Jangan Takut Memulai Usaha Di Masa Pandemi

No comments

Jangan Takut Memulai Usaha Di Masa Pandemi





Assalamualaykum,

Hampir tujuh bulan kita semua menghadapi masa pandemi. Dimana tiga bulan di awal kita harus menjalani proses lockdown yang mana kita dianjurkan tidak berpergian kemana-mana untuk memutus dan mengurangi mata rantai virus Covid-19 yang tidak hanya terjadi di Indonesia saja tapi seluruh Dunia.

Tidak ada yang menyangka tahun 2020 ini kita akan mengalami yang namanya virus mematikan ini dimana ratusan juta  jiwa sudah meninggal. 

Dengan adanya lockdown kemarin di hampir semua negara, tentu mengakibatkan menurunnya pendapatan ekonomi di masyarakat. Penurunan ini sekali lagi tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. 

Banyak beberapa perusahaan besar yang mengalami penurunan omset, sehingga mau tidak mau mereka harus memangkas pengeluaran dan salah satunya adalah mulai mengurangi pegawai di perusahaannya. Akibatnya PHK terjadi dimana-mana.

Meski begitu, di antara penurunan ekonomi yang terjadi, masih ada sektor informal yang masih terus berjalan di tengah sulitnya perekonomian. Pelaku sektor informal ini antara lain adalah para pelaku UKM yang menjalankan usahanya secara online. 

Di sini kita bisa lihat bahwa masyarakat Indonesia masih memiliki yang namanya semangat hidup. Kadang ketika mengalami keterpurukan, kita perlu menghadapinya dengan tenang. Jika kondisi pikiran kita tenang maka akan muncul solusi-solusi yang bisa menyelesaikan masalah kita.

Ketika ada teman-teman yang terkena PHK dan bingung mau kerja dimana, dan mau kerja lagi tapi pasti perusahaan-perusahaan tidak banyak yang siap menerima karyawan baru di saat seperti ini. Oleh karena itu mulailah untuk mencoba berbisnis sendiri.

Bagaimana cara memulai bisnis sendiri di masa pandemi ini? 


Mulai Bisnis Dari Hobby

Teman-teman bisa mengembangkan hobby teman-teman menjadi sebuah pemasukan. Karena banyak  beberapa pebisnis yang sukses itu memulai bisnis mereka dari mengembangkan hobby mereka.
Misalnya nih teman-teman memiliki hobby masak atau baking. Nah coba buat satu sample masakan atau baking yang sudah teman-teman buat lalu berikan sebagai sample kepada beberapa keluarga atau tetangga. Setelah itu bisa minta pendapat mereka rasa dari masakan teman-teman, setelah itu mulai buat hitungan dan mulai jualan.


Mulai Bisnis Dari Reseller


Jika modal terbatas, knowledge tentang bisnis juga minim. Teman-teman bisa memulai menjadi reseller. Sekarang banyak brand-brand yang menawarkan 'Open Reseller'. Biasanya brand-brand tersebut sudah membuat paket penjualan juga, mulai dari produk, menyediakan materi promo untuk di media sosial (jadi teman-teman tinggal posting dan closing) dan juga menyediakan fasilitas pembinaan atau mentoring. 

Jadi, teman-teman yang belum mempunyai skill berbisnis, teman-teman bisa belajar dari mentoring yang diberikan oleh brand tersebut. Hitung-hitung dapat ilmu dan dapat bonus uang juga dari menjalankan bisnisnya.


Semangat ya teman-teman. Terus bergerak dan terus ikhtiar. Rezeki datang dari Allah dan selama ada ikhtiar, Insha Allah akan ada jalan.


 





                            Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife





No comments