Pentingnya Self Love. Sebuah Aksi Mencintai Diri Sendiri

21 komentar

 Pentingnya Self Love. Sebuah Aksi Mencintai Diri Sendiri

 


Assalamualaikum,

Pada tulisan kali ini, topik yang akan di bahas adalah mengenai Self-love. Sharing yang akan membahas mengenai makna dan cara dari Self-love itu sendiri. Mendalami dan menjalankan self-love dalam hidup itu perlu dan bahkan sangat penting. Terutama bagi kamu yang saat ini sedang mengalami yang namanya keterpurukan. Baik dalam pekerjaan, kehidupan rumah tangga atau dalam berbisnis.

Self-love ini sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, agar kamu bisa lebih memaknai hidup dan berterima kasih atas apa yang telah Allah SWT berikan dalam hidup.

Mengenai pembahasan tentang self-love ini, kamu bisa ambil salah satu contoh dari kejadian beberapa hari yang lalu, yang sedang ramai jadi trending topic di beberapa media. Salah satu wanita yang bisa di bilang adalah seorang influencer .

Influencer ini memposting tulisan di twitternya mengenai ‘Polusi Visual’ (hmm... Istilah baru yang belum pernah di dengar). Dia menulis keluh kesahnya ketika dia sedang melakukan aktivitas nge-gym nya di salah satu pusat kebugaran. Saat itu di depan matanya ada seorang wanita dengan percaya dirinya memakai sport bra, dan tetap berolahraga. Menurut influencer ini, tubuh si wanita yang ada di depannya sangat tidak enak dipandang. Influencer ini pun memberikan komentar mengenai ketiak dari si wanita itu yang hitam, perutnya yang tidak ramping sampai bau badan si wanita itu.

Tidak perlu dibahas detail isi tulisan postingannya, tetapi perlu di ingat bahwa, sebebas-bebasnya kamu memiliki hak berpendapat, tetap perlu menjaga lisan, jari-jari ketika akan memberikan komentar. Bisa jadi ucapan yang sudah dilontarkan akan menyakiti orang lain.

Ulah dari si influencer ini tentu sering sekali kamu jumpai di dalam kehidupan sekeliling kamu bukan? Masih banyak beberapa orang yang memberikan komentar negatif terhadap bentuk fisik seseorang, kekayaan seseorang sampai kemampuan seseorang.

Mungkin tidak hanya melihat orang lain yang berkata seperti itu tapi bisa jadi diri kamu sendiri pun terkadang suka memberikan komentar negatif seperti itu. Jika iya, tandanya diri kamu belum mencintai diri sendiri. Sebab jika sudah mencintai diri sendiri, maka ujaran-ujaran tersebut tidak akan terlontar dari bibir.

Apa itu Self-Love?                              

Self-love kurang lebih memiliki arti mencintai diri sendiri, menghargai, menghormati dan memahami diri sendiri. Self love juga memiliki rasa jujur terhadap diri sendiri tentang kekurangan dan kekuatan yang dimiliki, pokoknya menjadi diri sendiri dengan nyaman.

Kalau kamu sudah mencintai diri sendiri, dengan menerima kekurangan dan kelebihan diri, maka kamu pun akan mencintai orang lain dan menerima kelebihan serta kekurangan orang lain. Karena itu orang yang sudah menemukan arti sesungguhnya Self-Love, maka ia tidak akan memberikan tanggapan negatif terhadap fisik, kekayaan dan kemampuan orang lain.

Mencintai diri sendiri sangatlah penting dalam mempengaruhi diri untuk menentukan siapa teman yang akan kamu temani, lingkungan kerja seperti apa yang kamu akan dapatkan, pasangan hidup seperti apa yang akan kamu pilih, sampai bagaimana kamu mengatasi masalah yang ada di dalam kehidupan kamu dengan cara tidak menyalahkan diri sendiri secara berlebihan.


5 Langkah Metode Self-Love

Ada 5 langkah sederhana kamu bisa memulai yang namanya metode self-love di dalam kehidupan sehari-hari, agar kamu bisa lebih bahagia menjalankan kehidupan ini.

1. Bertaqwa dan Beribadah

Di dalam kepercayaan yang semua umat anut, tentu bertaqwa dan beribadah kepada sang Maha Pencipta itu wajib. Ketika bertaqwa dan rajin beribadah artinya keimanan akan bertambah besar. Jika iman bertambah besar maka kebahagiaan, rasa syukur dan mencintai diri sendiri pun akan tumbuh dengan seiring perjalanan ibadah yang kamu lakukan.

Kamu akan semakin mengenal diri kamu seperti Allah SWT mencintai kamu sebagai makhluk ciptaan Nya. Allah SWT tidak akan menyakiti diri makhluk ciptaannya, lalu kamu pun wajib menjaga dan mencintai apa yang sudah Allah berikan tanpa ada rasa membenci diri sendiri.

2. Berterima kasih kepada Allah SWT

Berterima kasih kepada Allah SWT atas segala apa yang sudah Allah berikan, baik itu kebahagiaan, kehidupan, cobaan dan rezeki. Berterima kasih bisa melalui beribadah dan rutin  melakukan yang namanya self-talk atau bisa sebut dengan mindfulness.

Setiap pagi sehabis bangun tidur dan malam sebelum tidur, selalu berterima kasih kepada diri sendiri. Hal ini adalah salah satu metode mindfulness dengan rajin self-talk, seperti:

“Terima kasih badanku yang selalu sehat, maafkan jika aku kemarin kelupaan makan buah”

“Terima kasih tanganku yang sudah membantu aku beres-beres rumah, masak, dan menulis blog”

“Terima kasih kaki ku yang selalu aku paksa jalan naik turun tangga di rumah ini. Sehat selalu ya kaki”

“Terima kasih ya Allah atas nikmat pagi ini, aku masih diberikan napas dan kesehatan”

Kurang lebih seperti ini self-talk yang bisa kamu ucapkan setiap hari. Dengan begini, Insha Allah kamu akan menjadi lebih mencintai diri sendiri dan menghargai apa yang kamu miliki.

3. Memaafkan Diri  

Terkadang manusia selalu merasa kesulitan untuk memaafkan diri sendiri ketimbang memaafkan orang lain. Karena itu mulailah belajar untuk memaafkan diri sendiri dengan tidak menghukum diri sendiri secara berlebihan atas kesalahan yang telah dilakukan.

Yakini bahwa setiap kesalahan yang di perbuat, adalah salah satu bentuk diri kamu untuk berkembang dan menjadikan kesalahan-kesalahan yang ada menjadi sebuah teguran kecil agar tidak melakukannya lagi.

4. Kenali Kekuatan dan Keunikan Diri Sendiri

Setiap manusia memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing. Hanya tinggal kamunya yang sadar akan potensi yang dimiliki.

STOP berpikir bahwa badan kamu tidak selangsing model-model di catwalk, tapi berpikir dan temukan kelebihan dari tubuh kamu yang tidak dimiliki oleh para model catwalk itu. Hidup ini tidak hanya sekedar pamer kecantikan, pamer kekayaan tapi hidup ini adalah lebih kepada menghargai apa yang kamu miliki, hidup ini adalah berbagi manfaat kepada orang lain lewat potensi yang diri kamu miliki.

5. Hiduplah Dengan Tujuan

Orang yang galau biasanya orang yang tidak memiliki tujuan hidup. Sebab ketika seseorang memiliki tujuan dalam hidup, maka akan lebih mudah menerima dan mencintai diri apapun yang terjadi.

Tuliskan didalam Dream book kamu, bahwa kamu ingin menjadi manusia seperti apa di lima tahun ke depan. Lalu buat sebuah agenda harian, kamu ingin lakukan apa hari ini agar tujuan lima tahun ke depan itu akan tercapai.

Dengan adanya tujuan ini, maka waktu kamu tidak akan terbuang dengan percuma. Semakin kamu menjalankannya dengan kepastian untuk mengejar tujuan hidup, maka kamu akan semakin mencintai diri dan hidup kamu.

 

Insha Allah dengan menjalankan ke lima hal ini, kamu akan semakin menemukan self-love di dalam diri kamu. Tidak ada yang bisa mencintai diri kamu selain diri sendiri. We are amazing, we are great, we are beautiful. So love yourself as Allah love us as a human.

 

 

                                             

                                                    Woman Creative Partner


21 komentar

  1. kalau melihat kelebihan diri aku malah gak bisa kak.palin kelemahan aja tapi banyak lemahnya hahahha, bener sekali melihat dan mencintai dan tahu diri sendiri dulu lebih baik ya kak, tapi bukan berarti egois gitu ya kak.

    BalasHapus
  2. nomor 2 itu yang selalu saya panjatkan dalam doa mb, dengan doa dan syukur bikin kita makin tenang menjalani hidup

    BalasHapus
  3. Bener banget nih mba. Self love sekarang harus kita kuatin lagi nih. Biar kita bisa hidup lebih bahagia tanpa embel-embel.

    BalasHapus
  4. Setuju mba. Self love ini penting. Untuk bisa mencintai orang lain, kita perlu hargai dan cintai diri kita sendiri terlebih dulu.

    BalasHapus
  5. Baca kalimat awal jadi inget Bu Tejo ..hehe. emang julid baik di tulisan maupun verbal itu nggak bisa jadi panutan ya?

    BalasHapus
  6. saya juga baca berita selebram yang menyebutkan polusi visual ini.
    Mengesalkan, terutama ketika dia sendiri yang gembor gembor self love.

    Menurut saya, self love ya penerimaan diri dan memanfaatkan potensi diri kita seoptimal mungkin.

    BalasHapus
  7. setuju banget niiih self love itu penting banget, wajib mencintai diri sendiri dulu, biar lebih mudah juga mencintai orang lain hihihi, biar kitanya tetep happy jugaaa

    BalasHapus
  8. menurutku sih dia ga pantas di sebut influencer ya karena nggak menginfluence followernya hal yang baik2 malah bikin org ilfill sama dia

    BalasHapus
  9. Terkadang kita suka lupa terhadap hal2 kecil seperti ini, bersyukur atas diri kita sendiri. Mencintai diri sendiri apa adanya. Dan terima kasih untuk diri sendiri serta menyadari kekurangan diri sendiri. Kalau semua itu kita lakukan, kita jadi selalu merasa bersyukur, selalu merasa berkecukupan, dan bahagia ya.

    BalasHapus
  10. aku jg pernah mengalami masa2 terendah dalam hidup nih sktr 2 thn lalu, bener seperti yg ditulis disini sejak itu aku jg belajar uk mencintai diri sendiri, dan jg lebih mendekatkan diri pada yang diatas, untungnya skrg sdh lbh baik, btw penasaran itu influencernya siapa sih wkkwkwkwk

    BalasHapus
  11. Mbak influencernya emang kyknya suka ngluarin statemen yg gk beres #eh
    Iya mbak, kalau mau org menyukai kita, terlebih dulu kitanya jg harus menyukai dan sampai ke tahapan menghargai diri sendiri ya. Wah tipsnya bisa dipraktikkan nih. Walau yg no 3 keknya susah2 gampang yaa :D

    BalasHapus
  12. Gatau lg deh hrs blg apa. Skrg bnr2 lg self love bgt, kerasa lebih tenang dan damai ajasih diri tuh. Kl dulu terlalu love ke org sampe lupa self love :(

    BalasHapus
  13. Terima kasih kak cilya sudah menguatkan. Beberapa minggu lalu sempat breakdown akan suatu hal. Ternyata memang harus cinta diri sendiri dan menerima keadaan serta bersyukur.

    BalasHapus
  14. Setuju banget mbak. self love ini penting banget. untuk membangun kedamaian di dalam diri.

    BalasHapus
  15. Self love biasanya memang butuh waktu. Apalagi kalau secara fisik memilki kekurangan yang terpampang nyata. Kalau aku dulu mengawalinya dengan belajar menerima kekurangan diri sendiri. Aku skoliosis. Jd kalau orang mau ngomong apapun tentang kondisi aku, awalnya aku sempat merasa marah dan tersinggung, tapi kemudian aku berusaha cuek dan terima aja. Emang aku begini adanya kok. Bisa terima sukur, nggak ya udah. Ga mau pusing sama omongan orang. Beban hidup masih byk 😂

    BalasHapus
  16. Waalaikumsalam, mba.

    aku juga masih belajar nih buat lebih mencintai diri sendiri, aku sadar aku masih suka nyakitin dan ngerugiin diri sendiri. tapi bismillah pelan-pelan aku bisa tambah sayang sama diriku<3

    BalasHapus
  17. MasyaAllah kak makasih banget Kak. Aku masih yang belum bisa memakai berterimakasih. Padahal ini pentinf bangett

    BalasHapus
  18. hiduplah dengan tujuan, wah aku suka banget nih mba Cilya..semoga kita selalu diberikan kemudahan dan sabar ya jalanin hidup ini tentu selalu self love!

    BalasHapus
  19. Nah ini yang kadang orang lupa mba. Terlalu menuntut pada diri sendiri namun tidak diimbangi dengan penghargaan. Padahal awal mula kasih sayang tuh ya dengan menyayangi diri kita sendiri dulu ya.

    BalasHapus
  20. Bagian memaafkan diri sendiri ini aku sering kurang bisa..
    Terlalu hi-expectation, jadi kalau gak tercapai, cenderung menyesal tapi menyalahkan diri sendiri..Seandainya aku bisa melakukan lebih baik.

    BalasHapus
  21. Betul, self love itu penting banget. Tapi diantara kelima tips itu yang paling sulit memang memaafkan diri sendiri. Harus bisa lebih menerima apa adanya diri sendiri ya.

    BalasHapus