Mimpi dalam Islam: Apakah Kenyataan atau Pertanda?

Tidak ada komentar

 

Mimpi dalam Islam: Apakah Kenyataan atau Pertanda?


Assalamualaykum, 

Semalam ketika tidur, aku mimpi seperti sedang berada di suatu tempat yang familiar dan lokasinya  di kota London. Pas bangun. Aku jadi mikir, apakah ini tanda kalo aku bakalan traveling ke London lagi, atau impianku stay di London terkabul, hehehe....

Teman-teman suka ngga sih tiba-tiba mimpi yang aneh-aneh tapi kok menyenangkan, atau mimpi tentang kelanjutan dari kejadian yang sedang teman-teman alami? Tentunya pernah ya 😁 dan bagi aku, mimpi itu masih menjadi sebuah misteri, apakah ini sebuah pertanda, kenyataan atau apa. Karena aku muslim, jadi aku penasaran apa sih arti mimpi dalam Islam.

Mimpi dalam Islam: Apakah Kenyataan atau Pertanda?

Kalau aku googling, mimpi adalah sebuah fenomena alam yang seringkali bikin bingung kita para manusia. Jujur deh, pasti teman-teman juga penasaran kan apakah mimpi itu sebuah kenyataan atau sebuah pertanda akan kejadian yang akan terjadi berikutnya?

Ternyata dalam Islam, mimpi itu di akui keberadaannya dan juga memiliki makna dari setiap yang kita mimpikan. Dalam Al-Qur'an dan hadist Nabi Muhammad SAW pun juga banyak membahas mengenai mimpi.

Ini lho jenis-jenis mimpi dalam Islam

  1. Mimpi Baik (Ar-Ru'ya). Mimpi yang di yakini datangnya dari Allah SWT. Mimpi yang memiliki makna akan membawa kabar gembira atau memberikan petunjuk bagi kehidupan kita.
  2. Mimpi Buruk (Al-Hulm). Mimpi yang diyakini berasal dari setan dan sudah pasti tujuannya untuk mengganggu serta menakuti-nakuti.
  3. Mimpi Biasa. Mimpi yang tidak memiliki makna apa-apa, yang hanya berupa refleksi dari pikiran dan pengalaman kita sehari-hari.

Arti, Adab serta Pentingnya Mimpi 

Menurut aku,mimpi terkadang juga memiliki arti dan arti mimpi itu tergantung dari masing-masing orang saja nau mengartikan bagaimana. Kalau bagi aku, mimpi itu selain 'kembang' tidur juga memiliki arti. 

Begitu juga dalam menyikap mimpi itu ada adabnya. Apa saja adabnya? Ini adab yang di anjurkan dalam Islam ketika menyikapi mimpi:

  • Membaca doa dan istighfar untuk melindungi diri dari sebuah mimpi buruk
  • Jika mimpi kita baik, maka kita perlu bersyukur kepada Allah SWT
  • Agar kita mendapatkan tafsir yang benar terhadap mimpi kita, maka berceritalah akan mimpi kita kepada orang yang soleh.
  • Jangan pernah menceritakan mimpi buruk kita kepada orang lain, cukup dipendam dalam hati saja

Dalam Islam terdapat makna dan hikmah di dalam setiap mimpi yang hadir dalam kehidupan manusia. Diharapkan kita dapat mengambil manfaat positif dari mimpi. Bagi aku setiap apapun mimpi yang hadir saat aku tidur, selalu aku jadikan sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. 





Tidak ada komentar