Pekerjaan Blogger Itu Seperti Apa?

Tidak ada komentar

 

 Assalamualaykum,

Cukup lama juga aku tidak update blog aku ini dikarenakan beberapa kesibukan keberangkatan travel aku. Alhamdulillah memang setelah pandemi berakhir, Arab Saudi sudah kembali membuka kembali ibadah Umrah dan Haji. Jadi kemarin aku sudah mulai memberangkatkan jamaah lagi dan rasanya ingin sekali menuangkannya di dalam blog aku.

Blog bagi aku sudah sebagai sahabat yang menjadi tempat aku menuliskan segala ide dan cerita hidup dan aku bangga menjadi seorang blogger. Banyak sih teman-teman aku yang tahu aku ini adalah seorang blogger dan masih ada juga sebagian yang bingung, Blogger itu apa sih?

Pekerjaan Blogger Itu Seperti Apa? 

Pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang sering aku dapatkan tidak hanya dari teman-teman saja, tapi juga keluarga aku. Mereka rata-rata hanya tahu menjadi penulis saja tapi tidak tahu media yang dipakai untuk menulis itu apa dan yang di maksud dengan blog itu seperti apa.

Blogger memang seorang penulis yang wadah untuk menulisnya bukan di atas sebuah kertas tetapi di sebuah platform blog. Nah, platform blog itu beragam, ada blogspot, blog detik, wordpress dan lain-lain. Di platform blog inilah para blogger menuangkan tulisannya dan tentunya bisa dibaca oleh banyak orang di dunia maya.

Di 10 tahun lalu memang blogger itu tidak terlalu dikenal karena masih terlalu asing saja di telinga. Jika dibilang menulis di blog atau seperti website, rata-rata orang sekitar aku dulu tuh anggapannya adalah seorang wartawan media, padahal media blog yang dipakai adalah milik pribadi, baik itu berbayar atau gratisan.

Langkah Awal Menjadi Seorang Blogger

Tidak ada syarat jadi blogger! Tidak harus lulusan Sarjana, tidak harus yang jago menulis, tidak harus yang paham bahasa Indonesia yang baik dan benar. Menjadi seorang blogger amat sangat mudah dan tidak sekali lagi tidak ada syarat jadi blogger. Semua orang bisa menjadi blogger.

Lalu kira-kira langkah awal menjadi seorang blogger apa saja? Langkah awal versi Cilya adalah hobi menulis. Kita bisa menulis hal apa saja yang kita inginkan. Jika awal ingin menuangkan curahan hati di blog ya silahkan saja, atau ingin berbagi tips, seperti memasak, otomotif, dunia parenting ya silahkan. Yang jelas memang kita senang sekali menulis.

Selanjutnya share tulisan yang sudah kita tulis ke media sosial kita agar orang bisa membacanya. Jangan takut tulisan kita tidak di sukai ataupun penulisannya tidak bagus dan sebagainya. Pokoknya tulis saja, tuangkan saja, nanti seiring dengan waktu, tulisan kita akan menjadi lebih baik dengan rutin belajar.

Seperti blog aku ini yang sudah mulai aku buat dari tahun 2010 dan dari bulan ke bulan, tahun ke tahun, aku merasa tulisan aku tentu sudah lebih rapi, terstruktur dan bermanfaat. Pada akhirnya semua teman, sahabat dan keluarga sudah mengenal aku sebagai seorang blogger, the real blogger yang sudah mendapatkan penghasilan dari menulis di blog.

Cerita berikutnya aku akan menuliskan perjalan umrah aku ya guys....  💓💓💓

 


 

 

 

 

 

 

 

 



Tidak ada komentar