Rumah Sakit Premiere Jatinegara Buka Layanan Drive Thru Swab PCR Covid-19

11 comments

Rumah Sakit Premiere Jatinegara Buka Layanan Drive Thru Swab PCR COVID-19





Assalamualaykum,

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi teman-teman muslim dan muslimah yang menjalankannya. Sudah hari ke-tiga kita menjalankan ibadah puasa dan semoga puasa teman-teman semua diberikan kelancaran dan keberkahan dalam puasanya ya.

Ada yang spesial di ramadhan dan juga Idul Fitri kita tahun ini dan semoga hanya akan terjadi di tahun ini saja. Apalagi kalau bukan adanya wabah Covid-19 yang membuat kita harus berdiam diri di rumah dan entah sampai kapan semua ini akan berakhir. Tentu harapan kita semua, Covid-19 ini segera berakhir. 

Tidak terasa sudah hampir dua bulan kita semua berdiam diri di rumah, agar bisa sama-sama memutus mata rantai penyebaran virus Corona yang menjadi wabah Internasional seluruh dunia. Yang mana sampai saat ini, belum juga di temukan vaksin untuk bisa menyembuhkan virus ini sehingga jalan satu-satunya adalah kita mencegahnya dengan menjaga kebersihan serta kekebalan imun tubuh. 


Sedih ketika membaca atau melihat berita mengenai Covid-19 ini di beberapa media elektronik atau media cetak mengenai terus bertambahnya jumlah pasien yang terkena virus Covid-19 ini. Apalagi saat ini kita bisa saja tertular virus ini tanpa ada gejala apapun, sungguh membuat kita tambah menjadi khawatir.

Di beberapa wilayah di Indonesia sudah di terapkan PSBB yaitu Pembatasan Sosial Berskala Besar, tetapi masih saja jumlah pasien yang positif tertular Covid-19 ini masih terus bertambah. Semoga saja kita dan keluarga kita tetap dalam lindungan Allah SWT. 

Lepas dari itu semua, kita pun juga tetap jangan lengah untuk terus menjaga agar tubuh kita tidak tertular. Selain kita terus melakukan beberapa himbauan melaksanakan langkah-langkah preventif agar terhindar dari Covid-19, kita juga perlu melakukan yang namanya pengecekan Covid-19. Terutama bagi orang yang pernah kontak dengan Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga Pasien Dalam Perawatan (PDP).

Seperti yang tadi aku tuliskan bahwa saat ini untuk memastikan seseorang termasuk diri kita terjangkit virus Covid-19 ini perlu melakukan beberapa serangkaian pemeriksaan dan dimulai dari Rapid Test sampai dengan Swab PCR Test.

Maksud dan tujuan dari di lakukannya tes ini adalah agar pemerintah dan petugas kesehatan bisa mengetahui siapa saja orang yang berpotensi menyebarkan virus Corona dan pemerintah bisa melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus Covid-19 tidak semakin bertambah. 


Sekarang apa sih Rapid Test itu?

Rapid Test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi inilah yang akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

Tes ini ditujukan agar pemerintah dan petugas kesehatan bisa mengetahui siapa saja orang yang berpotensi menyebarkan virus Corona dan melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus COVID-19 tidak semakin bertambah.
Bila antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus Corona. Jadi, rapid test di sini hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona. Oleh karena itu, bagi yang mendapatkan hasil rapid testnya positif, tetap perlu menjalani pemeriksaan lanjutan.
Tes yang bisa memastikan apakah seseorang positif terinfeksi virus Corona hanyalah pemeriksaan melalui Polymerase Chain Reaction (PCR). Pemeriksaan dengan metode ini bisa mendeteksi langsung keberadaan virus Corona, bukan melalui ada tidaknya antibodi terhadap virus ini.
Para petugas kesehatan melakukan tes ini dengan cara menyeka bagian belakang tenggorokan. Dalam metode PCR, ketika sampel cairan dari saluran pernapasan bawah tiba di laboratorium, para peneliti mengekstrak asam nukleat di dalamnya. Asam nukleat tersebut mengandung genom virus yang dapat menentukan adanya infeksi atau tidak dalam tubuh. Kemudian, peneliti dapat memperkuat daerah genom tertentu dengan menggunakan teknik yang dikenal sebagai reaksi berantai transkripsi polimerase terbalik.

Dimana Bisa Melakukan Rapid Test dan PCR?
Bagi teman-teman yang ingin melakukan test baik itu Rapid Test dan juga PCR, teman-teman bisa lakukan di Rumah Sakit Premiere Jatinegara. Asyiknya lagi, kita tidak perlu khawatir mengenai prosesnya. 
Di RS Premiere Jatinegara sekarang ada fasilitas Drive Thru untuk Swab PCR Covid-19. Keren banget ngga sih? Sekarang tidak hanya order makanan saja yang ada sistem Drive Thru tapi tes Swab pun juga sudah ada Drive Thru nya tanpa perlu kita khawatir menunggu dan bersentuhan dengan orang lain yang kita tidak tahu apakah mereka terpapar virus atau tidak. 

Jadi maksudnya bisa dilakukan di dalam kendaraan tanpa perlu turun dari kendaraan?
Jawabannya iya benar, kita tidak perlu repot turun dari kendaraan kita, tim medis akan menghampiri kita dan melakukan beberapa rangkaian tes nya. 
Lokasinya Drive Thru nya sendiri berada di area parkir baru di samping gedung RS Premiere Jatinegara, Layanan ini diluncurkan, guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan Swab Covid-19.


Bagaimana caranya?
Kita tidak bisa langsung datang ke RS Premiere Jatinegara dikarenakan antrian yang panjang, karena itu kita perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui via Whatsapp di nomor 0822 1176 7690. Selain agar tidak lama antri, gunanya kita mendaftar adalah agar data kita tercatat oleh pihak Rumah Sakit Premiere Jatinegara. Ingat ya, daftar dulu, jangan langsung datang 😉.

Hasil dari tes Swab Covid-19 ini nantinya akan di email ke alamat email yang sudah di daftarkan. Jadi jangan khawatir kita tidak akan mendapatkan hasilnya. Ohya nanti kita juga akan mendapatkan bonus free konsultasi, jadi nanti akan dapat voucher konsultasi secara online dan gratis ke dokter konsultasi dan konsultasi kesehatannya tidak harus konsultasi tentang Covid-19. 

Semoga dengan adanya fasilitas dari RS Premiere Jatinegara ini bisa memudahkan kita yang ingin melakukan test Swab Covid-19 ini. Tetapi yang lebih penting lagi adalah kita semua selalu diberikan kesehatan serta perlindungan dari Allah SWT dan juga wabah virus ini bisa segera berakhir. Aamiin YRA 



💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
 Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

11 comments

  1. wah, jadi kita bisa test sendiri ya, nggak usah nunggu disuruh sama pemerintah, tapi biayanya berapa ya mbak?

    ReplyDelete
  2. Fasilitas rapid test drive thru gini memudahkan bagi yang mau tes ya, moga makin banyak fasilitas seperti ini di kota lainnya

    ReplyDelete
  3. Praktis banget yah gak pake lama, habis itu bisa langsung pulang ke rumah lagi. Semoga semuanya sehat selalu ya mbak.

    ReplyDelete
  4. informasinya lengkap mba, sebenarnya pengen test juga tapi kayaknya rada jauh dari lokasiku, semoga semakin merata ya untuk lokasi test rapid ini

    ReplyDelete
  5. Waah kebetulan deket sama rumah dan emg biasanya kesana, aku malah baru tau.. ini engga bisa dicover asuransi ya wwk eh berapa ya kira-kira biayanya?

    ReplyDelete
  6. Ini sih ogud tinggal nyebrang aja! Dan aku baru tahu kalo mereka adain swab tes dr blognya mba donk. SFH bikin saya makin kuper wkwkwk

    ReplyDelete
  7. Menarik skali infonya, saya bru tau kalo rapid itu cara kerjanya dr antibodi lho. Anyway ini saya infokan ke saudara saya yg dijakarta pasti bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Wah alhamdulillah ya skrg bisa melakukan rapid test mandiri. Di RS deket rumah juga ada mbak, berbayar juga.

    ReplyDelete
  9. good concept ya untuk menghindari penyebaran dengan cara testnya drive thru, thanks sharingnya mba Cilya

    ReplyDelete
  10. Mantap banget premiere jatinegara ada banyak banget inovasi apalagi di kondisi seperti ini. Mantapnyaaa. Smoga diikuti oleh rumah sakit lainnya ya

    ReplyDelete
  11. Bagus juga ya layanan RS Premiere Jatinegara, bisa menyiapkan rapid test gini. Masyarakat yang memerlukan jasa rapid test jadi bisa dilayani dengan baik ya. Cukup di mobil saja, nggak perlu turun dan masuk ke RS.

    ReplyDelete