Senin, 15 Juli 2019

5 Tips Membangun Branding Yang Bagus Ke Customer

"Personal Branding is about You and Your Brand"

 





Assalamualaykum,


Hello mompreneur semua. Siapa yang punya bisnis tapi bingung mau mempromosikan bisnis nya ke perusahaan-perusahan bagaimana? Atau mau build your personal branding perusahaan mu bagaimana?

Dulu awal mulai bisnis, aku suka sharing bisnis aku ini ke ring satu aku dulu, yaitu ke keluarga baru ke teman-teman. Setelah dapat beberapa testimoni baru deh aku mulai sharing ke tetangga dan ke umum. Ke umum aku biasanya melalu media sosial karena gratis ehehe, kalau pakai jasa iklan waktu itu aku belum ada uang nya. Setelah ada hasilnya sedikit, baru deh aku mulai pasang iklan di beberapa media, baik media sosial, media cetak dan juga media elektronik. Aku juga suka bikin mini seminar di sekitar wilayah jangkauan rumah aku, baru muali merambah ke daerah-daerah di Indonesia.

Setelah testimoni serta hasilnya mulai banyak, aku mulai deh promosikan ke beberapa perusahaan. Awal memang pasti ada rasa khawatir, tapi impianku bisa mengalahkan rasa kekhawatiran ku. Kalau mau bisnis sukses ya harus berani dong ya. Berani ambil resiko, resiko Sukses atau resiko Sukses ehehe..

Ternyata, sukses nya bisnis kita bukan hanya sebatas dari promosi atau marketing yang hebat atau kualitas produk kita saja. Mempertahankan serta menjaga agar bisnis kita terus lancar dan stabil itu tidak lah semudah kita melakukan promosi. Oleh karena itu bangunlah engagement kepada klien kita.

Kali ini, Aku mau sharing pengalaman ala-ala aku nih dalam membangun branding yang bagus ke perusahaan. Siapa tahu bisa membantu para mompreneur semua. 

1. Tentukan Personal Branding Bisnis 

Kita perlu menentukan ciri khas dari brand bisnis kita sendiri seperti apa. Lalu bangun lah Personal Branding tersebut dengan baik. Seperti rajin memberikan tips, sharing dan juga giveaway. Aku selalu bilang ke team aku bahwa, Sharing-Sharing dahulu, Selling-Selling kemudian.


2. Rajin Berbagi Informasi Produk atau Program Terbaru

Jika kita punya program baru atau produk baru, maka kita harus rajin memberikan informasi kepada klien kita. Kalau bisa klien atau customer yang setia dengan produk kita, atau yang sudah percaya berbisnis dengan kita, mereka lah yang pertama kali tahu akan program atau produk brand kita. 
Dengan begini, maka customer atau klien kita akan senang dan merasa bahwa mereka adalah bagian dari bisnis kita.


3. Jangan Terlalu Sering Memberikan Discount




Memberikan discount berlebihan atau memberikan discount yang terlalu sering kepada klien atau customer kita juga tidak aku sarankan. Karena selain bisa dimanfaatkan oleh customer atau klien kita, juga bisa jadi produk dari brand kita seperti tidak memiliki harga positioning yang bagus di masyarakat. Atau bisa juga terlihat kita tidak Percaya Diri sehingga khawatir akan kehilangan customer atau klien kita.


4. Bangun Kepercayaan & Silaturahim
 
Bangun kepercayaan seperti memberikan pesanan sesuai dengan apa yang kita presentasikan, kirimkan produk kita sesuai dengan time schedule yang dibuat. Pokoknya jaga kepercayaan klien kita agar jangan sampai mereka kecewa, sehingga tidak akan merecomendasikan lagi produk kita.
Bangun silaturahim seperti rajin menyapa atau mengundang untuk makan siang bersama, jadi jangan menegur ketika kita butuh saja atau ketika kita sedang ada produk atau program baru saja. 


5. Memberikan Hadiah atau Tanda Terima Kasih


Jangan pelit memberikan tanda terima kasih atau hadiah di hari-hari raya. Atau ketika brand kita mendapatkan penjualan yang tinggi dari pembelian customer atau klien kita. Hal ini menjadi sebuah bentuk perhatian kita kepada customer atau klien kita.




Ini adalah 5 tips dari aku dalam membangun branding yang bagus ke Customer atau ke klien kita. Semoga 5 tips ini bermanfaat ya. Kalau kamu ada tips tambahan lagi silahkan di share di kolom komentar. Sukses terus untuk bisnisnya...and see you on my next blogpost ya 💕💕




💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

18 komentar:

  1. Memberikan hadiah atau tanda terima kasih, itu bagian paling krusial sih buatku, karena aku ngalamin sendiri hahaaa walau cuma di kasih ikat rambut harga seribu perak udah seneng, langganan sampe sekarang donk XD

    BalasHapus
  2. Sangat sangat bermanfaat mba info nya. Emang bener sih bangun kepercayaan dqn silahturami itu juga penting banget ya.. biar branding image pun bagus.

    BalasHapus
  3. Membangun branding emang penting banget ya Kak
    apalagi buat kita ini yang ngeblog. Branding mau dikenal seorang blogger apa termasuk ya kak

    BalasHapus
  4. Tipsnya menarik, nih. Jadi malah ga boleh terlalu sering kasi diskon ya

    BalasHapus
  5. asik nih aku jadi nambah ilmu dari mbak Cilya, branding ini penting sekali soalnya. Apalagi membanguna personal branding ya mbak.

    BalasHapus
  6. Branding ke client penting banget mbak, tapi menjaga silaturahmi dengan tetap keep in touch jg penting. Kdng dia lngsung keinget kita pas ada job yg cocok heheheh

    BalasHapus
  7. Wah nambah ilmu baru soal bisnis nih , aku baru mau mulai bisnis . belajar banyak Dari tulisan mba nih aku . thank you mba

    BalasHapus
  8. Ish, keren nih tipsnya. Aku buta banget soal bisnis. Padahal kepengen banget berbisnis. Kudu belajar banyak nih dari Mbak Cilya :)

    BalasHapus
  9. Waah pas banget aku mampir ke artikel yang sangat bermanfaat ini dari Kakak kebetulan aku juga lagi belajar buat berwirausaha hehe

    BalasHapus
  10. Setuju deh personal branding ini penting banget dan perlu strategi juga untuk membangunnya

    BalasHapus
  11. Justru jangan terlalu sering memberi diskon ya Mba? Noted, mba. Makasih ya advicenya.

    BalasHapus
  12. mompreneur panutanque ini mba Cilya, kapan2 aku mau ikutan seminar bisnisnya yo mbaa. Karena aku pun mau mulai mencari peruntungan lewat bisnis makanan atau hijab nih, tapi masih maju mundur huhu

    BalasHapus
  13. Bangun kepercayaan dan silaturahmi itu kadang nggak dianggap padahal penting banget ya mba :)

    BalasHapus
  14. aku akhir akhir ini lagi membiasakan diri juga ngasih hadiah sebagai tanda ucapan terima kasih nih, hihhi
    sebenernya lebih ke temen temen deket ataupun temen yang baru aku kenal sih buat membangun apa ya, kedekatan mungkin ya hehehehe

    BalasHapus
  15. Iyaa...banget.
    AKu suka ke salon langgananku karena selain ngucapin ulang tahun juga suka kasih diskon khusus pas hari bahagiaku.
    Hehhe...bener yaa...sebagai pengusaha harus banyak pelayanan yang inovatif untuk hal detil begini.

    BalasHapus
  16. Mom, ada saran ngga buat aku sebagai Make Up Artist? So far aku nggak pernah memberikan diskon untuk jasa makeup yang aku sediakan karena aku khawatir nantinya malah membuat branding-ku downgrade gitu :(
    Berbisnis di dunia jasa kecantikan tuh emang perlu mikir beribu kali sih kalo mo bikin keputusan ini-itu terkait diskon misalnya, hehehee.

    BalasHapus
  17. Berbisnis di dunia Kecantikan itu memang perlu keahlian tidak hanya tentang produk tapi berburu diskon ya

    BalasHapus
  18. Sangat bermanfaat nih Mbk tipsnya. Aku baru tahu jangan terlalu sering ngasih diskon ya, bikin konsumen kurang istimewakah?

    BalasHapus

Follow Us @cilyawonderland