Ini Lho Cara Mengatasi Prokrastinasi

1 komentar

 

Ini Lho Cara Mengatasi Prokrastinasi


Assalamualaykum,

Pernah ngga sih teman-teman merasakan yang namanya Prokrastinasi? Aku tuh pernah suka begini, yang biasanya timbul pas lagi padatnya pekerjaan. Duh sebenarnya sih ngga boleh ya dan aku juga ngga sering-sering banget kaya begini. 

Menunda-nunda pekerjaan malah bikin kita jadi stress lho sebenarnya. Pekerjaan jadi tambah menumpuk dan pas mau kita kerjakan, hasilnya nanti jadi tidak maksimal karena mau buru-buru selesai. 

Cara Mengatasi Prokrastinasi: Melawan Godaan Kesenangan Demi Prioritas.

Siapa sih yang ngga mau santai, baik itu di weekday maupun weekend. Godaan santai atau melakukan hal yang menyenangkan daripada menyelesaikan tugas penting pasti suka ada. Tapi bagaimana mungkin ya kan santai terus tanpa kerja. Apalagi duit kita masih belum banyak ya kan? Banyak pun juga tetap kita perlu kerja.

Menunda suatu pekerjaan bukanlah solusi, malah mungkin (bukan mungkin lagi sih ya), kebiasaan ini akan menjadi kebiasaan dan dampak negatif, seperti stress, rasa bersalah dan kecemasan.

Aku mau share nih tips untuk mengatasi Prokrastinasi.

  1. Buatlah Daftar Prioritas. Bisa di buku jurnal atau agenda yang biasa kita pakai. Susun terlebih dahulu mana yang paling penting sampai yang paling mudah di kerjakan. Kalau sudah di susun seperti ini akan membuat kita jadi bisa menyelesaikan hal yang mendesak terlbih dahulu dan kita pun tidak kewalahan dalam mengerjakan.
  2. Kenali Diri dan Pemicunya. Seperti yang aku alami, ketika aku menunda suatu pekerjaan, aku sudah tahu kenapa aku bisa begini, karena pekerjaan aku lagi padat banget yang bikin aku lelah dan bosan. Nah hal ini perlu di cari solusinya dan setelah ketemu solusinya baru langsung gas keun lagi kerja dan menyelesaikan hal-hal segera agar tidak lagi menunda-nunda.
  3. Atur Waktu dan Jadwal. Ketika kita sudah menulis daftar prioritas pekerjaan, selanjutnya kita perlu mengatur waktu untuk mengerjakannya. Atur jadwal yang realistis dan sesuai dengan keadaan dan kondisi diri kita. Jangan sampai kita tidak ada jam istirahat juga ya.
  4. Cari Solusi Pekerjaan Besar Menjadi Kecil. Kalau tugas besar bikin kita jadi males mengerjakan, maka cari solusinya bagaimana agar tidak bikin malas. Bisa juga dengan cara mencicil dan di ataur waktu pengerjaannya.
  5. Hilangkan Gangguan dan Bersabar. Cara terakhir ketika akan mengerjakan pekerjaan adalah hindari hal-hal yang mengganggu, misalnya matikan notifikasi handphone, jangan dengerin radio, close dulu sosial media agar tidak scroll - scroll hehe. Kalau sudah kerjakan dengan sabar, jangan terburu-buru. Jangan berharap sim salabim pekerjaan kita akan selesai tepat waktu.

Memang mengatasi prokrastinasi bukanlah hal yang mudah, tapi mengatasinya bukan berarti tidak mungkin. Buat strategi yang tepat, lakukan dengan konsisten juga komitmen, Insha Allah bisa teratasi dengan baik. 

Tenang, teman-teman ngga sendiri kok, di luar sana juga banyak yang sedang berusaha juga untuk melawan yang namanya prokrastinasi.... Semangat



1 komentar

  1. huaaa aku tu orang yang sangat kagum pada Cilya dengan kedisiplinan - tekun dan memiliki manajemen waktu yang luar biasa!

    Congrats ya Cilya, and thanks for sharing

    BalasHapus