Menulis Diary, Baik Untuk Kesehatan Mental

Tidak ada komentar

 

Menulis Diary, Baik Untuk Kesehatan Mental

Assalamualaykum,

Blog pribadi tuh ibarat diary yang dapat ditulis secara online. Kita bisa share pengalaman, review sebuah produk atau bahkan bisa curhat. Tapi memang kalau nulis blog itu sebisa mungkin yang berfaedah. Kalo mau curhat ya, curhat yang baik-baik. Karena jejak digital itu suka susah hilangnya.

Dulu waktu SD dan SMP aku punya buku diary dan tulisannya random dan alay bahasa anak sekarang. Sudah dibuang dan sudah hancur juga itu buku diary kayanya. Sekarang sudah ngga punya diary-diary-an, adanya blog dan ngga pernah juga curcol masalah pribadi yang gimana-gimana di blog.

Nulis blog juga bagi aku adalah salah satu self healing sih yang bisa bantu aku menghilangkan stress. Bahkan blog bisa mendatangkan cuan juga ahaha.

Menulis Diary, Baik Untuk Kesehatan Mental

Salah satu yang bisa membuat mental kita ngga sehat adalah stres, over loudnya kerjaan, tidak ada tempat curhat, masalah ekonomi, dan masih banyak hal lainnya. Nah, biasanya nih, diary atau journal itu adalah tempat menampung segala keluh kesah kita. Lalu sebenarnya apa sih manfaatnya? Kok sampai bisa dibilang baik untuk kesehatan mental.

Menyimpan Kenangan di Masa Lalu

Jangan hidup di masa lalu, kita harus move on dan jangan melihat kebelakang. Sebenarnya melihat kebelakang sih ngga apa-apa juga, asal sesekali saja. Nah buku diary itu menyimpan banyak kenangan kita di masa lalu. Ketika kita bacanya sambil senyum-senyum, artinya kita sudah terbebas dari beban masa lalu.

Membuat Perasaan Lebih Lega 

Daripada ngomel-ngomel yang akan menguras energi kita, lebih baik tuangkan emosi kita dengan menulis diary. Biasanya habis nulis di diary, perasaan kita jadi lega dan ngga jadi deh marah-marah.

Self Healing

Dengan rutin menulis (walau tidak bisa setiap hari), bisa menjadi salah satu proses dari penyembuhan diri atau self healing ketika kita sedang ada masalah. Menulis diary adalah self healing yang paling sederhana juga tidak ada biaya.

Meningkatkan Kualitas Hidup

Sadar atau tidak, menulis diary bisa membuat diri kita jadi lebih berkualitas, diri jadi lebih tenang, teratur dan juga bersyukur. Kalau sudah seperti ini artinya kualitas diri kita sudah meningkat.

Mengenal Diri Sendiri

Kalau kamu bingung akan diri kamu sendiri, apa yang mau kamu tuju, apa yang mau kamu lakukan, coba deh tulis di buku diary kamu. Apa saja keinginan kamu, impian kamu dan kamu mau jadi apa...tulis saja ngga perlu di kasih jeda. Nanti setelah selesai nulis, coba baca ulang dan coba mulai lagi di sortir apa yang benar-benar kamu ingin wujudkan. Insha Allah itu adalah cara terbaik kamu mengenal diri kamu sendiri. Aku sudah melakukannya....





Tidak ada komentar