Pentingnya Etika Bisnis Dalam Era Modern Digital

Tidak ada komentar

 

Membongkar Rahasia Menuju Diri yang Lebih Baik:


Assalamualaykum,

Di tengah jadwal aku yang lumayan banyak agenda, mulai dari urus bisnis dan juga keluarga, aku tetap mengusahakan untuk tetap belajar menimba ilmu. Baik itu ikut seminar, pelatihan, webinar atau kajian-kajian. Bagi aku ketika menimba ilmu baru, aku jadi bisa meng-upgrade skill diri dan juga tentunya menambah wawasan juga networking.

Kemarin aku ikut webinar Personal Development atau Pengembangan Kepribadian mengenai "Pentingnya Etika Bisnis", bersanna komunitas Indonesian Social Bloggerpreneur (ISB) dengan Bapak Rudi Hilman (Direktur Program Development Duta Bangsa) dan aku mau share ke teman-teman semua, siapa tahu berharga ya sharing ilmunya.

Etika atau Etiket?

Sebelum aku share, mungkin ada teman-teman yang belum tahu Duta Bangsa Indonesia, ini aku infokan dulu ya, Duta Bangsa Indonesia itu adalah lembaga pendidikan non formal. Dimana kelas yang diadakan oleh Duta Bangsa Indonesia seperti, Business Ethique, Leadership Excellent, Public Speaking, Public Relation dan masih banyak lagi. Kalau mau detailnya bisa banget kunjungi ke website ya Duta Bangsa Indonesia

Di era modern yang serba digital ini, tentu kadang interaksi langsung dengan sesama manusia sudah tidak terlalu intens dibanding dulu kali ya zaman masih internetan masih di warnet hehe. Di era digital ini, komunikasi sering dilakukan via online atau chat.


Membongkar Rahasia Menuju Diri yang Lebih Baik:

Tapi apapun itu tetap etika dan adab berkomunikasi, berinteraksi dan bersikap perlu di jaga. Apalagi ketika kita memiliki bisnis yang penuh dengan persaingan dan kompleksitas. Etika bisnis masih sangat penting bagi kelangsungan dan kesuksesan suatu brand atau perusahaan.

Etika bisnis tidak hanya tentang norma dan nilai moral, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan bisnis yang kondusif dan berkelanjutan. Menurut study dari Harvard yang di tulis oleh Forbes, Sukses itu dasarnya adalah 85% social skills dan 15% technical skills.

Kata Pak Rudi, kalau dalam hal karir atau bisnis kita belum menaiki tangga kesuksesan dengan cepat, maka kita perlu melihat berapa perubahan yang sudah kita lakukan dalam hal etika bisnis.

Perbedaan Etika atau Etiket bagaikan dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Tentunya kedua hal ini memiliki peran yang penting dalam membangun branding yang profesional serta hubungan yang harmonis.

Etika. Etika fokus kepada nilai-nilai moral dan prinsip. Sifatnya normatif dan absolut, tidak tergantung pada situasi atau budaya. Contohnya kejujuran, keadilan tanggung jawab, transparansi dan akuntanbilitas.

Etiket. Etiket fokus kepada tata cara ber-perilaku yang sopan dan santun dalam interaksi bisnis. Sifatya fleksibel dan relatif, juga dapat beradaptasi dengan situasi, budaya dan norma sosial. Contohnya mengucapkan salam, menggunakan bahasa yang santun, berpakaian rapi, menghormati perbedaan dan menjaga ketepatan waktu.

Mengapa Etika Bisnis Penting?

  • Menurut aku ini beberapa alasannya:
  • Membangun Reputasi dan Kepercayaan
  • Meningkatkan Keuntungan dan Profitabilitas
  • Menciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif
  • Mendorong Persaingan yang Sehat

Ketika melakukan sebuah percakapan bisnis, kita pun perlu menjaga etika dan etiket. Kita tidak boleh mendominasi pembicaraan, apalagi selalu membanggakan diri sendiri dengan bercerita tentang saya, saya dan saya, terakhir tidak boleh agresif bahkan mengintimidasi.

Sebaliknya, hal yang perlu kita lakukan peka terhadap apa yang akan dibicarakan dan dikatakan orang lain, Keep it short and simple atau kata lainnya jangan bertele-tele dalam menyampaikan segala sesuatunya, saling win-win solution dengan menjaga keseimbangan antara result dan relationship.

Tips Meningkatkan Etika Bisnis

Agar etika bisnis di perusahaan kita berjalan dengan baik, maka sebaiknya lakukan tips berikut ini:

  • Sosialisasikan kode etik bisnis kepada karyawan secara berkala
  • Buatlah kode etik yang jelas dan terukur dengan memberikan pelatihan etika bisnis kepada tim atau karyawan secara berkala
  • Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap penerapan etika bisnis
  • Selalu ciptakan budaya menjunjung tinggi etika bisnis di dalam perusahaan bisnis kita.

Kesimpulan

Sebenarnya banyak banget sih ilmu yang di dapat di webinar kemarin itu dan rasanya ingin aku jabarkan lagi di next sharing di blog aku ya. Inti dari pembahasan sharing kemarin menurut aku adalah etika bisnis bukan hanya sebatas teori saja, tetapi juga perlu di praktekkan, di terapkan dan di lakukan dalam keseharian kita, baik itu di dalam perusahaan bisnis kita atau lingkungan kerja.

Dengan menerapkan etika bisnis di dalam bisnis kita, maka perusahaan yang kita bangun tentu dapat terbangun menjadi bisnis yang berkelanjutan serta memberikan banyak manfaat bagi semua pihak yang terlibat di dalam bisnis kita.







Tidak ada komentar