Ini Dia Alasan Aku Jualan Di Blibli!

4 komentar
Ini Dia Alasan Aku Jualan Di Blibli!

 Assalamualaykum,

Di artikel aku kali ini, aku mau sharing-sharing nih pengalaman berjualan di Blibli. Aku punya toko online di Blibli namanya AHP (Azzahra Honey Premium). Kenapa aku memilih Blibli? Karena menurut aku, Blibli amat sangat mudah dioperasikan fiturnya, terutama bagi kita-kita pebisnis pemula.  

Blibli adalah salah satu pelopor marketplace di Indonesia lho. Lalu Blibli Seller adalah sebutan untuk para penjual di Blibli seperti aku ini salah satunya. Untuk teman-teman yang memiliki bisnis dan mau merambah ke e-commerce, Pilihlah yang mudah ditemukan, dioperasikan, memiliki pelayanan yang terbaik dan Blibli ini salah satunya.

Kenapa Harus Jualan Di Blibli?

Bisnis online semakin bertumbuh di era digital ini. Memang digital sangat membantu para UMKM yang baru mulai membuka usaha online atau jualan online. Salah satu media pemasaran dan jualan adalah melalui marketplace.

Memang di awal-awal, untuk memulai merambah marketplace, menggunakannya masih canggung, tapi hal itu tidak lama kok. Apalagi ketika bergabung menjadi keluarga Blibli Seller, kita dikasih panduannya yang lengkap untuk berjualan, memanfaatkan fitur di Blibli, dan lain-lain.

Aku buat toko di Blibli juga belum lama sih, kurang lebih baru satu tahun. Penjualannya juga Alhamdulillah dan aku juga pernah mencoba ikutan program promo yang dilakukan oleh Blibli untuk meningkatkan penjualan AHP Aku. 

Di masa pandemi kemarin contohnya, aku terbantu sekali dengan program promo yang dari Blibli. Apalagi nih, di Blibli sendiri, kami para Seller di support sekali dan diberikan kemudahan. Sehingga jadi makin mahir deh jualan di Blibli-nya.

Makanya aku terus pantau informasi terupdate dari Blibli, sebab sayang banget kalau sampai terlewat program-program promo yang ditawarkan oleh Blibli untuk kami para Blibli Seller. Tapi nih jika kita terlewat pun, juga tidak perlu sedih, karena Blibli punya banyak program-program keren lainnya untuk kita para Blibli Seller.

Nah, berikut ini adalah alasan kenapa aku memutuskan untuk jualan di Blibli selain aku sebagai Blibli Seller mendapatkan panduan yang lengkap ketika buka toko di Blibli.

  1. Gratis. Buka toko di Blibli jelas tidak bayar, setelah teman-teman download dan mengikuti panduan cara daftar jualan di Blibli, silahkan teman-teman isi kelengkapan dokumen yang diminta, dimana dokumen ini untuk memudahkan kita berjualan di Blibli. Misal teman-teman pernah dapat berita kalau buka toko di Blibli itu bayar, maka itu tidak benar dan hoax ya.
  2. Fasilitas Foto Produk. Blibli juga membantu para sellernya dengan menyediakan fasilitas foto produk lho dan sekali lagi GRATIS alias tidak berbayar. Aku pribadi sangat terbantu dengan fasilitas foto produk ini. Maklum, belum bisa meng-hired fotografer produk.
  3. Fasilitas Training dan E-Learning. Awal coba jualan di Blibli, aku masih bingung bagaimana cara menjual produk dan branding produk aku di Blibli sebagai Blibli Seller. Alhamdulillahnya aku bisa dapat caranya, karena ada training dan e-learning bagi para seller pemula seperti aku.
  4. Beragam Pengiriman Barang. Pembeli aku sangat senang belanja produk AHP di Blibli karena mereka bisa memilih mau pakai jasa pengiriman atau ekspedisi apa. Dimana ekspedisi tersebut sesuai dengan yang ada di kota mereka. Jujur hal ini juga membentu banget penjualan produk aku di Blibli ini. Untuk info tambahan juga mengenai ekspedisi untuk pengiriman Cashless, kita menggunakan JNE dan Si Cepat (jadi teman-teman antar produk yang dipesan customer ke kedua ekspedisi ini). Untuk Pickupnya, nanti secara otomatis dari Blibli yang akan memprosesnya dan menentukan ekspedisi mana yang akan pickup atau ambil ke tempat kita.
  5. Fasilitas Seller Care. So far sih aku belum mengalami kendala dalam hal proses transaksi dan lain-lain yang dialami oleh pembeli aku. Tapi jika ada pun, aku tidak khawatir. Sebab Blibli ada layanan Seller Care setiap hari. Sangat helpfull banget deh pokoknya. 
  6. Sering Ada Bonus. Salah satunya seperti bonus bagi Seller yang baru membuka toko di Blibli periodenya hingga April 2022, bisa dapat keuntungan modal promosi lho sampai 5,4 juta. Ini beneran? Iya beneran, makanya ayo deh buka toko online bisnis teman-teman sekarang juga di Blibli.
  7. Aplikasi Bibli Seller. Jika teman-teman sudah buat akun toko onlinenya di Blibli dan terkadang terhambat waktu untuk mengecek toko onlinenya via website, teman-teman bisa download aplikasi Blibli Seller dari Playstore juga App Store. Jadi tambah memudahkan kita lagi nih dalam menghandle toko online Blibli kita. Kita pun juga jadi bisa fast respon ketika ada calon customer yang chat tanya barang dan lain-lain.

Ketujuh alasan inilah yang akhirnya membuat aku menjadi mantab berjualan di Blibli. Makanya seperti yang aku bilang, kalau aku tuh senang banget jualan di Blibli dan menjadi Blibli Seller. 

Langkah Mudah Jualan Online Di Blibli Seller

Ada beberapa teman aku di salah satu komunitas sesama online shop yang bertanya ke aku, "Apakah proses membuka toko online itu ribet? Dan ketika memulai jualan di Blibli apakah ada panduannya?". Jawaban aku : "Tentu tidak ribet dong, hanya 3 langkah saja kok". Nah penasaran kan apa saja langkahnya? Ini ya aku share langkah mudah jualan online di Blibli.

 3 langkah jualan di Blibli

1. Buka dan Melengkapi Informasi Toko Online Blibli

Tentu jika mau jualan Blibli, kamu harus punya akun Blibli dulu dong. Buka tokonya melalui link https://blib.li/BL01 dan untuk prosesnya ada 3 langkah. Dimana langkah pertama ini perlu diselesaikan terlebih dahulu. Sebab jika tidak dilengkapi maka kita tidak bisa lanjut ke tahap berikutnya. 

Jadi di langkah yang pertama ini, aku isi lokasi alamat toko aku. Hal ini untuk memudahkan Blibli mengetahui area pengiriman produk kita ke pembeli, termasuk menghitung ongkos kirim.

2. Melengkapi Dokumen Untuk Legal dan Pembayaran.

Untuk bagian kedua ini, kita diminta untuk masukkan nomor rekening, nama bank dan nama penerima. Karena aku daftarnya sebagai UMKM, maka waktu isi bagian ini, aku isinya nomor rekening PT dari bisnis aku.

Di bagian langkah kedua ini juga diminta upload KTP, NPWP (namun NPWP tidak wajib kok) dan legalitas dari bisnis kita. Salah satunya Sertifikat BPOM (jika produk teman-teman adalah produk yang butuh izin BPOM, maka baru dimasukkan sertifikat BPOMnya ketika mengisi dokumen). Kalau sudah lengkap, maka kita akan lanjut ke step berikutnya. Kalau usaha perorangan hanya butuh KTP dan NPWP (tidak wajib).

3. Upload Produk

Langkah ketiga ini adalah langkah terakhir dari proses pembuatan toko online kita yaitu meng-upload foto produk yang akan kita jual. Upload foto baru bisa dilakukan setelah toko selesai direview.

Contohnya produk AHP (Azzahra Honey Premium) aku, karena produk aku adalah jenis healthy honey untuk kategorinya herbal, maka aku perlu isi juga POM TRnya serta expired datenya. Oia, kita juga bisa upload dari aplikasi via handphone lho. 

Cara Raup Cuan Saat Lebaran Bersama Blibli

Sebentar lagi kan mau Ramadhan dan mau Lebaran juga ya, tentu kita mau dapat THR dari bisnis kita sendiri dong. Nah, aku sudah mulai nih buat strategi agar bisa raup untung saat lebaran bersama Blibli. Jadi setiap promo yang dilakukan oleh Blibli aku pasti akan coba.

Biasanya akan ada promo Brand Deals up to 85%, Cash Back dan Flash Sale. Salah satunya adalah 4.4 Early Ramadhan Sale (Yang berlaku dari tanggal 4-8 April 2022). Aku pastinya akan ikut program yang Early Ramadhan ini. Doakan ya teman-teman, produk AHP aku laris manis 😇.

Nah, inilah sharing pengalaman aku dalam hal jualan online dengan buka toko online di Blibli. Kalau teman-teman mau lihat toko online aku dan mau belanja sekalian (pasti kan di Ramadhan tetap perlu jaga stamina dan supaya puasanya kua,t tentu perlu madu dong), cuss deh mampir-mampir ke AHP Azzahra Honey Official aku ya di Blibli.

Kalau mau sukses jualan online seperti aku, yuk coba deh mulai jualan di Blibli. Informasi detail mengenai program Blibli, teman-teman bisa lihat-lihat di Instagramnya @blibliseller dan Tiktoknya @blibliseller. Di Instagramnya selain menginformasikan mengenai program juga ada update promo yang sedang berlangsung.

Selamat mencoba dan sukses untuk bisnisnya ya teman-teman.


 




4 komentar

  1. Boleh nih dicoba mba Cil. Seneng banget dapet info ini, aku juga bisa share info ini ke temen2 ku. Makasih mba Cil

    BalasHapus
  2. Aku pernah datang ke pameran UMKM gitu, di sana ada talkshow yang menghadirkan pihak Blibli. Mereka memang concern terhadap edukasi UMKM untuk cara jualan di Marketplace. Jadi seller makin pintar deh jualannya.

    BalasHapus
  3. Wah, menarik ini Mba. Salut sama e-commerce yang fokus pada UMKM!

    BalasHapus
  4. Mau dong, biar bisa jualan, laris manis. Blibli memang mantab. Ga di ragukan lg deh.

    BalasHapus