Manfaat Internet Dalam Pemasaran Digital Marketing 4.0

1 komentar

Manfaat Internet Dalam Pemasaran Digital Marketing 4.0

Assalamu'alaikum,

#SharingBisnisCilya lagi yuk... Kali ini aku mau bahas seputar Marketing 4.0 dalam bisnis. Sebagai seorang pebisnis tentu perlu tahu dan perlu update dunia marketing serta pemasaran digital. Apalagi nih perkembangan digital sudah berkembang pesat. Semua sudah serba online dan hampir rata-rata bisnis dijalankan online dan tentu ada manfaat internet di dalam roda perjalanan bisnis berbasis online digital.

Jangankan bisnis skala besar, yang skala UKM saja seperti penjual nasi uduk saat ini sudah memanfaatkan digital online sebagai salah satu alat berjualannya. Kalau tidak melek digital, sudah pasti akan tertinggal jauh dengan bisnis serupa. Lalu adakah hubungannya dengan Marketing 4.0? Nah, aku sedikit sharing-sharing ya ilmu yang aku dapat di post kali ini.

Fase Marketing 1.0 Sampai Dengan 4.0

Sekarang kita flashback dulu ilmu marketing dari metode 1.0 sampai 3.0 yuk. Di marketing 1.0, saat itu adalah lebih kepada fokus penjualan produk sebanyak-banyaknya, tanpa memperhatikan apa sih yang konsumen butuhkan.

Lalu lanjut ke marketing 2.0, dimana sudah mulai fokus mengambil hati konsumen dengan mencari tahu kebutuhan konsumen, tetapi masih menganggap konsumen sebagai objek pasif. Naik ke step berikutnya yaitu marketing 3.0 yang sudah mulai fokus kepada memasarkan produk, value serta visi dan misi. 

Dengan perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, maka dari itu terbentuk lah marketing 4.0 yang sudah lebih memperhatikan konsumen disatukan dengan teknologi yang up to date atau yang sudah maju dan canggih.

Apa Itu Marketing 4.0? 

Saat ini perkembangan dunia marketing sudah masuk ke step fase selanjutnya yang dinamakan Marketing 4.0, yaitu sebuah konsep marketing yang menggabungkan para pengusaha dan pelanggannya dalam interaksi secara online dan offline.

Tentunya tidak hanya online dan offline saja, tapi kita nih para pebisnis perlu juga memiliki strategi digital marketing yang keren dengan memadukan antara style dan sustace. Agar konten yang diciptakan oleh sebuah brand dapat relevan, update dan menarik bagi customer. Di era marketing 4.0 ini adalah era dimana customer kita adalah sebagai penentu riwayat bisnis kita. 

Komunikasi dengan konsumen ketika akan menerapkan marketing 4.0 dalam menjalankan bisnis online adalah dengan memanfaatkan sosial media. Sehebat apapun brand dalam promosi offlinenya, ketika tidak memiliki sosial media maka siap-siap akan tertinggal oleh kompetitor dan bisa jadi akan ditinggal oleh konsumen.

Sebab melalui sosial media, konsumen kita akan dengan mudah mendapatkan informasi terupdate produk terbaru brand kita. Tidak hanya itu, konsumen kita akan merasa mendapatkan kemudahan ketika mereka mau order, bertanya seputar produk, mengecek pengiriman, memberikan testimoni bahkan sampai memberikan komplain atau masukan.

Jika customer kita mendapatkan kemudahan-kemudahan di atas, bisa dipastikan mereka akan bahagia dan memiliki kepuasan tersendiri. Perlu di ingat lagi pada marketing 4.0, semakin customer kita puas, maka dengan senang hati mereka akan menginfluence teman-teman online di sosial media mereka untuk membeli serta memakai produk kita. 

Begitu juga sebaliknya, jika mereka tidak terpuaskan, maka siap-siap brand atau produk kita akan di hakimi oleh mereka di sosial media.

Agar komunikasi melalui sosial media berjalan lancar, tentunya memerlukan provider internet yang mensupport. Salah satu provider internet di Indonesia yang terkenal sebagai provider internet tecepat di Indonesia adalah IndiHome.

Manfaat Internet Dalam Pemasaran Digital Marketing 4.0

Siapa disini yang provider internet di rumahnya pakai IndiHome? (Ngacung juga aku nih...😀). Artinya internet di rumah kita kencang dong ya, bisa untuk nonton sampai scrol-scrol sosial media. IndiHome atau Indonesia Digital Home merupakan salah satu produk dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang memiliki beberapa layanan, seperti telepon rumah, internet dan TV Cable.

Bagi teman-teman UKM yang bisnisnya belum merambah online dan bingung mau pakai provider internet apa yang dapat mensupport bisnis teman-teman, sok silahkan coba IndiHome. Memangnya penting banget ya internet di dalam pemasaran digital marketing terutama dalam menjalankan sistem marketing 4.0? Berikut ini manfaatnya:

  • Internet dapat menjangkau audiens yang lebih luas lagi (tidak hanya lokal tapi juga internasional).
  • Internet dapat menarik lebih banyak para calon customer yang potensial.
  • Internet dapat menciptakan sebuah komunikasi yang interaktif serta global
  • Internet dapat memberikan banyak informasi dan pelayanan kepada customer
  • Internet dapat meningkatkan kerjasama atau kolaborasi dengan mitra baru
  • Internet dapat membantu branding bisnis kita

Jadi yuk mulai melek digital ketika menjalankan bisnis kita. Sekarang sudah masuk era marketing 4.0, karena itu jangan ada lagi kata 'Tapi" ketika menjalankan bisnis. Jika bisnis kita mau long last, maka jangan malas mengupgrade diri apalagi memilih provider internet yang terbaik untuk menunjang bisnis kita. Internet Indonesia? Ya IndiHome jawabannya. Sukses untuk teman-teman semua dan yuk mulai belajar marketing 4.0.

 








1 komentar

  1. dimasa internet sekarang ini jangkauan bisnis dapat lebih luas dan bisa berkembang jauh lebih baik

    BalasHapus