita bisa bertahan yaitu melakukan kolaborasi bisnis dengan bisnis lain. Saat pandemi ini, kolaborasi bisnis kita dengan bisnis pihak lain, dinilai sangat efektif untuk mengembangkan bisnis kita. Mengapa kolaborasi bisnis dapat membantu mengembangkan usaha kita? Berikut manfaat dari kolaborasi di dalam bisnis kita.


1. Memperkecil Resiko Bisnis Collapse

Dengan adanya kolaborasi, kita bisa memperkecil kemungkinan resiko bisnis kita akan collapse atau tutup dikarenakan banyak faktor menguntungkan dari adanya kolaborasi ini. Terutama dari segi pergerakan keuangan di internal bisnis kita. 

Yang tadinya sumber investasi dana hanya dari kita atau dari 2 partner, bisa berkembang menjadi beberapa investor yang menginvestasikan dananya untuk berjalannya roda bisnis kita.


2. Marketing dan Promosi Berjalan Lancar

Masalah dari roda bisnis tidak berjalan bisa dari banyak hal, seperti tadi dari sisi keuangan. Selain itu ada juga dari sisi marketing atau promosi. Divisi Marketing dan Promosi di dalam bisnis kita bisa terus berjalan tanpa ada kendala lagi dengan adanya kolaborasi, karena energi untuk membuat sistem marketing juga promosi menjadi lebih banyak dengan adanya tim yang banyak.


3. Mendapatkan Ide atau Inspirasi Baru

Biasanya nih, ketika punya masalah dan masalahnya kita pikirkan sendiri, cari jalan keluarnya sendiri, maka proses mendapatkan hasil dari penyelesaian masalah akan lambat. Sebab ide yang ada hanya bersumber dari satu orang saja yaitu dari diri kita saja.

Tetapi jika kita berkolaborasi, kita akan tambah mendapatkan ide baru, inspirasi baru, insight baru untuk berjalannya bisnis kita ke depan. Ide baru tersebut tentu bisa kita dapatkan ketika kita sharing bersama dengan partner kolaborasi kita. 

Partner kolaborasi kita pun akan terbantu juga dengan ide dari diri kita untuk mengembangkan bisnis hasil kolaborasi ini ke depannya. harapannya tentunya bisnis kita berkembang dan sukses.


4. Membantu Memperluas Jaringan.

Kolaborasi tidak hanya bisa memberikan kita partner baru dengan tentunya akan ada ide pengembangan baru di dalam sistem bisnis kita. Tetapi dengan adanya kolaborasi tentu bisa menambah wawasan dan memperluas jaringan kita.

Misalnya nih, kita jualan Madu dan peternak madu yang kita kenal hanya 3 peternak lebah saja, tetapi dengan adanya kolaborasi, bisa jadi partner bisnis kita punya koneksi beberapa peternak lebah di luar peternak lebah yang kita dapatkan. Artinya, jaringan kita tentu bertambah, list koneksi kita bertambah.

Penting banget lho sebagai pebisnis itu memiliki sumber supplier lebih dari satu. Ya tentunya agar kita tidak tergantung hanya dari satu pintu saja. Ketika supplier kita tutup, apakah bisnis kita juga harus tutup? Tentu tidak dong ya... Maka dari itu kolaborasi itu memiliki manfaat yang bagus bagi networking kita.


5.  Jauh Menjadi Lebih Optimis 

Sudah pasti banget dong ya menjadi lebih optimis. Kolaborasi itu ibaratnya ketika kita sedang di ujung jurang dan kita langsung berdoa kepada Allah SWT lalu Allah mengijabah doa kita dengan menjatuhkan pohon besar untuk menyambungkan ujung bukit yang sedang kita tapaki menuju ujung  bukit satunya, sehingga kita bisa terus melanjutkan perjalanan kita. 

Kolaborasi membantu bisnis kita untuk tetap berjalan, sehingga diri kita kembali lagi bersemangat dan optimis akan meraih kesuksesan. Sukses berjamaah itu lebih menyenangkan dibanding sukses sendirian. Sebab, bahagia berjamaah itu efek pahalanya lebih besar dibanding bahagia sendiri.


Jadi, mulai yuk gengs pikirkan bagaimana cara mengembangkan bisnis teman-teman saat ini yang sedang turun, agar tidak terus meluncur turun. Segera coba lakukan susun rencana untuk melakukan kolaborasi. Menemukan partner bisnis untuk kolaborasi memang tidak mudah, karena perlu menyatukan dua visi misi yang berbeda menjadi satu visi dan misi. Sebab bisnis yang akan dijalankan tentunya ingin bertahan lama dan berkelanjutan seterusnya.

Selamat berkolaborasi dan sukses untuk bisnisnya.



Woman Creative Partner








10 comments

  1. Halo mba. Satu sisi kita juga harus menembukan rekan colabbs yang tepat ya mba. Dan juga satu visi dan misi. Makasih mba

    ReplyDelete
  2. Baca tulisan mba, jadi lebih semangat ngurusin usaha ya g mulai naik turun dan ga karuan. Setuju banget kolaborasi memang sangat pebting, terlebih dalam kondisi saat knk. Semoga pandemi ini segera berakhir.

    ReplyDelete
  3. Great idea! Bisa menjadi peluang di tengah Pandemi ya Mba, catatannya memang saat memutuskan untuk berpartner dengan siapa, kalau rekan kolaborasinya asik, usahanya pasti cepat melesat.

    ReplyDelete
  4. Betul sekali. Berkolaborasi sangat penting terutama bagi startup dan umkm, ya

    ReplyDelete
  5. Itu dia mba, menemukan partner kolaborasi juga bukan hal yang mudah. Tapi bener banget deh ini, jika sendiran terasa berat, dengan berkolaborasi maka kesempatan makin terbuka lebar. Pemikiran lebih dari satu orang tentunya akan lebih bagus.

    ReplyDelete
  6. Saya rasa emang yang namanya bisnis kalau mau sukses cepet kudu mau kolaborasi ya MBak cilya. Contoh kecilnya aja, ada pedagang sate jualan sendirian di jalan A, tiba2 ada lagi yang ikutan jualan bakso di sana jg. Eh ternyata biasanya pelanggan gak berkurang malah lbh rame, kyk gtu itu kyknya krn pelanggan paham oh di sana bisa makan ada pilihannya, jd pd tertarik #imho hehe
    Jd kyknya kolaborasi jg bikin ide2nya gak monoton dan bisa berkembang

    ReplyDelete
  7. setuju banget sama poin poinnya mba. kita bisa saling ngasih energi positif juga sesama partner bisnis. cuma hal yang perlu dipikirkan itu dengan siapa kita berkolaborasi, harus cari partner yang cocok ya mba

    ReplyDelete
  8. Sudah saatnya kita berkolaborasi yaa...bukan bersaing.
    Karena ide-ide segar dari banyak kepala ini membutuhkan realisasi dengan kerjasama tim yang solid.

    ReplyDelete
  9. Kolaborasi beberapa tahun belaakangan ini memang jadi yang in banget, untuk kerjasama yang bertujuan yang menguntungkan. Saya juga sedang belajar nih mba untuk mengembangkan usaha dengan kolaborasi bareng

    ReplyDelete
  10. Semangaaat ya mbaaa dan memang kita harus berani kolaborasi dengan pihak lain ya

    ReplyDelete