Manfaat Positif Self Talk

3 komentar

Assalamualaykum,

Sharing blog aku kali ini akan membahas mengenai self talk. Self talk adalah kata lain dari berbicara dengan diri sendiri. Pernah ngga sih teman-teman ngobrol sama diri sendiri di dalam hati? Ngomong sendiri ya jawab sendiri dan kasih solusi sendiri ehehe...

Dulu tuh yang aku tahu, kalau NGOMONG SAMA DIRI SENDIRI tuh = KAMU GILA lho.. Tapi ternyata Ngga Gila kok kalau bicara sama diri sendiri. Self talk adalah bagian dari kesehatan mental juga, selama  self talk yang kita lakukan tuh self talk yang positif.

Seperti Apa Sih Self Talk Positif Itu?

Namanya juga positif, artinya bicara yang baik-baik saja tentang hal apa saja. Jadi kalau Self Talk Positif adalah bicara atau berdialog kepada diri sendiri tentang hal-hal yang positif. Dimana hal ini tentu akan membuat diri kita percaya diri dan motivasi.

Jadi ketika kita lagi down terus tiba-tiba menyalahkan diri sendiri, langsung STOP dan mulai bicara yang baik-baik saja. Ternyata dengan melakukan self talk yang positif itu bisa membantu kesehatan mental kita juga. 

Self talk yang positif adalah sebuah proses diri kita menemukan sisi optimis, kebahagiaan dan harapan dalam banyak hal. Katakan Yes kita bisa, kita bahagia, kita berkualitas adalah hal yang positif terhadap diri sendiri dan itu bukan hal membohongi diri. 

Kalau aku dengar ada orang yang menjelekkan diri kita atau bercerita yang negatif mengenai diri kita, kalau lagi lelah, aku langsung baper dan over thinking. Kata-kata itu memang sangat mempengaruhi kesehatan mental kita lho. Ketika hal itu terjadi, aku langsung break sebentar dari segala rutinitas, terus dengarkan lagu, nonton film atau drakor.

Setelah tenang  baru aku lakukan positif self talk untuk menghempaskan kalimat-kalimat negatif yang sudah aku dengar sambil afirmasi bahwa aku bisa lebih baik lagi dan tidak terpengaruh dengan hal-hal negatif lainnya.

Cara Melakukan Positive Self Talk 

1. Perkuat Ibadah. 

Ibadah menurut kepercayaan masing-masing tentunya. Karena aku muslim, maka aku perkuat dengan sholat 5 waktu dan membaca Al Qur'an. Hal ini tentu membantu sekali diri kita menjadi pribadi yang positif. Sesekali pasti adalah downnya, tetapi ketika hal itu terjadi, aku pasti langsung sholat dan pas berdoa aku bicara dengan diri sendiri dan seakan aku juga sedang bicara dengan Allah.

Dengan baca Al Qur'an dan juga artinya, aku jadi merasa bersyukur saja kalau apa yang aku alami pasti ada hikmah dan bentuk rasa sayang Allah kepada diri aku. Tentu ini juga menjadi salah satu cara aku untuk positf self talk

2. Berkumpul Di Lingkungan Yang Positif

Ada yang bilang bahwa lingkungan membangun karakter dan pola pikir. Statement ini aku setuju banget. Oleh karena itu perlu mencari lingkungan yang memberikan dampak positif. Sebab mereka bisa memberikan masukan dan pola pikir yang positif. 

Aku pernah gabung ke dalam komunitas dan foundernya itu ngga banget deh kalau bicara di grup. Kalau menegur membernya juga tidak ramah dan itu menular ke karakter tim adminnya. Akhirnya aku memutuskan untuk left dari grup tersebut, karena aku tidak mau ketularan menjadi wanita yang tidak ramah.

3. Identifikasi Pemikiran Negatif 

Jika ada hal-hal yang mengganggu pikiran kamu dan kamu langsung berbicara negatif terhadap diri maka kita perlu langsung identifikasinya dan jangan membiarkan logika atau perasaan negatif terus-terusan di dalam pikiran.

Sekarang aku ngga ragu lagi untuk self talk positif dan hal ini membuat malah diri aku menjadi lebih positif dan optimis menjalankan segala hal aktifitas. Kalau teman-teman apakah sering melakukan self talk juga?





3 komentar