5 Cara Melatih dan Meningkatkan Skill Komunikasi Dalam Bisnis

4 komentar

 

5 Cara Meningkatkan Skill Komunikasi Dalam Bisnis

Assalamualaykum,

Selamat pagi, sharing bisnis cilya lagi yuk. Sudah lama ya ngga nulis mengenai sharing bisnis. Kali ini aku mau sharing mengenai Cara Meningkatkan Skill Komunikasi Dalam Bisnis. Bagi yang introvert ataupun ekstrovert, tetap perlu sama-sama belajar bagaimana cara meningkatkan skill komunikasi kita dalam dunia bisnis, yang tentu pastinya akan bertemu dengan banyak orang.

Orang yang cerewet belum tentu memiliki skill komunikasi yang baik, bisa jadi terlalu banyak bicara akan memberikan dampak yang tidak baik juga. Jadi tetap perlu belajar mengontrol porsi bicara kita dan bagaimana cara penyampaian yang baik. 

Cara Melatih dan Meningkatkan Skill Komunikasi

1. Belajar menjadi pendengar yang baik

Sedikit berbicara dan banyak mendengarkan. Ketika bertemu dengan calon customer atau klien yang akan kita ajak kerjasama, sebaiknya kita lebih banyak mendengar dahulu di awal. Hal ini untuk dapat mengetahui apa sih kebutuhan calon customer kita dan apa sih penawaran yang akan diberikan oleh calon partner mitra kita nantinya.

Dari mendengarkan juga kita jadi bisa mengetahui karakter seseorang dan dari sinilah kita bisa masuk untuk memberikan solusi kepada mereka atau memberikan penawaran kerjasama yang terbaik untuk mereka. Dengan begini juga akan membuat kamu lebih menghargai mereka.

2. Belajar Untuk Bisa Mengelola Emosi

Ketika mood atau emosi sedang tidak baik, atau nih kita sedang ada masalah di rumah, sebaiknya di tinggal dulu masalah dan fokus hadapi yang ada di depan kita dahulu. Selanjutnya coba untuk menarik napas dan menenangkan diri dna berdoa. Hal ini bisa membantu mengelola emosi diri.

3. Belajar Menggunakan Bahasa Tubuh

Body language pun juga perlu kita pelajari, sebab body language adalah komunikasi non verbal yang merupakan salah satu cara untuk melatih skill komunikasi kita. Kita jadi paham apakah calon customer kita ini paham akan oenjelasan kita atau setuju dengan penawaran yang kita berikan.

4. Perhatikan Lawan Bicara

Ketika sedang berbicara, coba letakkan dahulu alat komunikasi yang ada, kalau perlu di matikan atau di silent. Hal ini gunanya agar kita fokus pada lawan bicara kita. Dengan begini mereka merasa diperhatikan dan mereka pun akan menghargai attitude kita.

5. Belajar Berempati

Belajar berempati artinya diri kita belajar untuk memahami serta belajar merasakan apa yang sedang dirasakan oleh orang lain. Dengan memiliki kemampuan berempati, artinya kita sudah mampu membangun sebuah hubungan yang baik dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

Kira-kira skill komunikasi apalagi ya yang bisa kita pelajari untuk meningkatkan skill komunikasi kita? Yuk sharing di kolom komentar 🥰🙏 dan semoga sharing aku ini bermanfaat ya.





4 komentar

  1. Mbak Cilya mah top udah skill komunikasinya

    BalasHapus
  2. saya suka gaya penulisannya komunikatif,bikin betah pembaca

    8 Manfaat Greensmothies untuk tubuh anda

    BalasHapus
  3. "Unlock the secrets to effective communication in the business world with '5 Ways to Train and Improve Communication Skills.'||Domestic Violence Charges New Jersey||divorce in new york state cost This insightful guide provides actionable strategies, empowering professionals to navigate and excel in the intricate landscape of corporate communication."

    BalasHapus