Showing posts with label cilya in wonderland. Show all posts

Hidup Sesuai Harapan Dan Doa

1 comment

 


Kalau ditanya apa harapanmu? Tentu kamu akan selalu menulis harapan dengan yang baik dan diselipkan dengan doa. 

Tahun 2020 kemarin memang merupakan tahun yang penuh warna bagi kita semua. Ada kejadian yang tidak sesuai harapan baik itu kejadian buruk juga kejadian yang baik. Maka dari itu di tahun 2021 ini kembali membuat harapan baru untuk hidup ini.

Terkadang tidak jarang ada sebagian orang yang berkata bahwa "Hidup Jangan Terlalu Berharap"...entah apa maksud dari orang yang berkata seperti ini. Tetapi biasanya mereka yang berkata seperti ini adalah orang-orang yang memang tidak pernah menuliskan impian dan harapannya.

Dengan memiliki harapan artinya kamu memiliki tujuan hidup. Ketika tujuan hidup itu ada, kamu akan semangat dan menghargai setiap detik yang Allah berikan kepada mu. Allah pun senantiasa akan memberikan kemudahan dalam ikhtiar mu dan mengabulkan harapan dan doa mu.

Allah telah berjanji dalam firman Nya:

"Berharaplah kepada-Ku, niscaya Aku perkenankan sekalian.” (QS. Almukmin: 60). Allah SWT akan mengabulkan harapan bagi siapa saja yang berharap hanya kepada-Nya (QS. Al Baqarah: 186).

Sama dengan kamu yang memiliki banyak harapan di tahun 2021 ini, aku pun memiliki beberapa harapan yaitu:

1. Bisnis AHP Az-Zahra Honey Bertambah Besar

Selain bisnis di bidang agen travel Haji Umrah dan Wisata Halal, aku juga memproduksi Madu premium AHP Az-Zahra Honey. Dimana madu aku ini bukan hanya sekedar madu biasa, sebab dalam satu kemasan botol mengandung 4 komponen hasil lebah yaitu madu murni, royal jelly, bee pollen dan propolis.

Berdiri awal tahun 2018 dan alhamdulillah tanpa kami sangka sangat diterima di pasaran melalui jalur distribusi jaringan. Testimoni sehat yang banyak dan tim pasukan yang hebat-hebat dan semangat.

Ketika sedang naik-naiknya, pandemi pun melanda. Awal tahun 2020 kemarin aku dan pak suami optimis banget bahwa bisnis kami yang baru dua tahun di rintis bisa tambah maju. Yang tadinya 1,000 botol per bulan, harapan kami di tahun 2020 bisa naik pesat dengan penjualan sampai 5,000 botol per bulan.

Kebetulan AHP Az-Zahra Honey kami ini selain melakukan pemasaran melalui jalur distribusi jaringan juga bekerja sama dengan hampir 20 travel di Jabodetabek. Mereka mempercayakan produk aku ini untuk mensupport kesehatan jamaah Umrah dan Haji mereka. Dimana setiap bulan saja per travel itu bisa kurang lebih 100 - 200 botol order.

Qadarullahnya Allah memberikan ujian pandemi. Awal lockdown karena pandemi saja sudah buat sedikit panik dan down. Tapi alhamdulillah saya dan pak suami masih bisa tetap berjuang dan semangat disertai optimisme yang tinggi terhadap bisnis-bisnis kami.

Oleh karena itu harapan kami di tahun 2021 ini, penjualan semakin meningkat dan mendapatkan lagi tim hebat yang semangat.


2. Haji Furodha Orang Tua

Niat ini tidak pernah henti-hentinya aku panjatkan di setiap doaku. Aku minta Allah memberikan kesehatan dan panjang umur bagi kedua orangtua ku agar aku bisa memberangkatkan mereka Haji Furoda di tahun 2021 ini.

Ini adalah doaku, secara finansial memang masih kurang tetapi aku yakin akan miracle dan campur tangan Allah di dalamnya sehingga bisa memberangkatkan mereka ke Baitullah untuk menunaikan ibadah Haji Furodha.


3. Punya Rumah Baru

Memiliki rumah baru yang nyaman merupakan salah satu harapan dan doa aku. Aku ingin di Desember 2021 ini, Allah cukupkan rezeki dan meridhoinya untuk memiliki rumah yang nyaman, cozy, besar yang ada kolam renangnya.

Sebenarnya rumah yang sekarang pun untuk kategori syariah sesuai anjuran rasulullah pun sudah terpenuhi, tapi aku ingin memiliki rumah lagi. 


Semoga harapan dan doa teman-teman semua di tahun 2021 ini semuanya tercapai dan Allah meridhoi untuk terealisasi. Aamiin YRA


Tips Mengelola Keuangan Saat Lebaran Ala Prita Ghozie

No comments

 


Lebaran sebentar lagi...

Kira-kira lebaran tahun ini apakah akan sama dengan lebaran tahun 2020 di masa pandemi kemarin? Pandemi memang belum berakhir tapi sepertinya kondisi di Indonesia sudah sedikit semakin membaik. Walau jumlah yang terpapar virus Covid-19 masih masih kategori besar.

Kumpul bersama keluarga pada hari raya lebaran 2021 ini kemungkinan akan mulai kembali normal, sebab tahun 2020 kemarin bagi yang tidak mudik, rasanya tidak mungkin tahun ini dapat ditahan lagi untuk tidak mudik dan tidak bertemu dengan keluarga.

Aku pribadi karena tidak punya kampung (orangtua dan mertua tinggal di wilayah yang sama), maka lebaran ini pun tidak perlu repot mudik. 

Bagi yang keuangan belum stabil mungkin perlu ekstra hati-hati dalam menggunakan dana yang ada selama lebaran. Menurut Mba Prita Ghozie, bagi yang mendapatkan THR, agar tidak habis untuk yang tidak berguna, ada baiknya mengalokasikan terlebih dahulu sesuai pos-pos prioritas.

Berikut tips alokasi prioritas dalam mengelola keuangan dana THR kita saat lebaran

1. Zakat Dan Sedekah

Sebelum digunakan untuk membayar tagihan-tagihan dan belanja, pertama yang perlu dilakukan adalah membayar Zakat dan Sedekah sebesar 20% dari pendapatan, baik itu gajian atau THR. 

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak" (Qs. Al Hadid: 18).

2. THR Untuk Keluarga Dan Pekerja

Di masa pandemi ini, mungkin ada beberapa kerabat yang tidak memiliki pekerjaan. Jadi kita bisa membantu mereka dengan memberikan THR untuk keluarga. 

Bagi yang memiliki bisnis dan sudah punya karyawan, prioritaskan juga THR mereka. Sebab para staf karyawan kita bagaimanapun juga memberikan kontribusi besar atas perkembangan bisnis kita.

3. Lunasi Pinjaman Online

Alokasikan dana THR  kita untuk melunasi beberapa pinjaman ke bank, bahkan kalau bisa semuanya. Agar tidak ada lagi hutang riba yang kita miliki. 

4. Kebutuhan Lebaran

Tidak perlu membeli pakaian baru ketika lebaran, apalagi masih dalam masa pandemi. Bongkar pakaian yang terbaik di lemari yang masih bagus untuk dipakai pada lebaran nanti. Belilah kebutuhan lebaran yang memang dibutuhkan bukan di inginkan.

5. Sisa THR Untuk Dana Darurat Dan Investasi

Sisa dari THR simpan untuk dana darurat yang suatu saat ketika kita butuh, kita tidak lagi panik apalagi sampai pinjam kembali ke bank. Selain itu juga putar lagi untuk investasi. Sebab tidak selamanya kita menjadi seorang karyawan, jadi investasilah untuk simpanan masa depan.


Konsisten dan komitmen kuat sangat diperlukan ketika THR sudah keluar. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena diri kita boros dan tidak bisa mengelola keuangan dengan baik menjelang lebaran.

Semoga bermanfaat ya and see you on my next blog post


Komik Masa Kecil

No comments

 


Beberapa hari lalu, aku ikut webinar salah satu brand yang membahas mengenai Hari Buku Sedunia. Salah satu poin yang dibahas adalah bagaimana caranya membangkitkan minat baca pada anak. 

Dulu sebelum digital berkembang pesat seperti sekarang, toko buku berjamuran dimana-mana dan anak-anak di zamannya gemar sekali baca buku, mulai dari buku komik, majalah dan jenis bacaan anak-anak lainnya.

Beda dengan zaman digital saat ini, anak-anak lebih senang menonton tayangan online dan juga membaca via online dari handphone dibanding buku. Disinilah peran orangtua muda untuk mengenalkan anak-anaknya sedini mungkin pada membaca.

Karena zaman sudah semakin canggih, maka membaca bukupun sudah bisa online. Ada beberapa aplikasi yang bisa kita unduh dari handphone kita dan membacanya tanpa harus pergi ke toko buku atau menumpuk buku di rumah.

Buat aku pribadi sih aku lebih suka baca buku beneran daripada buku digital, beda saja sih rasanya. Makanya aku suka banget kalau berkunjung ke perpustakaan. Senang sama suasananya dan suka sama aroma buku-buku di perpustakaan.

Aku pernah bahas mengenai Cerita Masa Kecilku Bersama Komik Candy-Candy yang hits di era 90an. Serunya adalah musti menunggu berbulan-bulan untuk menunggu komik berikutnya di rilis. Kayanya tuh ngga gaul saja sih kalo ngga punya komik di rumah.

Sebenarnya banyak komik-komik yang aku koleksi waktu zaman aku kecil selain komik Candy-Candy ini. Buat aku hiburan banget karena memang zaman dulu tahun 90an tuh belum terlalu banyak hiburan, walau Mall Pondok Indah sudah ada dan ke mall pun hanya bisa di weekend saja, jadi setelah pulang sekolah ya kegiatannya apalagi kalau tidak di isi dengan baca buku komik.

Komik koleksi aku selain Candy-Candy ada:

1. Komik Min Min



Cerita Min Min ini lucu, bercerita tentang penyihir buangan yang berwujud boneka. Ketika Min Min berwujud boneka, dirinya tidak bisa menggunakan sihirnya. Dia bisa menjadi manusia kalau dicium oleh seorang pria.

Agak lupa sampai berapa jilid komik Min Min ini dan selalu seru menanti rilis per jilidnya di toko buku. Kadang suka sold out dan musti menunggu sampai berminggu-minggu lagi untuk cetakan kedua.

2. Komik Detective Conan



Tidak hanya cerita lucu dan romantis saja yang aku koleksi, aku juga punya komik Detective Conan. Aku suka banget baca buku yang narasinya itu tentang detektif salah satunya ya Detective Conan ini. 

Detective Conan ini bercerita tentang seorang detektif remaja SMA yang berusia 17 tahun yaitu bernama Shinichi Kudo. Suatu hari Sinichi Kudo ini di serang oleh sindikat misterius yang memberikan dirinya racun misterius. 

Racun tersebut memberikan efek samping dimana sindikat misterius itupun juga tidak tahu efek sampingnya. Setelah di berikan racun, tubuh Shinichi menjadi mengecil seperti anak kecil yang berusia tujuh tahun. Kebayang dong ya serunya seorang Shinichi kecil memecahkan masalah dan bagaimana dia berusaha mengembalikan tubuhnya ke ukuran semula.

Bagi anak tahun 90an seperti aku ini, pasti tidak asing dengan komik Detective Conan ini yang sudah pernah dibuat filmnya juga. Gimana? Jadi ikutan bernostalgia? 

3. Komik Doraemon

Boleh dibilang Doraemon ini legend banget ngga sih? Hehe...bayangin saja dari aku usia 10 tahun kayanya deh, Film Doraemon ini selalu tayang setiap hari Minggu pagi di salah satu televisi swasta. Film Doraemon ini selalu berhasil membuat aku bangun pagi di hari Minggu.

Doraemon dikirim ke bumi untuk memperbaiki kehidupan Nobita, Nobita sendiri dikisahkan selalu memiliki kehidupan yang gagal dalam banyak hal baik itu pelajaran sekolah, pekerjaan, keuangan bahkan percintaan.

Komik ini hiburan banget, kalau baca komik Doraemon ini selalu buat ketawa-ketawa sendiri jadinya. Menurut aku sih mau komik ataupun filmnya tetap keren.

Semua anak tahun 90an pasti pernah koleksi komik. Kalau teman-teman komik apa saja yang pernah di koleksi di rumah zaman kecil dulu? Sharing dong di kolom komentar.




 

 

 

 

 

https://www.idntimes.com/hype/throwback/nursyamsi-kusuma-dewi/5-komik-ini-dulu-jadi-andalan-hiburan-anak-90an-c1c2/5/full

Momen Ramadhan Yang Selalu Dirindukan

No comments

 


Ramadhan tiba..Ramadhan tiba...

Senang rasanya Allah masih memberikan kesempatan kepada diri ku ini untuk menikmati Ramadhan kembali. Tidak henti-hentinya bersyukur dan berdoa selalu agar diberikan kesehatan dan umur panjang agar bisa menikmati Ramadhan berikutnya dan memperbaiki segala amal pahala di dunia.

Walau ramadhan tahun ini masih dalam masa pandemi, tetapi tidak menyurutkan semangat puasa dan ibadah di bulan suci ramadhan ini. 

Ramadhan bagi semua umat muslim merupakan bulan yang penuh berkah dan selalu dinantikan. Sebab dalam setahun hanya sebulan saja ramadhan berlangsung. Semua umat muslim pun berlomba-lomba mencari amal pahala sebanyak-banyaknya. 

Tidak hanya puasa saja yang dinantikan tapi ada juga beberapa momen yang dirindukan selama bulan ramadhan. Aku pun sangat merindukan beberapa momen yang hanya di dapatkan di bulan ramadhan ini dan suka merasa sedih ketika ramadhan sudah berakhir.

Suasana Sahur 

Rasanya dimana-mana hampir ketika saat sahur, selalu ada suasana yang berbeda di rumahnya. Di komplek rumah aku, selalu ada sekelompok anak-anak yang membangunkan sahur setiap jam 02.30 - 03.00 WIB. Mereka membangunkan dengan menabuh drum kecil sambil berteriak "Sahuuuur...Sahuuuur...".

Dulu ketika anak-anak aku masih pada balita, aku suka sebal sih karena suara berisiknya suka bangunin anak-anak. Sehingga aku agak sedikit repot menyiapkan menu sahur. Belum lagi di tambah balita-balita ini pada tidak mau tidur lagi sampai jam 10 pagi. Alhasil aku jadi kurang tidur selama puasa.

Tetapi ternyata hal ini menjadi momen yang sangat aku rindukan di bulan ramadhan ini. Walau sekelompok anak-anak remaja yang membangunkan sahur suka dianggap mengganggu karena berisik, tetapi menurut aku nilai positifnya mereka dengan tulus membangunkan orang-orang untuk sahur. 

Aku juga selalu berdoa agar mereka diberikan amal pahala yang terbaik karena sudah membantu membangunkan warga setempat untuk sahur.


Buka Puasa Bersama

Puasa tidak hanya aku lakukan di bulan ramadhan saja tapi juga terkadang aku rutin melaksanakan puasa sunah Senin Kamis. Tentu ketika berbuka puasa sunah Senin Kamis, rasanya beda ketika buka puasa di bulan ramadhan. Padahal terkadang menu bukanya tidak jauh beda dengan menu buka puasa sunah Senin Kamis yang aku lakukan.

Atmosfer dan eforia ramadhan memang tidak bisa dipungkiri bahwa menjadi momen yang dirindukan. Apalagi jika buka puasanya bersama keluarga tercinta, mau menunya sederhana atau menunya komplit tetap rasanya akan beda jika berbuka puasa bersama orang tercinta.

Aku pernah merasakan umrah di bulan ramadhan dan ketika suasana buka puasa di madinah maupun mekkah, biasanya 1 jam sebelum buka, pelataran Masjid Nabawi dan juga Masjidil Haram sudah penuh dengan jamaah-jamaah yang menunggu adzan maghrib.

Hidangan sederhana seperti kurma, roti cane, buah pisang, buah apel, yoghurt dan kadang nasi mandhi pun di hidangkan di sepanjang shaft sholat yang sudah dialasi dengan plastik. 

Kalau di Madinah dan Mekkah, semua orang berlomba-lomba bersedekah makanan untuk berbuka puasa, sebab mereka yakin Allah akan mengganjar amal pahala berlipat-lipat ketika memberikan makan kepada orang yang berpuasa.

Rasanya ingin lagi merasakan momen istimewa ini, semoga Allah cukupkan rezeki kita semua agar bisa merasakan momen ramadhan di tanah suci Madinah dan Mekkah


Shalat Tarawih Berjamaah

Tentu kita semua tahu bahwa sholat tarawih hanya bisa dilakukan di bulan suci ramadhan saja. Maka dari itu sholat tarawih menjadi salah satu momen ramadhan yang selalu dirindukan bagi umat Islam termasuk aku tentunya dong.

Semasa SD dulu, setiap ramadhan selalu diberikan buku agenda ramadhan untuk mengetahui apakah murid-murid yang muslim melaksanakan puasa, baca Al Quran dan sholat Tarawih atau tidak. 

Ditambah lagi dibuku agenda ramadhan itu kita para murid diwajibkan menulis rangkuman ceramah ustad di masjid. 

Pelaksanaan sholat tarawih di berbagai tempat pun beragam. Ada yang 11 rokaat dan ada yang 23 rokaat, belum lagi bacaan suratnya yang panjang-panjang. Waktu masih SD, aku paling senang jika ketika sholat tarawih, dapat Imam sholat Tarawih yang bacaan suratnya pendek-pendek, sehingga sholatnya tidak terlalu lama 😀😀. 

Selama pandemi ini, aku dan keluarga kecilku melaksanakan sholat di rumah. Sudah dua kali ramadhan seperti ini. Karena kami mencegah agar tidak terpapar virus Covid-19. Walau di komplek rumah ku, mesjid dan mushola tahun ini sudah mulai di buka untuk umum, tetapi aku dan keluarga tetap melaksanakan sholat tarawih berjamaah di rumah.


Takjil dan Es Buah

Sebenarnya menu takjil untuk berbuka puasa itu terkadang kita konsumsi di hari-hari biasa yang di luar ramadhan. Tapi tetap saja rasanya itu beda jika menyantapnya di bulan suci ramadhan, dimana menu takjil ini menjadi menu santapan awal ketika berbuka puasa.

Ketika bedug maghrib, tidak jarang kita biasanya menyantap yang manis-manis atau yang dingin-dingin dulu, seperti kolak pisang, es kolang-kaling atau es buah. Setelah menu takjil disantap, kita semua lanjut sholat maghrib dulu lalu menyantap menu utamanya. Walau tidak jarang ada beberapa yang menyantap menu utamanya setelah tarawih selesai.

Beragam takjil juga di jual di pinggir-pinggir jalan yang biasanya sepi, ketika ramadhan tiba-tiba ramai. Suasana hiruk pikuk orang berdagang menjadi sebuah seni tersendiri selama bulan ramadhan. Banyak tiba-tiba muncul pedagang 'dadakan' yang memanfaatkan momen ramadhan untuk mencari rezeki dan keberkahan.


Tidak terasa ramadhan sudah memasuki hari ke 12 menuju ke 13, walau dua kali ramadhan yang aku jalani ini adalah puasa ramadhan di masa pandemi, alhamdulillah masih bisa menikmati momen-momen ini tanpa kekurangan apapun.

Bagaimana puasa teman-teman semua? Semoga tetap semangat menjalankannya ya, walau pandemi belum juga berakhir, kita terus kirim doa agar tahun depan pandemi sudah tidak ada lagi. 







Woman Creative Partner













Skill Academy Platform Pelatihan Terbaik Untuk Prakerja

No comments

 


Assalamualaykum,

Beberapa hari lalu, di grup alumni sekolah, ada salah satu teman yang mencari lowongan pekerjaan. Akibat imbas dari pandemi, tempat dia bekerja terpaksa harus memberhentikan sebagian karyawannya dan teman aku ini salah satu yang terkena pemutusan hubungan kerja.

Tentu bukan hal yang mudah mencari pekerjaan di masa pandemi ini dan untuk membuat suatu bisnis pun bukan hal yang mudah juga jika modal yang ada terbatas. Salah satu teman aku yang lain menyarankan untuk coba mencari tahu tentang prakerja, yang saat ini mungkin bisa membantu teman-teman yang terkena pemutusan hubungan kerja dari tempatnya bekerja dan temanku ini menyarankan coba cari tahunya di Skill Academy by Ruang Guru dimana merupakan salah satu platform pelatihan terbaik untuk prakerja.

Atas informasi inilah aku jadi tertarik mencari tahu apa itu prakerja dan seperti apa sih program di Skill Academy by Ruang Guru ini. Pada artikel kali ini, aku akan membahas detail mengenai Skill Academy, yang mana merupakan salah satu platform resmi untuk Prakerja. Sekalian aku akan bahas mengenai manfaat, syarat, dimana bisa mendapatkan informasi dan juga bagaimana cara daftarnya agar bisa mendapatkan kartu prakerjanya.

Kita tahu bahwa ketika awal pandemi, Indonesia melakukan yang namanya Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam rangka Percepatan Penanganan COVID-19. Dampak positifnya adalah mencegah meluasnya virus Covid-19 ini tetapi di dalam sektor ekonomi terjadi dampak yang membuat sebagian masyarakat harus mengalami beberapa masalah terhentinya aktifitas kerjanya. 

Sektor ekonomi adalah wajah kehidupan nyata masyarakat yang ikut terdampak. Dampak pada sektor ekonomi juga terlihat dari aktifitas beragam usaha di badan-badan usaha swasta maupun milik negara. Aktivitas publik banyak berhenti dan bahkan ada yang dihentikan, baik secara sukarela maupun dipaksa. 

Melalui program Kartu Prakerja yang sudah ada, pemerintah berharap bisa membantu beberapa masyarakat Indonesia yang terkena dampak dari pandemi ini. 


Mengenal Apa Itu Kartu Prakerja



Kartu Prakerja adalah salah satu program pemerintah untuk mendukung tumbuh kembang perekonomian di Indonesia. Seperti yang tadi sudah aku tulis diatas bahwa akibat dari pandemi ini, banyak beberapa perusahaan yang mengalami masalah ekonomi di perusahaan mereka dan akhirnya ada yang memberhentikan sebagian karyawannya, karena itu dengan adanya kartu prakerja ini, diharapkan dapat mengatasi PHK yang terjadi dimana-mana.


Manfaat Dari Kartu Prakerja

Bagi teman-teman yang masih ragu apa sih manfaat dari mendaftar Kartu Prakerja ini? Dari yang aku pelajari, jika teman-teman mendaftar kartu prakerja maka akan dapat membantu kita dalam hal meringankan dan mengurangi biaya pelatihan di beberapa platform yang di tunjuk dalam mensupport program prakerja ini. 


Syarat dan Cara Mendaftar

Untuk syaratnya sih sederhana ya, yaitu warga negara Indonesia yang usianya minimal 21 tahun atau sudah menikah dan tidak sedang sekolah atau kuliah. Setelah memenuhi syarat ini maka silahkan mendaftar dan cara mendaftarnya adalah : Buat akun prakerja, Isi data diri dan Ikuti tes (lengkapnya bisa lihat di Blog Daftar Prakerja.


Mengapa Skill Academy by Ruang Guru?

Ada beberapa mitra yang bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam program Kartu Prakerja ini dan salah satunya adalah Skill Academy by Ruang Guru. Ketika teman-teman nanti masuk ke websitenya Skill Academy, teman-teman bisa pilih pelatihan mana yang dapat meningkatkan skill dalam mengembangkan kemampuan dalam menghadapi dunia kerja.

Bagi yang belum tahu apa sih Skill Academy itu, yuk kenal lebih jauh. 

Skill Academy adalah salah satu inovasi terbaru dari Ruang Guru. Yess..kalo Ruang Guru pasti sudah pada tahu dong ya. Ruang Guru adalah salah satu aplikasi berbasis pendidikan atau mungkin dikenal dengan bimbingan belajar yang terbaik dan nomor satu ya menurut aku. Kenapa terbaik? Karena telah memiliki lebih dari 22 juta pengguna dari 100 bidang pelajaran, jadi sudah pasti Skill Academy juga merupakan platform pelatihan terbaik di Indonesia.

Skill Academy sendiri sudah mendapatkan penghargaan dari Dailysocial dan Best Personal Growth App dari Google Playstore. Sebab Skill Academy sudah mendapatkan rating 5 sempurna dari 350.000+ pengguna, kereen dong ya.


Ada Apa Saja Di Skill Academy?

Teman-teman bisa mendapatkan banyak ilmu di sana, mulai dari kelas bisnis sampai pengembangan hobi yang teman-teman punya. Pokoknya semua keterampilan ada  di Skill Academy dan jangan khawatir dengan harga, sebab menurut aku kelas-kelas yang ada di Skill Academy itu semuanya terjangkau dan ekonomis. 


Bisa dilihat di websitenya, pelatihan apa yang ingin kita ambil, karena ada beberapa pelatihan seperti:

  • Mentoring
  • Bisnis dan Keuangan
  • Pemasaran
  • Pengembangan Diri
  • Teknologi dan Software
  • Persiapan Tes 
  • Prakerja

Seperti yang tadi aku bilang bahwa harga kelas-kelasnya sangat terjangkau dan ekonomis. Walau harganya terjangkau dan ekonomis, ilmu yang diberikan adalah ilmu yang bukan sembarang ilmu dan diberikan langsung oleh para instruktur atau mentor yang terbaik di bidangnya.



Setelah selesai mengikuti kelas yang sudah dipilih, nanti teman-teman masih bisa baca-baca lagi materinya, karena materi dapat di akses selamanya dan juga kita pun akan mendapatkan sertifikat setelah selesai mengikuti pelatihan yang sudah kita ikuti. 

Jadi sekali lagi bagi teman-teman yang sudah mendaftar Kartu Prakerja, hayuuk deh silahkan pilih kelas-kelas yang sesuai dengan karir apa yang ingin teman-teman capai di Skill Academy, sebab semua ilmu sudah lengkap disini.

Oia satu hal lagi, jangan sampai ya teman-teman tertipu dengan informasi mengenai Prakerja, karena banyak banget link-link hoax yang tidak resmi seputar pembukaan pendaftaran Prakerja. Jangan sampai kita main memberikan data-data pribadi kita. Cek terlebih dahulu apakah benar atau tidak, jadi hati-hati ya sekali lagi.

Ok semoga bermanfaat sharing aku kali ini dan semangat untuk teman-teman yang terkena dampak pandemi ini. Sama-sama berdoa agar pandemi segera berakhir. Manfaat kan waktu kita saat ini dengan menggali potensi dengan menambah ilmu kita dan jangan lupa ikuti kelas-kelas yang bagus dan terbaik hanya di Skill Academy by Ruang Guru.

See you on my next blog post 💖💖






Woman Creative Partner


Cara Asik Bersosialisasi Saat Pandemi

No comments

 

Assalamualaykum,

Setahun sudah kita merasakan hidup di masa pandemi yang katanya era New Normal. Mau bagaimana lagi ya kan, namanya juga hidup, ya harus dijalankan. Waktu dua bulan pertama di galakan yang namanya PSBB, aku merasa enjoy banget dan serasa menikmati hidup tanpa rutinitas anter anak sekolah yang mana aku ngga perlu bersitegang pagi-pagi dengan kendaraan yang suka seenak-enaknya saja di jalan. 

Kedua, aku bisa bebas dari jadwal meeting dengan klien dan yang ketiga bisa melakukan hobi aku di rumah dengan bebas plus juga aku bisa sholat berjamaah sama pak suami yang selama ini setiap sholat lima waktunya ke mesjid.

Tapi masuk bulan ke tiga, mulai deh rasa bosan melanda dan stress akibat tabungan mulai berkurang dimana pemasukan pun sama berkurang. Rutinitas yang dilakukan ya itu-itu saja tanpa kekuar rumah. Mulai ada rasa mellow sebentar, tetapi akhirnya itu hanya sebentar.

Di masa seperti ini justru waktunya untuk aku muhasabah, merevisi pekerjaan bisnis aku selama ini, memperbaiki tulisan aku dan memperbanyak skill lagi. Jadi ketika pandemi berakhir, aku seperti terlahir kembali dengan pribadi yang baru, bisnis aku bisa fresh lari kencang dan omset naik tinggi ditambah aku punya banyak sekali skill-skill baru yang siap aku sharing.


Mulai Dari Mana?

Untuk membuat suasana pandemi menjadi asyik tentunya mulai dari diri sendiri dulu yaitu berpikir positif dan semangat menghadapi hari demi hari untuk menyambut kehidupan yang lebih baik walau masih dalam masa pandemi. 

Lalu aku membuat catatan kecil apa saja nih yang menjadi prioritas aku untuk aku lakukan selama masa pandemi ini. Setelah itu buat planningnya bagaimana merealisasikan, butuh wadah apa saja untuk mensupport kegiatan aku ini.


Cara Asik Saat Pandemi Ala Cilya

1. Gabung Banyak Komunitas

Mulai dari komunitas mompreneur, komunitas masak (walau 10% doang aku praktekin ehehe), sampai komunitas komunitas meditasi. Tentunya komunitas-komunitas ini adalah tambahan dari komunitas blogger yang sudah aku ikuti. 

Dari sini kita jadi menambah lebih banyak teman dan nilai plusnya adalah juga menambah ilmu juga, selain yaaa tetap bisa menjaga kewarasan diri ya 


2. Ikut Webinar Edukatif

Selama masa pandemi, semakin banyak kelas-kelas belajar yang diadakan secara online baik via meeting room atau live di media sosial. Hal ini menjadi sebuah kesempatan untuk aku dalam hal mengembangkan potensi diri sambil menambah skill baru. 

Webinar ini menjadi salah satu cara asik buat aku dalam besosialisasi selama masa pandemi. Walau online dan tidak bertemu langsung tapi dengan bertatap muka via online, sudah merasa bahwa aku tidak sendirian 😁


3. Buat Live Edukatif di Media Sosial

Untuk mengasah skill yang ada ditambah ilmu-ilmu baru yang aku dapat selama pandemi,  agar ilmu-ilmu tersebut tetap berguna, maka aku harus praktek. Biasanya aku mengisi seminar-seminar offline, nah karena pandemi ini akhirnya aku mulai mencoba membuat acara talkshow live di media sosial aku.

Awal agak ragu sih, apakah ada yang nonton atau tidak, tapi aku tetap adakan live talkshow di media sosial komunitas aku. Makin kesini semakin percaya diri saja. Walau belum sampai ratusan yang ikut menyaksikan, tapi paling tidak aku sudah berani melakukannya. 


4. Ikut Virtual Traveling

Ini salah satu hal yang seru banget, bisa mengobati rasa rindu jalan-jalan. Selama pandemi kemarin, hampir seluruh negara menutup akses masuk ke negara mereka, dengan maksud untuk memutus mata rantai yang namanya virus Covid-19. Otomatis industri pariwisata pun hampir lumpuh karena pandemi. 

Untuk mengobati rasa rindu, banyak beberapa komunitas atau travel yang membuat ide virtual traveling, baik traveling domestik maupun ke luar negeri. Selain menghibur, kita juga jadi lupa akan pandemi.


5. Ikut ODOP di ISB dan Rutin Nulis Blog

Selama pandemi, aku jadi punya banyak waktu untuk update dan merapikan blog aku. Senang rasanya blog aku kembali kepada posisinya awal yaitu banyak tulisan organik di dalamnya. Untuk mengasah skill dan menyemangati aku dalam menulis, aku ikutan ODOP (One Day One Post) yang di adain oleh komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur). 

Tema yang dibuat beragam dan ini menjadi challenge tersendiri untuk aku, mencoba mengolah tulisan yang sesuai dengan niche aku, tapi tetap pada tema yang di tentukan. ODOP bisa membuat aku menjadi kreatif dan terus berkarya lewat tulisan. 


Ternyata setelah aku menulis ini, jadi sadar lho kalau selama pandemi ini banyak hal positif juga yang aku dapatkan. Selama diisi dengan hal-hal positif dan dilakukan dengan bahagia, maka hasilnya pun Insha Allah akan bermanfaat bagi diri kita.

Kalau teman-teman gimana? Cara asik bersosialisasi seperti apa selama pandemi? Share yuk di kolom komentar






Woman Creative Partner


Putar Balikkan Kelemahan Jadi Kekuatanmu

No comments


Assalamualaykum,

Ceritanya beberapa hari lalu, aku mendapat satu pelajaran dari si bungsu. Sebenarnya sih sederhana ya dari sudut pandang kita orang dewasa, tapi aku jadi berpikir, dulu ketika aku kecil pun sama kali ya pikiran serta perasaannya seperti si bungsu ku ini.

Jadi, dia tahu kalau dia itu merasa belum bisa menulis cepat, selalu ketinggalan menulis kalau sedang di dikte oleh gurunya. Untuk kategori level anak kelas 2 SD, menurut aku sih ketinggalan dalam menulis cepatnya ketika di dikte masih kategori normal, karena bukan hal yang masalah banget, tapi bagi si bungsu merupakan sebuah masalah besar dalam hidupnya saat ini 😀. 

Ketika aku tanya kenapa tidak bisa menulis dengan cepat, alasannya sih kalau cepat-cepat tulisannya jadi tidak rapi. Ok bagi si bungsu yang sudah terlihat tipe melankolisnya ini, rapi adalah keutamaannya, sehingga menulis cepat bagi dia membuat dirinya merasa tidak nyaman karena merusak tatanan atau susunan kerapihan tulisannya... Ya ampun, coba ya anak kelas 2 SD ini boo, sudah mikirin susunan template tulisan yang rapi. Tapi aku patut acungkan jempol sih sama sifatnya ini.

Lalu aku coba tanya lagi ke si bungsu aku ini, kira-kira apa yang akan dia lakukan agar tidak ketinggalan, tetapi tulisannya tetap rapi? Aku tidak mengharapkan jawaban yang benar dari si bungsu, tetapi paling tidak dia paham dan bisa memperbaikinya pelan-pelan.

Aku pun juga beritahu, bahwa jika tulisannya tidak rapi bukan berarti tidak sempurna, ada hal yang lebih penting untuk dia kejar yaitu informasi dan pelajaran dari gurunya, nanti setelah selesai bisa dia rapikan lagi. Hal ini juga menjadi sebuah challenge dia untuk bisa melakukan keduanya, tulis cepat tapi tetap rapi walau rapinya ala level anak kelas 2 SD.

Dari cerita anak bungsuku inilah, ada some point yang aku belajar bahwa, untuk mencapai standar kesempurnaan, pastinya tidak akan ada habisnya. Ya seperti kita deh, yang ingin pekerjaan rumah selesai, rumah rapi, masakan enak, tetap terlihat cantik dan pintar setiap hari, dimana jika bisa tercapai semua itu, kita menjadi wanita yang sempurna. Kalau standar kita seperti ini, ketika ada salah satu yang tidak tercapai maka kita langsung men-judge diri kita ini lemah dan tidak bisa mengejar kesempurnaan itu.

Setiap orang itu memang diciptakan berbeda-beda, ada yang perbedaannya terbentuk dari nature (alami) atau ada yang terbentuk dari nurture (pendidikan atau pengaruh lingkungan). Jadi dengan adanya perbedaan antara satu orang lain dengan orang lain menjadikan seperti sebuah kelemahan di mata orang lain. Kalau kita lihat dari sudut pandang positif, sebenarnya perbedaan itu adalah kelebihan kita, bukan kelamahan.

Dengan mengubah sudut pandang dan memahami bahwa setiap manusia itu berbeda, diri kita berbeda merupakan langkah awal dalam mulai memahami bahwa kelemahan kita bisa menjadi kelebihan kita. 

Jadi..yuk belajar melihat kelemahan kita menajdi kekuatan kita. Aku pun sama sedang proses belajar dan belajar agar tidak mudah insecure dan menjadikan kelemahan aku menjadi kekuatan aku







Woman Creative Partner








Setiap Orang Spesial

No comments

 



Assalamualaykum,


"Kok aku sepertinya gendutan ya? Ingin sekali bisa kaya Dian Satro, sudah punya anak dua tapi masih Ok badannya..."

"Kenapa ini wajahku susah sekali glowing, tidak seperti artis Korea"

Sering tidak sih teman-teman mengatakan seperti ini kepada diri sendiri? Rasa tidak percaya diri, rasa minder atau insecure selalu tiba-tiba muncul dalam diri kita. Padahal hal seperti ini tidak baik bagi pertumbuhan kejiwaan kita. Walau sudah tahu tidak baik, tetapi kenapa ya kok kita kadang masih suka berpikir seperti ini. 

Kalau hal ini terus di tanamkan dalam alam bawah sadar kita bahwa kita tidak pintar, tidak cantik, tidak kaya atau tidak sempurna seperti orang lain, maka tambah lama kita akan membenci diri kita, kalau sudah benci artinya sulit untuk bahagia.

Pernah tidak teman-teman membaca berita beberapa artis di luar negeri yang bunuh diri. Padahal  kalau dilihat dari kacamata kita, mereka kurang apa sih, tajir iya, cantik atau ganteng iya...Tapi kenapa bisa mereka kok bunuh diri? 

Bisa jadi mereka tidak bahagia, mereka benci dengan kehidupan mereka. Kenapa bisa begini ya karena hidup mereka tidak bersyukur dan sering membandingkan dengan kehidupan orang lain.


Ada satu artikel yang aku dapatkan dari psychcentral.com yang judulnya When You Fell Worthless. Disini membahas bahwa bagaimana kita memandang diri kita ini berharga dan spesial. Kira-kira apa saja langkahnya agar kita bisa membangun positive mind dalam diri kita agar kita yakin diri kita berharga.


1. Bersyukur 

Ketika kita membangun rasa bersyukur kita dalam segala aspek kehidupan baik itu dari bersyukur diberikan keluarga, diberikan pekerjaan, diberikan anggota tubuh, diberikan kehidupan, bersyukur bisa menghirup udara segar, maka kita akan merasa lebih baik dan positif.

Ketika positif maka kita akan fokus pada hal-hal yang positif juga dan kita pun akan bahagia. Kelihatan klise memang, ketika sedang tertimpa masalah kok disuruh berpikir positif. Aku pun sama sedang masa belajar dalam proses tahapan ini yaitu ketika sedang ada masalah, mencoba untuk berpikir positif, dan mencoba untuk tetap bahagia. 

Walau belum sempurna tapi ketika kerap kali aku mencoba, hati ini merasa plong. Aku merasa bersyukur di kasih cobaan sebab dengan cobaan ini aku bisa belajar menjadi pribadi yang tawadhu dan tidak sombong.


2. Aktif Berorganisasi

Aktif berorganisasi atau ikut komunitas dan berkontribusi didalamnya bisa membuat diri kita berharga lho. Kita akan menjadi berharga jika kita memberikan banyak manfaat kepada orang lain. Berikan manfaat sesuai dengan kemampuan skill kita yang ada.

Misal kita suka masak, sharing saja seputar masak seperti bagaimana merebus daging supaya empuk. Atau jika kita suka menjahit, bisa kasih tips memilih bahan yang kualitas terbaik harga terjangka dan lain-lain. Simple buat kita tapi bisa jadi bermanfaat bagi orang lain. 


3. Afirmasi Diri Kita Spesial

Setiap manusia pasti memiliki kelebihan masing-masing. Ada yang melihat kelebihan dirinya dan memanfaatkannya dengan positif, tetapi tidak jarang juga ada orang yang tidak mau melihat dirinya memiliki kelebihan.

Tidak mau bukan tidak bisa. Mereka yang tidak mau adalah golongan orang yang merugi dan biasanya cenderung membanding-bandingkan kehidupan mereka dengan orang lain. Membandingkan diri mereka kenapa tidak secantik Sophia Latjuba, tidak sepintar Dian Sastro, dan masih banyak lagi hal-hal yang dibandingkan dengan orang lain. 

Aku juga pernah seperti ini, merasa hidung aku ngga mancung, kenapa mata aku ngga belo tapi satu sisi ada orang lain yang memuji kalau aku ini cantik, punya mata yang unik, pintar dan awet muda. Kalau aku ngga bersyukur dan tidak mengafirmasi bahwa aku ini spesial, maka bisa dipastikan hidup aku tidak akan bahagia karena yaitu tadi, kadar bahagianya adalah jika punya wajah cantik seperti Sophia Latjuba, lah gimana caranya? Mau operasi plastik pun juga tidak akan seperti dia mukanya, malah mungkin bisa jadi aneh kali ya muka aku ehehe.


4. Self Talk

Sering kan dengar istilah self talk? Dengan rajin berbicara dengan diri sendiri bahwa kita ini berharga, dengan mengucapkan terima kasih sudah diberikan nikmat sehat, nikmat umur panjang, maka rasa bersyukur pun akan timbul. Pikiran kita pun akan menjadi positif dan lebih ringan rasanya beban pikiran tidak ada.

Rutin lakukan self talk pagi hari habis bangun tidur (sebelum memulai aktifitas) dan juga malam hari sebelum tidur (akhir dari aktifitas harian kita). Dengan begini kita akan merasa diri kita berharga dan spesial.


Semoga kita menjadi pribadi yang selalu bersyukur karena Setiap Orang Itu Spesial....


See you on my next blogpost 💖💖 







Woman Creative Partner

Ini Yang Saya Lakukan Ketika Mengalami Kegagalan

1 comment

 



Assalamualaykum,

Malam ini, di rumah aku hujan turun deras. Awal tahun 2021 memang lagi sering hujan nih, semoga memang pertanda rezeki dan kebaikan untuk aku di tahun 2021 ini...Aamiin YRA.

Selama 2 tahun kemarin memang masa aku lagi mencoba bangkit ketika bisnis satu-satunya mengalami penurunan. Mencoba bangkit dan tidak mengandalkan satu sekoci pendapatan dalam hidupku. Iya .. pengalaman kegagalan yang tidak mau lagi aku rasakan. 

Ketika sedang mencoba bangkit dan membangun jaringan bisnis satu lagi yang baru aku bangun, tiba-tiba cobaan pandemi karena adanya wabah virus Corona datang. Wow banget kan cobaan yang aku dapat. Sempat sih aku merasa insecure, menarik diri dari my social life. Insecure-nya sih lebih karena aku merasa sedang gagal dan ingin muhasabah diri dulu agar tidak terlalu down ketika bertemu orang lain.

Masalah dari penurunan bisnis aku 2 tahun ini tidak membuat aku down banget sih, dibanding 9 tahun lalu ketika aku juga mengalami kegagalan dalam bisnis. Mentalnya sudah lebih 'jadi', sudah lebih matang menghadapinya dengan tahu apa nih yang harus segera aku lakukan.


Proses bangkit itu bukanlah hal yang mudah. Tidak semudah kata-kata para motivator yang menyemangati "Ayooo...kamu bisaa. Terus bangkit..." . Teori lebih mudah dibanding dengan kenyataan mewujudkan teori tersebut. Tetapi ketika kita sudah lakukan step by step teori-teori yang kita pelajari, semua akan menjadi terasa mudah menjalankannya.

Apa yang aku lakukan untuk bangkit lagi? Aku melakukan DAI. Apa itu DAI? 

1. Doa dan Muhasabah

Berdoa itu tidak hanya ketika kita sedang mengalami kesulitan saja, tetapi setiap apa yang akan kita lakukan seperti mulai makan, mulai mau tidur, mau mandi, mau meeting dengan klien tentunya kita perlu lakukan berdoa. Setiap kita berdoa, Insha Allah akan selalu di ijabah oleh Allah, hanya bedanya ada yang bentuk jawaban Nya langsung dan ada yang tidak langsung.

Ketika aku menghadapi masalah kemarin, tentu aku tidak mengurangi doa aku, justru menambahnya sambil aku muhasabah diri. Muhasabah diri disini lebih kepada mengevaluasi apa yang kemarin sudah aku lakukan. Apakah aku ada mendzolimi orang lain, apakah ada sedekah aku yang kurang, ibadah aku yang belum intens dan masih banyak hal lagi yang urusannya seputar habluminanas dan hambluminallah. 

Setelah itu aku baru mengevaluasi strategi bisnis yang kemarin sudah aku lakukan. Apakah strategi yang aku lakukan kemarin sudah efektif atau belum dalam kenaikan omset bisnis aku. Semua ini dilakukan dengan tenang. Sebab jika diri kita gelisah maka kita tidak bisa melakukan muhasabah diri, doa pun tidak akan khusyuk. 

Keluarkan semua masalah, nangislah jika memang kita perlu nangis dan lakukan dengan tenang. Ketika inilah momen kita akan merasa lebih dekat dengan sang Maha Pencipta. 


2. Action 

Jangan terlalu lama terpuruk, bangkitlah...dunia ini indah ketika kita melihat dari sudut pandang yang berbeda. Setelah aku melakukan step pertama yaitu berdoa dan muhasabah diri, aku harus memutuskan segera bangkit. Dari langkah DAI, yang kedua adalah Action.

Ketika dalam doa, aku mengucapkan taubat, ingin memperbanyak sedekah, memperbaiki habluminanas dan habluminallahnya maka tentu aku harus actionkan doa dan janji aku ini di dalam kehidupan dan aktivitas aku.

Ketika sudah mengevaluasi strategi bisnis dan memperbaiki yang kurang, aku pun langsung mempraktekkannya dan ikhtiar dengan lebih tenang menjalankannya. Agar tidak lagi melakukan kesalahan yang kesekian kalinya. 

Action, ikhtiar, berusahalah dengan mindset yang positif dan hati yang bahagia, begitu kata guru spiritual aku. Ketika positif thinking serta hati kita bahagia, maka hasilnya Insha Allah akan bermanfaat dan lebih baik dari sebelumnya.


3. Ilmu dan Optimis

Sambil Action atau ikhtiar, aku mengupgrade diri aku juga dengan ilmu. Ilmu yang aku aku cari tidak hanya ilmu duniawi saja tapi juga ilmu agama aku, agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Action atau ikhtiar yang aku lakukan akan lebih memiliki manfaat jika ada ilmu di dalamnya. 

Seperti Hadist Riwayat dari Imam Baihaki : "Sebaik Baik Manusia adalah yang paling Bermanfaat Bagi Orang Lain". Karena itu untuk menyemangati diri agar bangkit dari keterpurukan, aku selalu ingat hadist riwayat ini agar aku bisa bangkit dan menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain.


Bagi teman-teman yang saat ini sedang merasa down, yuk bangkit..ingat Allah selalu bersama dengan kita dimanapun kita berada. Allah tidak akan memberikan ujian kepada hambaNya diluar batas kemampuan hamba Nya. Oleh sebab itu yakinlah Allah akan selalu menjaga kita.


Semoga bermanfaat dan see you on my next blogpost





Woman Creative Partner





Let's Read Dongeng Bergambar Sebelum Tidur

2 comments

 


Kegiatan aku selama pandemi selain jadi rajin masak, buat cemilan, menjadi guru belajar bagi si bungsu selama SFH, aku juga jadi Ibu pendongeng 😁. Sebelumnya aku memang sudah suka bacakan anak aku buku cerita bergambar, tapi jarang banget mendongengkan si bungsu sebelum tidur.

Si bungsu ku ini sejak pisah kamar dengan aku, sudah jarang minta aku untuk membacakan dongeng untuknya sebelum tidur. Saat ini usianya sudah menginjak 7 tahun dan dia sudah mandiri tidurnya, walau masih satu kamar sama kakaknya.

Tapi semenjak pandemi ini tentu ia jadi lebih memiliki banyak waktu luang setelah kelas daringnya dan begitu juga aku. Oleh karena itu mendongeng sebelum tidur pun menjadi rutinitas aku hampir setiap hari baik itu tidur siang dan ketika mau tidur malam selama pandemi ini. Buku yang aku bacakan pun sengaja yang bergambar agar membaca menyenangkan bagi si bungsu dan dia bisa mendapatkan tambahan visual serta imajinasi daya olah pikir di otaknya. 

Buku cerita anak yang aku beli untuk anak bungsuku ini beragam, mulai dari buku cerita islami, pengetahuan antariksa sampai buku cerita bergambar mengenai legenda masyarakat. Kebetulan sekali adik aku yang bungsu adalah salah satu illustrator buku cerita anak, jadi suka dapat referensi buku cerita anak bergambar yang terbaru dari karyanya. 

Legenda Rakyat "Ikan Mas Ajaib" (Ilustrasi @dinovwati)


Aku sendiri gemar sekali membaca buku, mulai dari buku novel sampai buku mengenai pengembangan diri dan bisnis. Maka dari itu, kegemaran baca ini, sudah aku ajarkan kepada anak-anak aku sejak dini. Waktu zaman aku kecil dulu, agak sulit mencari buku cerita anak yang bergambar. Kalau mau cari pasti adanya buku cerita bergambar dari luar negeri yang ilustrasinya lebih anak-anak banget, mulai dari warna hingga illustrasi gambarnya. Tetapi sekarang sudah banyak para illustrator gambar cerita anak yang membuat ilustrasinya lebih bagus dan ramah anak.


Manfaat Mendongeng Cerita Bergambar Pada Anak

Sebenarnya apa sih manfaat dari membaca dongeng bergambar bagi anak? Pada masa golden age di mana otak anak adalah dalam masa berkembang, buku cerita anak bergambar bisa menjadi sebuah media pembelajaran yang baik untuk diberikan pada anak-anak. Kita sebagai seorang ibu yang juga madrasah bagi anak, bisa memanfaatkan buku cerita bergambar untuk mengoptimalkan perkembangan otaknya.

Dari beberapa talkshow parenting yang aku ikuti, berikut adalah manfaat dari mendongeng bergambar bagi anak:

Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini

Ketika kita sebagai orangtua sudah mengajarkan anak-anak kita membaca sejak dini, maka mereka akan terbiasa membaca hingga dewasa. Anak-anak kita tidak akan lagi menganggap membaca itu adalah suatu hal yang membosankan, selain itu kita bisa menjadikan mereka sebagai pribadi yang memiliki wawasan luas dari kegemaran membacanya ini.


Mendukung Daya Imajinasi Anak

Bagi anak-anak usia golden age, memiliki daya imajinasi sangat bermanfaat salah satunya dapat memunculkan ide kreatif serta pandai menganalisa. Saat masa ini, otak si kecil memang sedang penuh dengan imajinasi, sehingga kita sebagai orangtua perlu membimbing mereka agar daya imajinasi anak-anak kita tetap terkontrol dan berada di arah yang positif.


Meningkatkan Komunikasi dan Menambah Kosakata

Si kecil tentu pengucapan kata per katanya belum jelas, tetapi dengan kita rutin memmbacakan cerita bergambar, dapat membantu memperkaya kosakata si kecil. Selain itu juga bisa mengembangkan kemampuan komunikasi anak, mulai dari cara mereka menyusun kata per kata, pelafalan dan penggunaannya dalam percakapan sehari-hari. 


Membangun Bonding Antara Ibu dan Anak

Ketika kita para Ibu sedang membacakan dongeng kepada anak, disitulah terjadi bonding antara Ibu dan anak dan kita dapat mengetahui sejauh mana perkembangan anak kita. Intinya adalah kita "Buat Waktu" untuk mendongeng bersama anak, bukan "Cari Waktu"

Quality time yang tercipta anatar Ibu dan anak bisa membangun bonding dan jika terjadi ikatan yang baik, maka  akan terbentuk kepribadian yang positif dan anak kita jadi lebih terbuka untuk menceritakan banyak hal tentang kegiatannya sehari-hari.


Menciptakan Rasa Ingin Tahu Anak

Tugas kita para Ibu adalah menciptakan rasa ingin tahu si kecil melalui cerita bergambar. Dengan kita bercerita dan memperlihatkan gambar pada buku cerita tersebut, maka secara tidak langsung kita merangsang rasa keingintahuannya dan membuat si kecil bertanya. Dari pertanyaan ini lah kita bisa memberikan jawaban dengan memberikan ilmu-ilmu pengetahuan, sehingga anak akan tumbuh menjadi individu yang  memiliki pengetahuan yang luas.


Kelima manfaat inilah yang akan di dapatkan jika kita para Ibu rutin mendongengkan cerita bergambar. Waktunya bisa disesuaikan. Kalau aku pribadi, lebih sering membacakan dongeng bergambar sebelum anak aku tidur di malam hari. Kita para Ibu milenial sudah sangat dipermudah banget mendapatkan buku cerita bergambar di toko buku. Sekali lagi tidak seperti zaman kita kecil dulu yang sulit sekali mencari buku cerita anak bergambar yang ilustrasinya belum kids friendly.


Apalagi nih di era digital ini, kita bisa banget membacakan buku tanpa harus menumpuk buku di rak buku. Kita bisa download dari handphone dan aku suka sama salah satu aplikasi yang isinya banyak banget buku cerita anak bergambar, namanya Let's Read


Apa sih Let's Read itu?

Aplikasi Let's Read itu adalah aplikasi Perpustakaan Digital Buku-Buku Anak. Yang mana kita para Ibu-Ibu nih, bisa mengaksesnya atau mengunduhnya melalui Playstore. Let's Read ini digagas oleh Books for Asia yaitu sebuah program donasi buku yang dikelola oleh The Asia Foundation. Diharapkan dengan adanya aplikasi Let's Read ini, bisa menciptakan minat baca anak-anak di Asia.



Yuukk, Let's Read Dongeng Bergambar Sebelum Tidur

Jadi kita nih para Ibu-Ibu milenial tidak perlu repot-repot lagi bawa buku-buku cerita bergambar anak-anak kita kalau sedang traveling. Cukup unduh saja di handphone atau tab kita dan kita bisa bacakan atau anak-anak kita bisa baca sendiri selama perjalanan. 

Menurut aku ini sih praktis banget ya, dan yang aku suka dari Let's Read ini adalah gambar-gambarnya full color serta tersedia dalam ragam bahasa. Untuk ejaan bahasa Indonesianya pun juga bahasa yang sudah dalam ejaan yang benar. Jadi tidak perlu khawatir deh sama kosakata anak yang tergerus dengan bahasa ala anak zaman now yang suka tidak jelas.




Jadi untuk teman-teman yang sudah menjadi Ibu, apalagi anak-anak kita masih dalam usia golden age, bisa langsung coba
unduh aplikasinya di Playstore. Rasakan sensasi mendongeng lewat Let's Read. Tidak hanya itu kita pun bisa memaksimalkan gadget untuk hal positif, salah satunya adalah membacakan dongeng bergambar untuk anak bersama Let's Read.

Ilustrasi by @dinovwati


Golden Rules

Bulan November 2020 kemarin aku sempat hadir di salah satu pertemuan dengan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) di Bogor, mengenai Berita Ramah Anak dimana salah satunya membahas mengenai Literasi Digital Bagi Perempuan.

Literasi Digital menjadi hal yang perlu dikuasai oleh seorang Ibu, baik untuk dirinya sendiri maupun dalam peran Ibu sebagai pendidik anak-anaknya. Literasi Digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digtal, alat-alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh sebab itu kita sebagai orangtua terutama sebagai peran seorang Ibu perlu menciptakan golden rules. Golden rulesnya adalah:

  • Gunakan hari libur, termasuk hari Sabtu dan Minggu, juga waktu luang lainnya untuk melakukan aktivitas bersama keluarga.
  • Batasi penggunaan media sosial pada waktu-waktu aktivitas keluarga seperti ketika makan bersama, liburan, jalan-jalan dan lainnya.
  • Orangtua pun perlu mengurangi penggunaan perangkat komunikasi saat waktu bersama keluarga


Dirumah pun aku sudah mulai menerapkan Golden Rules ini untuk aku, pak suami dan juga anak-anak. Jadi ketika weekend, aku suka banget memanfaatkan Let's Read ini dengan si bungsu. Anak bungsuku ini pun malah kadang suka ingin gantian membacakan dongeng untuk aku dan kakak-kakaknya ehehe...

Jadi tidak ada ruginya kita meluangkan waktu kita untuk mendongeng bersama anak sebab membaca itu menyenangkan, apalagi bukunya adalah buku cerita bergambar yang ada di perpustakaan digital Let's Read. Yuukk unduh aplikasinya sekarang juga disini.


Selamat mendongeng bersama anak... and see you on my next blogspost ya 😉💖💖










Woman Creative Partner















[7 Manfaat] Memberikan Cerita Bergambar pada Si Kecil (ibudanbalita.com)

LET'S READ, MOMS, YUK MENDONGENG UNTUK SI KECIL LEWAT CERITA BERGAMBAR (inainong.com)

https://bloggerperempuan.co.id/lets-read-blog-competition-3/