Healthy Boundaries: Jaga Kesehatan Mental dan Emosi

Tidak ada komentar

 

Healthy  Boundaries: Jaga Kesehatan Mental dan Emosi


Assalamualaykum,

Tulisan hari ini aku mau bahas mengenai Healthy Boundaries untuk diri kita sendiri. Penah ngga sih teman-teman merasa dimanfaatkan oleh orang sekitar? Atau merasa tertekan lalu lelah menghadapi semua masalah hidup ini? Kalau pernah mengalaminya, mungkin ini adalah indikasi diri kita belum memiliki Healthy Boundaries.

Healthy Boundaries itu adalah batasan sehat. Batasan yang diri kita ciptakan untuk melindungi diri sendiri baik secara mental maupun emosional. Tentunya dengan batasan ini, akan memberikan diri kita rasa aman, dihormati dan tidak terbebani oleh orang lain.

Cara Menciptakan Healthy Boundaries

Mungkin teman-teman ada beberapa yang tanya apa sih manfaat dari kita menciptakan Healthy Boundaries? Tentu banyak ya seperti kepercayaan diri kita jadi meningkat, dapat menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres, menjaga serta memiliki waktu dan energi untuk diri sendiri, terakhir kita bisa menjalin sebuah hubungan yang lebih sehat juga saling menghargai dengan orang lain. 

Lalu bagaimana caranya menciptakan sebuah Healthy Boundaries?

  • Kenali Diri Sendiri. Kita perlu tahu mengenai perasaan diri kita, kira-kira apa sih yang memuat diri kita menjadi atau merasa tidak nyaman dan ingat bahwa batasan itu bisa berbeda untuk setiap orang dalam hidup kita.
  • Berani Menolak dan Bilang Tidak. Ini kadang aku banget sih, suka ngga enakan dan ujungnya malah bikin diri ngga nyaman. Padahal kalau mau tercipta Healthy Boundaries untuk diri kita, maka kita harus bisa mengatakan "Tidak" pada hal-hal sebuah permintaan yang tidak sesuai dengan batasan kita dan ingat, jangan pernah merasa bersalah setelah menolak, #selfreminder juga untuk diri aku nih.
  • Hargai Batasan Orang Lain. Kalau mau di hargai, maka kita juga wajib banget menghargai orang lain, terutama masalah batasan hidup mereka. Jika mereka menolak permintaan kita karena mereka merasa permintaan kita melewati batasan hidupnya, ya kita harus hargai.
  • Komunikasikan Batasan Kita dengan Jelas. Orang lain tidak akan bisa tahu mana batasan kita, maka beritahu dan komunikasikan secara jelas. Tapi sampaikan dengan tenang dan tidak dengan emosi.

Memang semua ini tidak mudah ya untuk kita praktekkan. Apalagi bagian belajar untuk menolak karena kita suka ngga enakan. Pastinya perlu latihan dan ketegasan, sebab jika sudah kita lakukan, maka kita akan merasa lebih baik dan juga hubungan kita dengan orang sekitar kita akan lebih sehat.

Yang pasti, jika kita sudah menerapkan dan menciptakan Healthy Boundaries, hidup kita akan jauh lebih bahagia dan sehat tentunya.






Tidak ada komentar