Ciptakan Work Office yang Nyaman di Rumah
Assalamualaykum,
Siapa disini yang punya bisnis dari rumah dan punya space work office untuk bisnis nya di rumah? Mungkin ada yang punya ruangan khusus dan ada yang tidak punya ruangan khusus.
Sebagai seorang ibu yang juga punya bisnis di rumah, sangat penting punya ruang kerja yang bisa kita gunakan untuk kerja. Tidak perlu space besar sih menurut aku, satu meja kecil dengan bangku dan juga rak kecil juga cukup. Tinggal kita sesuaikan saja dengan ruangan di rumah kita.
Membuat ruang kerja yang nyaman itu perlu lho, supaya kita betah berlama-lama di meja kerja kita dan juga timbul banyak ide-ide ketika kita butuhkan.
Aku pribadi suka merubah-ubah dekorasi office work aku dirumah, supaya tidak jenuh. Kadang malah sampai bingung desain kaya apa lagi. Makanya aku suka lihat-lihat majalah interior dan juga browsing di internet.
Kebetulan banget tanggal 27 Juli sd 4 Agustus 2019 kemarin, ada Pameran Indonesia Properti Expo 2019 di JCC Senayan, pameran ini diselenggarakan oleh Indonesia Properti Expo.
Ada salah satu acara yang menarik di Pameran properti kemarin yaitu talkshow mengenai cara menata ruang kerja di rumah..pas banget dengan yang aku butuhkan saat ini yaitu ide menata ruang kerja di rumah aku.
Talkshow yang diselenggarakan oleh BTN dan Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) nya diadakan di tanggal 31 Juli 2019 dan yang menjadi moderatornya adalah Teh Ani Berta yang aku kenal sebagai founder dari ISB. Narasumber talkshow di acara tersebut adalah para wanita Ibu Rumah tangga yang cantik juga menginspirasi, yaitu ada Mba Adelya seorang Ibu Rumah Tangga yang juga memiliki profesi sebagai Freelancer Interior Designer. Narasumber kedua adalah Mba Zata Ligouw yang berprofesi sebagai Lifestyle Blogger dan Conten Creator.
Talkshow yang diselenggarakan oleh BTN dan Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) nya diadakan di tanggal 31 Juli 2019 dan yang menjadi moderatornya adalah Teh Ani Berta yang aku kenal sebagai founder dari ISB. Narasumber talkshow di acara tersebut adalah para wanita Ibu Rumah tangga yang cantik juga menginspirasi, yaitu ada Mba Adelya seorang Ibu Rumah Tangga yang juga memiliki profesi sebagai Freelancer Interior Designer. Narasumber kedua adalah Mba Zata Ligouw yang berprofesi sebagai Lifestyle Blogger dan Conten Creator.
Ketika acara Talkshow bersama BTN dan ISB - www.cilyainwonderland.id |
Apa dulu sih yang musti dipersiapkan untuk membuat sebuah ruangan kerja, dan kira-kira berapa budget yang diperlukan, dll. Nah ini nih Tip & Trick dari Mba Zata yang kemarin di sharing di acara talkshow Menata ruang kerja di rumah. Siapa tahu bisa menjadi bahan ide kamu di rumah.
Siapkan Tempat khusus untuk Meja Kerja
Bisa siapkaan satu sudut seperti pojok ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dll. Jika kamu punya satu ruangan di rumah yang bisa dipergunakan sebagai ruang kerja khusus, malah lebih bagus lagi.
Meja yang pas
Jika dana keuanganmu terbatas, boleh lho kamu pergunakan meja kerja yang ada dan kalau bisa pergunakan meja yang Ergonomis agar tidak pegal.
Mba Zata juga menambahkan, bahwa agar meja kerja kita terlihat 'kece', bisa juga lho tambahkan aksesoris. Fungsi dari aksesoris itu adalah yang bisa menunjang pekerjaan kita, bisa menaikkan mood bekerja kita juga pasti nya adalah mempercantik ruangan kerja kita. Jangan sampai ya kan, orang nya cantik tapi ruangan atau meja kerja nya tidak cantik 😉.
Aksesoris tambahan untuk meja kerja atau ruang kerja kita juga tidak musti beli barang yang baru tapi juga bisa pakai yang ada, tinggal di percantik lagi. Misal nya rak kecil yang sudah kelihatan 'lusuh', bisa kita cat kembali dengan warna yang sesuai dengan interior ruangan, lampu meja nya bisa dihias pita misalnya.
Contoh aksesoris yang bisa kita pajang yaitu seperti Quote board, Pot tanaman, Mood board atau papan jadwal to do list.
Contoh Mood Board - by Pinterest |
Kata Mba Zata nih, adanya tanaman di ruang kerja kita itu memiliki banyak manfaat lho. Seperti Meningkatkan mood, meningkatkan produktivitas. meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, mendatangkan kebahagiaan, membuat rileks dan nyaman, mengurangi stress juga dapat meningkatkan kesadaran mental
"Menurut penelitian di Universitas Michigan, memberi sentuhan alam di ruang kerja, seperti menaruh tanaman di meja atau di sekitar ruangan, dapat menambah daya serap hingga 20%. Pengaruh alam di dalam ruang kerja membantu menstimulasi indera dan pikiran, meningkatkan kesadaran mental serta performa dalam bekerja."
"Penelitian membuktikan bahwa tanaman di dalam rumah meningkatkan konsentrasi dan produktivitas (sampai 15%), mengurangi stress, serta meningkatkan mood." - NBCnews.
Wah-wah ternyata manfaat tanaman di dalam ruang kerja dan di dalam rumah tuh banyak juga ya.. Pas tahu manfaatnya banyak, aku langsung pindahin salah satu vas dan pot bunga ke ruang kerja dan ruang tamu aku. Biar bisa mengurangi stress kalau lagi kejar deadline hehe.
Gimana sharing nya? Jadi terinspirasi untuk merapihkan meja kerja atau ruang kerja mu? Share dong ruang kerja atau meja kerja kamu seperti apa. The important thing, make it as comfortable as possible.
Ok see you on my next blogpost and ditunggu sharing nya ya di kolom komentar 💗💗
💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo