Pentingnya Memahami Dunia Politik

Tidak ada komentar

 

Pentingnya Memahami Dunia Politik


Assalamualaykum,

Tahun ini adalah tahunnya kita memilih Presiden RI untuk periode terbaru. Setiap 5 tahun sekali kita mendapatkan hak pilih siapakah kira-kira calon pemimpin bangsa ini, mulai dari Presiden sampai jajaran kabinetnya. Aku pribadi bukan pemaham golput, sebab bagi aku apapun pilihan kita, suara kita, merupakan penentu nasib bangsa kita.

Aku sendiri termasuk orang yang ngga suka dengan politik, karena pusing sih berada di sekitar orang-orang yang berpolitik. Padahal di kehidupan kita sehari-hari pun juga sekeliling kita secara tidak kita sadari ada saja yang berpolitik, dengan versi sederhana dan bukan berpolitik di parlemen. Tapi ya, sebenarnya perlu tidak sih kita memahami dunia politik? 

Pentingnya Memahami Dunia Politik

Jujur aku nonton debat saja tuh awal-awalnya doang sih, pas bagian mereka (Capres dan Cawapres) memberikan visi dan misi. Kalau sudah bagian debat, sudah deh kadang suka males saja. Mungkin karena aku orang yang malas berdebat ya.

Tapi sebagai ibu yang juga punya bisnis, aku merasa kita tuh perlu juga lho paham mengenai politik. Ngga harus sampai khatam sih, tapi paling tidak tahu lah berita-berita seputar politik beserta istilah-istilah di dalam dunia politik.

Seperti yang tadi aku sudah tulis di atas, bahwa sebenarnya di lingkungan sekitar kita juga banyak yang berpolitik, karena politik itu juga merupakan bagian penting dari kehidupan kita sebagai manusia. Politik itu menentukan bagaimana sumber daya didistribusikan dan masyarakat diatur.

Alasan Mengapa Perlu Memahami Dunia Politik

Perlu atau tidaknya memahami politik, kembali lagi ke masing-masing individu sih ya menurut aku. Tidak ada kewajiban juga kita sebagai masyarakat paham dunia politik. Yang penting kita ini perlu taat akan hukum dan undang-undang yang berlaku. 

Kalau ada yang bilang, ah percuma undang-undang dibuat, tetap saja ada aparat yang tidak berlaku adil, atau beberapa masyarakat yang tidak mematuhi undang-undang. Ya sudah lah biar saja mereka begitu, asal jangan kita. Tetap beradab dan beretika.

Lalu apa alasan kita perlu memahami dunia politik?

Untuk melindungi hak-hak kita. Ketika undang-undang dibuat oleh pemerintah, tugas kita dalah selalin mematuhi peraturan undang-undang yang ada dan kita bisa melindungi hak-hak kita. Makanya perlu paham politik agar tidak mudah di bodohi.

Untuk berpartisipasi dalam masyarakat. Ketika kita ingin aktif di setiap kegiatan di lingkungan kita, kita perlu memiliki pengetahuan yang luas. Politik sendiri memiliki pengaruh yang luas ke segala aspek, yaitu pendidikan, kesehatan, bisnis, sumber daya, pariwisata, lingkungan dan ekonomi. Oleh karena itulah perluas ilmu kita juga di segala aspek. Makanya perlu paham politik juga.

Untuk dapat memiilih pemimpin bangsa yang tepat. Kita perlu paham apa saja prestasi, history dari latar belakang personal calon pemimpin negara. Kalau sampai salah, tentu negara kita jadi tidak aman dan sudah pasti akan berdampak ke dalam kehidupan kita. Jadi pilih lah pemimpin bangsa yang tepat dengan memahami politik dengan baik.

Bagaimana Cara Memahami Dunia Politik?

  • Mulai ikut atau berpartisipasi dalam kegiatan politik. Seperti kampanye, demonstrasi mungkin kalau mau.
  • Baca artikel berita mengenai seputar artikel politik
  • Mengikuti setiap ada diskusi politik, bagi di forum online maupun offline. Sebab tidak hanya pengetahuan saja tapi juga dapat pembendaharaan kalimat.

Jadi guys, dengan kita memahami politik, Insha Allah kita bisa menjadi warga negara yang lebih baik dan membuat negara serta dunia kita menjadi tempat yang terbaik..



Tidak ada komentar