Goal Setting Di Tahun 2021

No comments



Empat bulan sudah kita lalui di tahun 2021 ini, tidak terasa ya. Rasanya baru saja menyusun goals pribadi serta target apa saja yang ingin di capai di tahun ini, tahu-tahu sudah masuk bulan ke empat saja.

Mulai ngecek agenda pribadi dan melihat catatan goals yang sudah dibuat. Kira-kira apa saja goals aku yang sudah tercapai, yang sedang dalam progres dan yang belum tercapai. Setiap akhir bulan aku selalu mengevaluasi hasil dari kerja aku untuk mewujudkan goals-goals aku di tahun 2021 ini.

Walau progress tahun ini masih belum secepat progress tahun 2019 sebelum pandemi tetapi masih lebih baik daripada tahun 2020 kemarin yang sama sekali rasanya jalan di tempat. 

Untuk segi bisnis memang aku merasa progressnya agak lamban jalannya, tapi untuk skill diri alhamdulillah banyak progress di tahun 2020 kemarin. Mungkin karena banyak waktu luang sehingga bisa aku pergunakan untuk belajar lagi dan menyusun strategi baru.

Tahun 2021 ini aku menyusun lagi goals yang tidak terealisasi di tahun 2020 kemarin akibat pandemi melanda. Dari 10 goals yang sudah aku susun, baru 3 goals yang tercapai selama empat bulan berjalan ini. Harapannya 7 lagi akan di selesaikan di bulan ke 10, sehingga dua bulan terakhir aku isi untuk evaluasi dan menyusun goals 2022.

Sampai saat ini belum ada second plan yang aku jalankan agar goals yang belum terealisasi bisa segera terwujud. Sebab aku masih merasa strategi atau langkah yang aku lakukan saat ini sudah baik dan sudah tepat.

======= BACA JUGA : Resolusi Awal Tahun Apa Fungsinya =======

 

Kenapa Perlu Membuat Goal Setting?

Buat aku membuat goal setting itu adalah salah satu cara membuat hidup jadi lebih terarah. Jelas apa yang akan aku lakukan dan hidup jadi lebih berwarna, sebab ada gairah untuk mewujudkannya. 

Tidak hanya itu aku menemukan banyak manfaat dari membuat goal setting, antara lain:

1. Melatih Manajemen Waktu

Goal Setting yang aku buat tentu ada timelinenya agar hasilnya terukur. Karena itu aku jadi bisa belajar yang namanya manajemen waktu dengan baik. Walau kadang ada melesetnya tetapi persentasenya tidak terlalu besar. 

Dengan manajemen waktu yang baik, aku jadi belajar disiplin dan menghargai waktu juga proses yang aku jalankan. Tidak semena-mena dan semaunya saja, semua sudah teratur.

2. Memiliki Prioritas

Selain belajar manajemen waktu, aku jadi bisa tahu mana prioritas hidup yang perlu aku lakukan terlebih dahulu. Sehingga meminimalisir yang namanya stress akibat pekerjaan banyak. Sebenarnya bukan pekerjaannya yang banyak tapi kitanya saja yang tidak tahu mana yang di prioritaskan.

Dengan adanya membuat goal setting, aku jadi bisa fokus menjalankan hidup berdasarkan prioritas mana yang di dahulukan. 

3. Meningkatkan Nilai Diri

Membuat goal setting bisa meningkatkan nilai diri? Yess... Karena semua dijalankan berdasarkan prioritas maka aku merasa hidup aku memiliki kualitas dan inilah yang membuat aku menjadi percaya diri.

Aku tahu mana yang utama aku lakukan, aku jadi bisa mengembangkan potensi diri aku dengan baik. Dengan begini artinya potensi, nilai diri serta kualitas diri aku meningkat.

 

Jadi membuat goal setting itu tidak hanya membuat hidup kita jadi terarah saja, banyak manfaat yang didapat. Bagaimana dengan teman-teman semua? Apakah dengan membuat goal setting bisa memberikan manfaat bagi teman-teman semua? Apakah goal teman-teman di bulan ke empat ini sudah ada yang terpenuhi? Yuk sharing di kolom komentar.

 



No comments